MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Klausul 4 SNI ISO 45001:2018 - Konteks Organisasi

Penjelasan Lengkap Klausul 4 SNI ISO 45001:2018 - Konteks Organisasi
Add Comments
2/24/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Klausul 4 SNI ISO 45001:2018 - Konteks Organisasi. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Penjelasan Lengkap Klausul 4 SNI ISO 45001:2018 - Konteks Organisasi
4.0 Context of the Organization

Merujuk pada artikel Pretesh Biswas (2019) pada artikelnya di isoconsultantkuwait.com, menuliskan bahwa klausul 4 SNI ISO 45001:2018 memberikan definisi konteks organisasi dan menjelaskan bagaimana konteks ini harus digunakan untuk memahami tujuan organisasi. Konteks organisasi adalah pertimbangan utama yang harus diambil ketika mengembangkan dan mengimplementasikan pernyataan misi K3, pernyataan kebijakan K3, dan sasaran. Konteks didefinisikan sebagai tujuan yang ingin dicapai organisasi dan isu-isu eksternal dan internal yang akan mempengaruhi kemampuan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

Elemen-elemen kunci terkait konteks organisasi meliputi:

a.    Pihak yang berkepentingan, di samping pekerja (SNI ISO 45001 mendefinisikan manajer, penyelia, dan pemimpin senior sebagai “pekerja”),

b.    Kebutuhan dan harapan pekerja dan pihak berkepentingan lainnya,

c.     Persyaratan hukum,

d.    Perbedaan kebutuhan antara pekerja manajerial dan non-manajerial.

 

Ketika mengembangkan SMK3, organisasi akan memperhitungkan isu-isu internal dan eksternal, persyaratan dari pekerja, dan pekerjaan yang dilakukan. Konteks organisasi harus didokumentasikan dan dokumentasi harus tersedia.

 

Organisasi bebas menentukan ruang lingkup SMK3 tetapi harus menentukan isu-isu eksternal dan internal yang relevan dengan tujuannya dan yang mempengaruhi kemampuannya untuk mencapai hasil yang diinginkan dari SMK3, seperti:

a.    Kebutuhan dan harapan pekerja dan pihak berkepentingan lainnya,

b.    Menentukan ruang lingkupnya dalam hal unit organisasi, fungsi, dan batasan secara fisik,

c.     Efek dari kegiatan, produk, dan layanannya,

d.    Persyaratan hukum, peraturan perundang-undangan, dan lainnya yang berlaku yang akan dipatuhi organisasi.


Standar mendefinisikan "pihak yang berkepentingan" sebagai "orang atau organisasi yang dapat mempengaruhi, dipengaruhi oleh, atau menganggap dirinya dipengaruhi oleh suatu keputusan atau kegiatan."



Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Klausul 4 SNI ISO 45001:2018 - Konteks Organisasi, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.