MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Klausul 4.4 SNI ISO 45001:2018 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Penjelasan Lengkap Klausul 4.4 SNI ISO 45001:2018 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)
Add Comments
3/16/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Klausul 4.4 SNI ISO 45001:2018 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Persyaratan klausul 4.4 dalam SNI ISO 45001: 2018 adalah pernyataan umum tentang penetapan, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan berkelanjutan dari SMK3 dalam suatu organisasi. "Menetapkan" menyiratkan tingkat permanen dan sistem seharusnya tidak dianggap matang sampai semua elemennya telah dilaksanakan. "Memelihara" artinya bahwa, setelah ditetapkan, sistem akan beroperasi. Hal Ini membutuhkan upaya aktif organisasi. Banyak sistem memulai dengan baik tetapi memburuk karena kurangnya pemeliharaan. Banyak elemen SNI ISO 45001 (seperti pengecekan, tindakan korektif dan tinjauan manajemen) dirancang untuk memastikan pemeliharaan sistem secara aktif. “Perbaikan berkelanjutan” berfokus pada pencapaian hasil yang diinginkan dari SMK3.

 

SMK3 harus dipandang sebagai cara mengelola keselamatan dan kesehatan kerja, dimana proses manajemen K3 dan proses bisnis lainnya berinteraksi untuk mencapai hasil yang diinginkan dari SMK3 dan untuk memberikan arahan yang efektif dalam merespons perubahan isu-isu eksternal dan internal.

 

Tingkat detail dan kompleksitas SMK3, sejauh mana dokumentasi dan sumber daya yang dikhususkan untuk itu akan tergantung pada sifat (ukuran, struktur, kompleksitas) dari suatu organisasi dan kegiatannya.

 

Interaksi proses dalam sebuah organisasi penerap sistem manajemen yang didalamnya terdapat prinsip PDCA, termasuk sistem manajemen K3, secara fundamental dapat diilustrasikan seperti gambar berikut.


Penjelasan Lengkap Klausul 4.4 SNI ISO 45001:2018 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)
Hubungan antara PDCA dan kerangka kerja SNI ISO 45001:2018 (Sumber: Dentch, 2018)

Untuk lebih memperdalam fokusnya terkait dengan SMK3, organisasi dapat menjabarkan interaksi prosesnya secara lebih rinci. Hal ini dapat meningkatkan kepedulian dan pemahaman pekerja terhadap elemen atau klausul dalam SMK3.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Klausul 4.4 SNI ISO 45001:2018 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.