MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap 'Hedonic Treadmill'

Penjelasan Lengkap 'Hedonic Treadmill'
Add Comments
4/16/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Hedonic Treadmill. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Penjelasan Lengkap 'Hedonic Treadmill'
Hedonic Treadmill; See - Want - Buy - Happy - Adapt

Hedonic Treadmill ini adalahseperti:  Saat gajimu 5 juta, semuanya habis. Saat gajimu naik 50 juta per bulan, semuanya juga habis. Kenapa begitu? Karena harapan.ekspetasi  dan gaya hidupmu pasti ikut naik sejalan dengan kenaikan penghasilanmu. Dengan kata lain, nafsu untuk membeli materi/barang mewah akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan income.

 

Hedonic Treadmill membuat ekspetasimu akan materi terus meningkat. Itulah mengapa kebahagianmu stagnan, meski income makin tinggi.

 

Kala itu sengaja menguping pembicaraan antar ART, yang bercerita sang nyonyah menyembunyikan Tas Branded yang baru dibeli di dapur agar tidak ketahuan suami. Atau seseorang yang tiba-tiba tampil bak Syahrini karena jabatan suaminya konon sudah masuk jajaran bos.

 

Salah?  Engga dong, itu mah hak setiap orang.  Dulu gaji 800rb, cukup!  Naik jabatan gaji naik 2jt, cukup!  Sekian tahun sampai di titik gaji 20 jt, cukup!  Tapi perhatikan deh apa yg membedakan?

 

Gaya hidup!  Dulu pembersih muka cukup viva, sekarang? iseng pake SK II. Dulu sepatu pakai diskonan matahari, sekarang? naik kelas dikit, belanja di Sogo/Metro, athlete foot. Dulu baju beli di ITC, sekarang? cobain ZARA, giordano dkk. Dulu mah mikir mau beli kopi di cafe, sekarang? yaa sesekali nongkrong di starbucks.

 

Dulu pake tas merk Elizabeth atau beli KW super, sekarang? coba deh pake Fossil eh naik dikit nyobain Coach, Kate Spade, naik lagi pake LV, Gucci. Dulu targetnya punya motor, sekarang? beli mobil. Dulu cukup pakai toyota avanza, sekarang? ganti dong pakai pajero sport malu sama childfruit . So pendapatan seberapapun, semua habis juga.  Why?  Karena ekspektasi dan gaya hidup pasti ikut naik berbanding lurus dengan naiknya pendapatan.

 

Nafsu membeli barang mahal akan terus meningkat sejalan dengan naik pendapatan.  Jadi,  hedonic treadmill adalah orang yang berlari dan mengejar sesuatu di tempat, konon rasa bahagianya sebenernya gak maju-maju. Tau kan treadmill ? Kita mau lari 10km pun ya gak gerak-gerak , disitu aja.

 

Banyak yg tanpa sadar terjerumus dan yakin bahwa menaikan standar hidup akan membuat diri bahagia padahal hanya semu semata, jalan di tempat. Uang sebanyak apapun gak pernah cukup, kebutuhan gak ada habisnya.

 

 

CIRI-CIRI HEDONIC TREADMILL

1.    Memaksakan keinginan, sampai rela nyicil demi memiliki barang branded

2.    Harus nongkrong di tempat makan/cafe berkelas

3.    Ingin terlihat sukses dan berkelas, tampil dengan barang branded padahal isi rekening Nol.

4.    Tidak punya investasi dan tujuan hidup.

Ya gimana mau invest uang habis karena boros. Konon tujuan  hidupnya hanya jalanin apa yang ada di depan mata. Urusan masa depan mengalir dan ikut arus.

 

 

Konon ada beberapa cara keluar dari Hedonic Treadmill.

1.    Mengakui bahwa memang terjebak dalam hedonic treadmill. Sadar diri dulu lah intinya, baru coba rubah pola pikir

2.    Mulai merencanakan keuangan dan ubah gaya hidup. Mulai memilah mana need dan want ?

3.    Fokus pada perencanaan, masa depan jauh lebih berarti dibanding terlihat keren di masa kini

4.    Disiplin

 

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu. Sampai kamu masuk kedalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu).”  (QS Al-Takassur [102]: 1-3).

 

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapatkan kebaikan ia semakin kikir.” (QS Al-Ma’rij [70]: 19-21)

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kekayaan itu bukanlah lantaran banyak harta bendanya, akan tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kebahagiaan jiwa.”

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Hedonic Treadmill, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.