MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK)

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK)
Add Comments
10/03/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK)
Anatomi of a Tree Trunk

 

1.        Proses berikut ini terjadi selama reaksi terang fotosintesis. Di antara proses tersebut manakah yang ditenagai secara langsung oleh energi cahaya?

A.     Reduksi molekul NADP+

B.     Terciptanya gradien proton pada membran tilakoid

C.     Sintesis ATP

D.     Berubahnya keadaan molekul klorofil menjadi tereksitasi (bermuatan positif)

E.      Pemecahan molekul air menjadi dua elektron, dua ion hidrogen dan satu atom oksigen

 

Jawaban: D

Selama reaksi terang fotosintesis, proses yang ditenagai langsung oleh energy cahaya matahari atau foton adalah eksitasi klorofil sedangkan reduksi molekul NADP+ ditenagai secara tidak langsung (melalui enzim), terciptanya gradient proton diakibatkan oleh transfer electron, sintesis ATP disebabkan oleh energy potensial proton, dan pemecahan molekul air diakibatkan oleh eksitasi klorofil.

 

2.        Pernyataan berikut yang TIDAK benar mengenai jenis atau tipe sel tumbuhan adalah …

A.    Sel-sel sklerenkim mengandung lignin, memiliki dinding yang tebal, dan secara structural berperan dalam hal menyokong tumbuhan

B.    Sel-sel parenkim merupakan sel yang paling umum ditemukan pada setiap tumbuhan

C.    Sel-sel parenkim berperan penting dalam fotosintesis

D.    Saat anda memakan apel atau kentang sama artinya dengan anda memakan bagian sel-sel sklerenkim

E.     Sel-sel kolenkim berperan sebagai struktur yang menyokong pembuluh pada daun

 

Jawaban: D

Sel-sel yang berada pada buah apel yang membuat strukturnya menjadi “renyah” ketika di makan ialah kolenkim. Kolenkim merupakan tipe sel penyokong yang dinding selnya mengalami penebalan primer sehingga memiliki struktur yang lebih kuat. Tipe sel ini terdapat pada jaringan yang masih muda dan jaringan jaringan yang tidak terlalu kaku seperti ujung batang, daun, dan daging buah.

 

3.        Semua jaringan berikut merupakan jaringan primer pada tumbuhan, kecuali …

A.     Meristem apeks

B.     Metaxilem

C.     Mesofil

D.     Kambium gabus

E.      Epidermis

 

Jawaban: D

Jaringan primer merupakan jaringan tanaman yang berasal dari meristem primer atau disebut juga meristem apikal. Meristem primer berdiferensiasi menjadi berbagai jaringan primer seperti epidermis, mesofil, xylem primer, floem primer, metaxylem dsb. Sedangkan cambium gabus termasuk kedalam jaringan sekunder.

 

4.        Tumbuhan berbunga dapat digolongkan menjadi tanaman menyerbuk sendiri dan tanaman menyerbuk silang. Di antara kondisi berikut ini yang TIDAK memungkinkan tanaman dapat menyerbuk sendiri adalah …

A.     Ketidakcocokan sendiri (self-incompability)

B.     Letak bunga jantan dan bunga betina berjauhan

C.     Stamen dan pistilum matang bersamaan sebelum bunga mekar

D.     Jawaban A dan B

E.      Jawaban B dan C

 

Jawaban: D

Tanaman yang dapat melakukan penyerbukan sendiri merupakan tanaman yang memungkinkan bertemunya polen dengan putik dan tidak adanya reaksi penolakan putik terhadap polen. Hal yang membuat tidak memungkinkannya tanaman melakukan penyerbukan sendiri ialah ketika bunga tidak sempurna (hanya memiliki salah satu jenis reproduksi), terdapat reaksi penolakan (ketidak cocokan/selfincompability), dan tata letak dari bunga jantan dan betina yang tidak memungkinkannya untuk kawin serta periode kematangan stamen dan pistillum yang berbeda.

 

5.        Pada angiospermae, setiap butir pollen menghasilkan dua sperma. Apa yang dilakukan oleh kedua sperma ini?

A.    Masing-masing memfertilisasi sel telur yang terpisah.

B.    Salah satu memfertilisasi satu sel telur dan yang lain memfertilisasi buah.

C.    Salah satu memfertilisasi satu sel telur dan yang lain tetap dipertahankan

D.    Keduanya memfertilisasi satu sel telur .

E.     Salah satu memfertilisasi satu sel telur dan yang lain memfertilisasi suatu sel yang akan berkembang menjadi tempat makanan cadangan.

 

Jawaban: E

Satu butir pollen ketika mencapai ujun putik akan menghasilkan dua sperma dimana satu sperma akan bertemu dan memfertilisasi ovum dan satu sperma akan memfertilisasi suatu sel yang akan berkembang menjadi endosperm (tempat cadangan makanan).

 

6.        Beberapa jenis tanaman dandelion menghasilkan biji tanpa proses fertilisasi. Manakah dari pernyataan berikut yang benar mengenai hal tersebut?

A.    Masing-masing jenis dandelion pasti identik secara genetik

B.    Tidak ada variasi fenotip pada dandelion tersebut

C.    Mutasi merupakan satu-satunya hal yang dapat menyebabkan variasi genetik pada dandelion-dandelion tersebut

D.    Biji-biji tersebut tidak mungkin bergerminasi

E.     Biji-biji tersebut memiliki kromosom haploid (n)

 

Jawaban: C

Biji dandelion yang dihasilkan tanpa melalui proses fertilisasi haruslah memiiki kromosom diploid agar dapat bergerminasi. Walaupun biji tersebut murni keturunan dari satu individu namun tidak pasti identic secara genetik karena ada kemungkinan terjadi mutasi yang menyebabkan variasi genetik sehingga dapat juga menghasilkan fenotip yang berbeda dari induknya.

 

7.        Tumbuhan berhari pendek tertentu hanya berbunga saat panjang hari kurang dari 12 jam. Manakah berikut ini yang menyebabkannya dapat berbunga?

A.     9 jam malam dan 15 jam terang dengan 1 menit gelap setelah 7 jam

B.     8 jam terang dan 16 jam gelap dengan satu kilatan cahaya putih setelah 8 jam

C.     13 jam gelap dan 11 jam terang dengan 1 menit gelap setelah 6 jam

D.     12 jam terang dan 12 jam gelap dengan satu kilatan cahaya merah setelah 6 jam

E.      24 jam penerangan kontinu

 

Jawaban: C

Dengan ambang batas waktu penyinaran 12 jam maka tumbuhan hari pendek akan berbunga jika periode gelap lebih dari 12 jam.

 

Pilihan yang menunjukan perioe gelap yang panjang hanyalah C Note : interupsi cahaya yang berpengaruh terhadap fitokrom hanyalah pada kondisi malam.

 

8.        Sebagian besar tanaman berbunga berdasarkan penerimaan periode gelap yang tidak diinterupsi. Beberapa tanaman yang dikenal sebagai tanaman short day memerlukan lebih dari 12 jam gelap tak terinterupsi agar dapat berbunga. Tumbuhan lain yang dikenal sebagai tanaman long day memerlukan kurang dari 12 jam gelap tak terinterupsi agar dapat berbunga. Anda menumbuhkan tanaman short day dan long day pada siklus 10 jam terang kemudian 7 jam gelap kemudian 1 jam terang kemudian 6 jam gelap setiap hari. Tanaman manakah yang akan berbunga di bawah kondisi tersebut?

A.     Hanya tanaman short day

B.     Hanya tanaman long day

C.     Kedua jenis tanaman akan berbunga

D.     Tidak satu pun akan berbunga

E.      Kedua jenis tanaman akan berbunga selama siang hari tidak pada malam hari

 

Jawaban: B

Interupsi 1 jam terang di tengah malam membuat tanaman mengira periode waktu gelap menjadi pendek sehingga hanya tanaman hari panjam yang dapat berbunga.

 

9.        Respon pertahanan tumbuhan pada bagian yang terkena infeksi pertama kali oleh patogen akan menjadi kuat jika …

A.    Patogen bersifat virulen.

B.    Tumbuhan membuat protein reseptor yang mengenali molekul signal dari mikroba.

C.    Patogen adalah jamur.

D.    Tumbuhan memiliki salah satu gen R yang benar-benar cocok dengan gen Avr mikroba.

E.     Kombinasi hormon yang tepat yang menjalar dari bagaian yang terinfeksi ke bagian lain dari tumbuhan.

 

Jawaban: D

Pertahanan tumbuhan terhadap Infeksi pertama kali oleh patogen akan menjadi kuat apabila tumbuhan memiliki salah satu gen R yang cocok dengan gen Avr mikroba, interaksi antara protein R dan protein efektor (diekspresikan dari gen Avr) menginduksi dihasilkannya senyawa senyawa bakterisidal dan fungisidal sehingga dapat mengeliminasi.

 

Baca Juga:

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan - (SMA/ MA/ SMK)

 

Demikian Artikel mengenai Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.