MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Genetika dan Evolusi Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK)

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Genetika dan Evolusi Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK)
Add Comments
10/03/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Genetika dan Evolusi Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Genetika dan Evolusi Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK)
Teori Evolusi Burung Finch

 

1.        Pada domba, gen b+ untuk fenotipe bertanduk bersifat dominan pada jantan dan resesif pada betina. Bila jantan yang bertanduk galur murni disilangkan dengan betina yang bertanduk, bagaimanakah fenotipe domba F1?

A.       Semua jantan dan betina bertanduk

B.        50% jantan bertanduk, semua betina bertanduk

C.        Semua jantan bertanduk, tidak ada betina bertanduk

D.       50% jantan bertanduk, tidak ada betina bertanduk

E.        Tidak ada jantan atau pun betina yang bertanduk

 

Jawaban: C

Jantan bertanduk galur murni = b+ b + Betina bertanduk = b b Maka anakan pasti b + b Jika jantan maka bertanduk, jika betina maka tidak akan bertanduk.

 

2.        Panjang daun sebuah tanaman adalah sebuah sifat poligenik yang diatur oleh 4 gen. Tanaman dengan genotipe homozigot dominan memiliki panjang daun 10 cm, sedangkan tanaman dengan genotipe heterozigot memiliki panjang daun 6 cm. Berapakah panjang daun tanaman dengan 1 gen homozigot dominan dan homozigot resesif untuk gen lainnya?

A.       1 cm

B.        2 cm

C.        3 cm

D.       4 cm

E.        5 cm

 

Jawaban: D

Homozigot dominan = AABBCCDDEE = 10 cm (8 alel dominan) Heterozigot = AaBbCcDdEe = 6 cm (4 alel dominan) Artinya 1 alel dominan menyumbang 1 cm Maka homozigot resesif aabbccdd = 2 cm Maka 1 gen homozigot dominan = 2 alel dominan = 2 +2 cm = 4 cm.

 

3.        Alel Z menyebabkan warna coklat pada kuda dan alel z menyebabkan warna putih dan Z dominan sempurna terhadap z. Jika kuda yang heterozigot pada gen tersebut tiga kali lipat dibanding kuda homozigot dan kuda yang homozigot resesif jumlahnya sama dengan kuda yang homozigot dominan, maka frekuensi alel Z pada populasi tersebut adalah …

A.       0.5

B.        0.6

C.        0.75

D.       0.875

E.        0.95

 

Jawaban: B

Untuk menghasilkan komposisi jumlah kuda homozigot dominan : heterozigot : homozigot resesif = 1 : 3 : 1 Maka frekuensi alel Z harus 0,6 dan frekuensi alel z harus 0,4.

 

4.        Pada populasi yang sering terjadi inbreeding, hukum Hardy-Weinberg tidak dapat berlaku karena …

A.       Terjadi penurunan frekuensi heterozigot

B.        Frekuensi homozigot akan konstan pada setiap generasi

C.        Terjadi seleksi pada alel resesif

D.       Rasio antar genotip tetap sama pada setiap generasi

E.        Tidak ada jawaba yang benar


Jawaban: A

Inbreeding menyebabkan turunnya frekuensi genotip heterozigot.

 

5.        Jika tanaman F1 disilangkan dengan tanaman homozigot resesif, tentukanlah rasio fenotipik

biru: merah: putih …

A.       1:2:1

B.        1:1:2

C.        2:1:1

D.       1:2:2

E.        2:2:1

 

Jawaban: B

Persilangan AaBb (biru) X aabb (putih) Menghasilkan : AaBb = ¼ (biru) Aabb = ¼ (merah) aaBb = ¼ (putih) aabb = ¼ (putih).

 

Baca Juga:

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Genetika dan Evolusi - (SMA/ MA/ SMK)

 

Demikian Artikel mengenai Contoh Soal dan Pembahasan Materi Biologi, Genetika dan Evolusi Bagian 2 - (SMA/ MA/ SMK), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.