MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Pengurasan Lumpur

Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Pengurasan Lumpur
Add Comments
10/25/2021

  

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai Menakar Pencemaran; Pengurasan Lumpur. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Unit Pengurasan Lumpur

Unit pengurasan lumpur (sludge dewatering) bertujuan untuk menghilangkan sebanyak mungkin air yang terkandung dalam lumpur kental.

 

Lumpur yang keluar dari unit dewatering diharapkan sudah memiliki kandungan padatan yang tinggi (sekitar 20 – 30 %) atau kandungan air yang rendah (sekitar 70 - 80 %). Lumpur dengan mudah sudah dapat digenggam dan dijadikan gumpalan.

 

Prinsip Pengurasan Lumpur

Pengurasan lumpur pada prinsipnya dilakukan dengan :

·      Penekanan (pressing); dimana lumpur kental ditekan guna memaksa kandungan airnya agar keluar dari lumpur,

·      Sentrifugal; dimana lumpur kental diputar dengan kecepatan tinggi guna memisahkan kandungan padatan dengan kandungan airnya.

 

Belt Filter Press

Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Pengurasan Lumpur
Belt Filter Press


Belt filter press merupakan alat dewatering yang penekanan lumpurnya dilakukan oleh sepasang lembar plastik elastis berpori (filter belt), sehingga air dapat dipaksa keluar dari dalam lumpur

 

Filter Press

Filter Press merupakan alat dewatering  yang penekanan lumpurnya dilakukan di antara rangkaian lempengan-lempengan filter (filter plate) sehingga air dapat dipaksa keluar dari dalam lumpur. Tekanan pada unit filter press diberikan oleh sistem hidrolik yang bekerja pada kedua sisi lempengan.

 

Centrifuge

Centrifuge atau alat saringan putar memisahkan padatan melalui gaya sentrifugal. Padatan yang terkandung dalam lumpur akan terlempar ke dinding drum yang berputar untuk kemudian dipisahkan dengan bantuan screw-conveyor.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Pengurasan Lumpur, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.