MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap 25 Manfaat dan Khasiat Madu

Penjelasan Lengkap 25 Manfaat dan Khasiat Madu
Add Comments
11/23/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap 25 Manfaat Madu. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Penjelasan Lengkap 25 Manfaat dan Khasiat Madu
Madu SumBi dari Sumbawa & Bima

 

1. Mencegah Diabetes

Manfaat madu yang pertama yaitu dapat mencegah diabetes di dalam tubuh. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan, maka dari itu mencegah timbulnya diabetes adalah salah satu hal utama agar tubuh tetap sehat.

 

Dan mengganti madu dengan gula putih adalah salah satu cara terbaik. Madu memiliki rasa manis yang alami, dengan mengonsumsi madu kalian tidak akan menambah kadar gula dalam darah. Selain itu madu juga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes, dalam takaran yang tepat.

 

 

2. Sumber Energi

Manfaat madu yang selanjutnya yaitu menjadi sumber energi bagi tubuh. Energi sangat dibutuhkan untuk tubuh, hal ini agar kita dapat beraktivitas dengan baik tanpa merasa lelah. Sumber energi dapat kita temukan dari berbagai macam makanan, salah satunya adalah madu. Rasa manis pada madu diolah menjadi kalori sebagai sumber energi.

 

Ini adalah minuman penambah stamina yang sangat aman dikonsumsi karena tidak menyebabkan efek samping. Cocok buat kalian yang butuh pasokan energi saat akan berolahraga di pagi hari, atau dicampurkan ke dalam makanan serta minuman sebagai sarapan sebelum beraktivitas.

 

 

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sudah bukan hal yang asing lagi bila madu menjadi salah satu makanan yang meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Itulah mengapa banyak vitamin yang menggunakan madu untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu madu juga memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.

 

Cara mengonsumsi madu sebagai sistem imun sangat mudah. Kalian hanya perlu rutin mengonsumsi 1 sendok makan madu setiap hari di pagi atau malam hari sebelum tidur. Selain itu kalian juga bisa menyeduh satu gelas air berukuran 250 ml dengan 3 sendok madu, bila merasa tubuh tidak enak.

 

 

4. Mencegah Kanker

Begitu banyak manfaat madu yang bisa kalian ambil untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu pencegah kanker. Penyakit kanker memang masih menjadi penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh, dan sangat sulit untuk disembuhkan.

 

Itulah mengapa mencegah agar kanker tidak tubuh di dalam tubuh adalah hal yang terbaik. Dan cara tersebut dapat dengan mengonsumsi madu secara rutin. Madu memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker.

 

 

5. Memberikan Kesehatan Jantung

Tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker, ternyata manfaat madu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain kanker, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya di dunia. Itulah mengapa, membuat jantung sehat adalah hal yang baik untuk kita lakukan.

 

Kalian bisa kok memberikan kesehatan jantung dengan mengonsumsi madu setiap hari. Berkat kandungan antioksidan dan flavonoid yang terdapat pada madu, dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

 

 

6. Mengobati Batuk

Batuk memang menjadi salah satu penyakit yang tergolong ringan. Namun walaupun ringan, nyatanya penyakit ini menjadi salah satu yang dapat sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu aktivitas kita saja, batuk juga dapat mengganggu jam tidur kita. Bila sudah begini, kalian bisa kok menggunakan obat batuk alami.

 

Sudah banyak sekali obat batuk yang dijual di pasaran menggunakan madu sebagai salah satu bahan alami pereda batuk. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa madu dapat membantu meredakan batuk, bahkan terbukti lebih efektif dibandingkan dextromethorphan yang kerap digunakan untuk meredakan batuk kering.

 

Cara mengobati batuk dengan madu itu sangat mudah. Kalian hanya perlu meminum dua sendok teh madu pagi dan malam hari. Bisa ditambahkan dengan lemon untuk menambah daya tahan tubuh agar cepat sembuh.

 

 

7. Melindungi Kesehatan Hati

Bukan hanya jantung saja, nyatanya madu juga mampu melindungi dan memberikan kesehatan pada liver atau hati kita. Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang berat, bila dibiarkan maka jalan satu-satunya penyembuhan adalah dengan transplantasi hati.

 

Sebelum hal tersebut terjadi, kalian bisa kok mencegah dan melindungi hati dari kerusakan. Kalian bisa mengonsumsi madu setiap hari untuk memberikan kesehatan tersebut. Hal itu karena glukosa yang diproduksi akan memicu lepasnya hormon untuk membakar lemak, sehingga hal ini sangat baik untuk fungsi hati pada malam hari.

 

Kemudian madu juga berfungsi sebagai bahan bakar untuk hati, sehingga hal ini membuat hati memproduksi glukosa. Mengonsumsi madu sebelum tidur, membantu tubuh membakar lemak di malam hari dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

 

8. Mencegah Obesitas

Ingin punya tubuh yang ideal? Nggak perlu hal yang mahal. kalian hanya perlu mengonsumsi madu setiap hari. Tidak membuat badan gemuk, nyatanya madu malah sangat baik untuk menurunkan berat badan, hingga mengatasi obesitas.

 

Nyatanya madu yang dikonsumsi sebelum tidur akan membakar lemak di malam hari loh. Bahkan, madu mentah hanya mengandung 64 kalori per cangkirnya sehingga aman dikonsumsi tanpa menyebabkan kegemukan. Hal tersebut karena glukosa yang diproduksi akan memicu lepasnya hormon untuk membakar lemak, sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet.

 

 

9. Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya mampu membakar lemak saja, nyatanya madu juga mampu melancarkan pencernaan. Pencernaan yang bermasalah memang menjadi sebuah penyakit, bahkan bisa menyebabkan wasir, ambeien, hingga kanker perut.

 

Itulah mengapa, membiarkan pencernaan lancar adalah hal yang utama agar tubuh tetap sehat. Dan nyatanya manfaat madu juga dapat membuat sistem pencernaan lancar loh. Itu karena kandungan anti mikroba dalam madu dapat membunuh bakteri berbahaya dalam usus. Sehingga pencernaan yang terhambat bisa berjalan dengan lancar.

 

 

10. Pencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah bagi sebagian orang karena mengurangi rasa percaya diri. Bukan hanya remaja yang rentan berjerawat karena hormon, melainkan juga pada orang dewasa. Manfaat madu untuk mencegah jerawat bisa kamu maksimalkan lewat rutin mengaplikasikannya di wajah sebagai masker.

 

Madu mengandung antiseptik dan anti peradangan, sehingga bakteri penyebab jerawat pun bisa dicegah. Caranya gampang banget, kalian cuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat hingga semua kotoran hilang dan pori-pori wajah terbuka. Keringkan wajah, lalu oleskan masker madu pada bagian yang berjerawat saja.

 

Setelah itu diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih yang dingin sampai tidak ada sisa madu yang menempel di wajah. Lakukan hal ini secara rutin, minimal seminggu sekali.

 

 

11. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ingin memiliki kulit yang cerah, kalian bisa kok menggunakan madu sebagai salah satu bahan alami yang paling ampuh. Untuk membuat kulit menjadi cerah maka kalian dapat mengangkat sel kulit mati di wajah kalian. Sel kulit mati memang manjadi salah satu yang wajib kita bersihkan bila ingin mendapatkan kulit yang cerah.

 

Karena sel kulit mati nyatanya harus dihilangkan paling tidak 1 kali dalam seminggu, agar kulit selalu terlihat cerah serta sehat. Kalian dapat mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan madu, sel kulit mati yang menempel pada kulit akan terangkat setelah madu diaplikasikan ke wajah. Sehingga kulit tampak lebih bersih dan sehat.

 

Untuk kalian pemilik kulit kering, maka kalian bisa mencoba menggunakan manfaat madu untuk perawatan kulit kering. Memiliki kulit yang kering memang sangat mengganggu penampilan kalian, sehingga bahan alami seperti madu dapat melembabkan wajah kalian dengan sangat baik.

 

Caranya mudah banget kkalian hanya perlu campurkan madu dengan alpukat untuk perawatan kulit yang maksimal. Pertama campurkan setengah buah alpukat yang ditumbuk dengan 2 sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 10 menit. Bilas wajah dengan air bersih, dan jangan lupa aplikasikan pelembab ke wajah untuk mengunci kelembabannya.

 

Memiliki garis pada wajah memang sangat mengganggu, hal ini merupakan salah satu tanda penuaan dini atau wajah yang kering.  Nyatanya timbulnya garis halus di wajah atau keriput juga bisa terjadi karena kulit yang kering. Dan hal ini bisa kalian samarkan bahkan hilangkan dengan menggunakan madu di wajah.

 

Itu karena tekstur madu yang halus dapat membantu mengurangi kerutan dengan menghidrasi kulit menjadi lebih halus dan mencegah iritasi. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Selain menggunakan madu, kalian juga harus mengonsumsi air putih agar tidak cepat terkena penuaan dini.

 

Bila kulit kalian tidak sengaja terkena luka bakar, maka jangan diberi pasta  Karena hal tersebut tidak akan membuat luka membaik. Kalian bisa kok mengatasi luka bakar ringan dengan menggunakan madu.

 

Madu mengandung anti bakterial yang dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan madu ke luka yang telah dibersihkan. Gunakan hanya madu murni atau madu alami yang belum diproses supaya luka sembuh lebih cepat.

 

 

12. Mengatasi Sulit Tidur

Insomnia bisa dialami oleh siapapun, bila sudah mengalami insomnia maka kalian bisa menggunakan berbagai obat alami untuk tubuh. Dan obat alami tersebut salah satunya adalah madu. Itu karena madu dapat meningkatkan insulin dalam darah.

 

Jika insulin meningkat, maka akan melepaskan tryptophan yang dapat mengubah serotonin alias hormon relaksasi. Efeknya tubuh terasa lebih nyaman dan suasana hati lebih baik. Kalian bisa mengonsumsi madu dengan air hangat, atau susu putih yang diberi madu.

 

 

Penjelasan Lengkap 25 Manfaat dan Khasiat Madu
Madu SumBi dari Sumbawa & Bima

13. Merawat Bibir

Tekstur madu yang kental nyatanya dapat merawat bibir kering dan pecah-pecah dengan baik. Selain itu madu salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mencerahkan bibir kalian. Madu mengandung nutrisi yang baik seperti glukosa dan fruktosa yang akan merangsang epidermis dalam membuat kolagen baru. Sehingga warna merah bibir dapat memerah dan terlihat nyata.

 

Cara pemakaian madu sangat mudah.Kalian hanya perlu menggunakan madu dan tambahkan gula pasir yang akan membantu sebagai scrub. Jika kalian menggunakan cara ini secara rutin, maka akan membantu mengembalikan warna bibir gelap menjadi merah merona, serta mengatasi kulit bibir yang kering.

 

 

14. Melembutkan Rambut dan Melebatkan Rambut

Bukan hanya dapat mengatasi bibir yang kering saja, nyatanya madu juga mampu memberikan kelembutan pada rambut loh. Sudah sejak lama madu terbukti dapat mengunci kelembapan rambut, dan membuat rambut kering dapat terlihat lembut.

 

Kalian hanya perlu mengaplikasikannya di ujung-ujung rambut, diamkan selama 15 menit lalu cuci rambut seperti biasa. Jangan lupa menggunakan kondisioner saat keramas agar rambut semakin halus lembut.

 

Rambut yang sehat dan tebal adalah idaman setiap orang, terutama perempuan. Namun tak semua orang punya genetik rambut yang tebal. Namun tenang bagi kalian pemilik rambut tipis, karena ada cara mudah dan alami yang bisa dicoba.

 

Manfaat madu dan minyak zaitun akan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Caranya cukup mudah kok kalian hanya perlu campurkan 2 sendok makan madu organik dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga rata, oleskan ke seluruh kulit kepala hingga ujung rambut, kemudian pijat lembut. Diamkan 20 menit, dan bilas dengan air hangat hingga bersih

 

 

15. Mencegah Ketombe

Bukan hanya melembutkan rambut, kalian juga bisa menggunakan manfaat madu untuk mencegah ketombe loh. Ketombe memang akan menjadi salah satu yang memalukan, dan membuat tidak percaya diri. Itulah mengapa kalian bisa menghilangkan hal tersebut dengan menggunakan madu.

 

Itu karena madu memiliki sifat anti bakterial yang terbukti mampu melindungi rambut dari menyebarnya jamur penyebab ketombe. Kulit kepala pun terasa lebih bersih karena madu mengembalikan keseimbangan pH yang akan menenangkan kulit kepala dari gatal dan ruam.

 

 

16.  Membasmi Kutu

Dan manfaat madu yang terakhir yaitu dapat membasmi kutu yang ada pada rambut. Nggak perlu panik bila kalian memiliki kutu, nyatanya madu bisa loh mengatasi parasit yang satu ini. Madu diketahui mengandung bahan anti inflamasi, anti bakteri, dan juga antiseptik.

 

Dan kandungan ini dipercaya ampuh memerangi bakteri sehingga bisa mengatasi masalah seperti ketombe, eksim, dan juga psoriasis. Caranya mudah, kalian hanya perlu melarutkan madu dalam air lalu mengoleskannya pada rambut. Atau kalian juga bisa mencampurkannya dengan irisan jeruk nipis lalu dioleskan ke kulit kepala. Sehingga kutu di rambut akan menghilang dan rambut pun akan bersih.

 

 

17. Membantu Meredakan Stres

Konsumsi madu asli dapat menurunkan kadar Manoldialdehyde yang merupakan parameter oxidative stres dan meningkatkan aktivitas Superoxide Dismutase yang merupakan antioksidan edogen dalam tubuh manusia.

 

 

18. Meningkatkan Antibodi

Madu asli mengandung antiosidan yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah banyak penyakit yang menyerang sistem kekebalan dalam tubuh. Madu juga kaya akan antioksidan dan polifenol yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

 

 

19. Membantu Regenerasi Kulit

Sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti oksidan dalam madu asli menjadikannya obat yang biasa untuk memiliki kulit yang sehat. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit tetap halus, lentur dan membantu regenerasi kulit.

 

 

20. Memicu Hormon Tidur

Minum madu asli sebelum tidur menyebabkan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil. Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Triptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan membuat tidur nyenyak.

 

 

21. Mengatasi Kelaparan Saat Malam

Terkadang setelah makan malam, anda masih merasa lapar pada larut malam. Hasilnya adalah mengambil semangkok keripik dan cokelat. Tapi cara terbaik mengobati rasa lapar pada tengah malam adalah minum madu sebelum tidur. Gula alami dalam madu akan menaikkan kadar gula darah.

 

 

22. Bagus Buat Wanita Hamil

Karena mengandung vitamin C dan E, protein dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga potensi untuk dapat hamil lebih tinggi.

 

 

23. Membantu Penyembuhan Luka dan Luka Bakar

Pengobatan madu topikal untuk menyembuhkan luka dan luka bakar telah dilakukan sejak zaman Mesir Kuno. Hal ini juga didukung dengan 26 penelitian yang menunjukkan hasil serupa.

 

Dalam sebuah tinjauan terhadap 26 penelitian tersebut ditemukan, madu paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar dan luka parsial yang terinfeksi setelah operasi.

 

Satu studi melaporkan tingkat keberhasilan 43,3 % dengan madu sebagai perawatan luka. Dalam penelitian lain, madu topikal menyembuhkan 97 % pasien dengan luka diabetik.

 

Para peneliti percaya, khasiat penyembuhan madu berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya.

 

 

24. Menurunkan Tekanan Darah

Melansir dari Healthline, madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan pada tikus dan manusia menunjukkan sedikit penurunan tekanan darah dengan mengonsumsi madu.

 

 

25. Menjaga Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kaitan antara konsumsi madu dengan kadar kolesterol. Madu diketahui dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) sambil secara signifikan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 

Sebuah studi yang dilakukan pada 55 pasien membandingkan madu dengan gula pasir. Hasilnya, madu menyebabkan penurunan LDL 5,8 % dan peningkatan kolesterol HDL 3,3 %. Tak hanya itu, konsumsi madu juga menyebabkan penurunan berat badan sederhana 1,3 pesen.

 

 

Itulah 25 manfaat madu yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan bila dikonsumsi atau dilakukan secara rutin. Memiliki banyak sekali manfaat, tidak heran hingga saat ini mvadu masih menjadi salah satu primadona obat alami hingga kecantikan alami.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap 25 Manfaat Madu, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.