MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Organisasi Tanggap Darurat di Perusahaan Beserta Tugas-tugasnya

Penjelasan Lengkap Organisasi Tanggap Darurat di Perusahaan Beserta Tugas-tugasnya
Add Comments
11/24/2021

  

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai Organisasi Tanggap Darurat di Perusahaan Beserta Tugas-tugasnya. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 


Organisasi Tanggap Darurat

Sering disebut juga sebagai Emergency Response Plan (ERP), adalah organisasi tanggap darurat tingkatan terdepan, yang ada di setiap tempat kerja, bengkel, gedung, kantor, dsb, mengatasi

darurat ketika masih kecil di tahap dini.

 

Tim yang merespon adalah karyawan di tempat kerja itu sendiri, dengan diberi peran fungsional. Kalau tidak berhasil, diback up oleh tim Emergency Response Team (ERT) Perusahaan.

 

Penjelasan Lengkap Organisasi Tanggap Darurat di Perusahaan Beserta Tugas-tugasnya
Salah satu contoh organisasi tanggap darurat di Perusahaan

 

Ketua

1.        Menentukan dan memutuskan kebijakan tanggap darurat suatu perusahaan.

2.        Pengajuan anggaran dana sarana serta prasarana yang berkaitan dengan kegiatan tanggap darurat suatu perusahaan.

3.        Mengundang adanya partisipasi dari seluruh karyawan perusahaan untuk latihan prosedur tanggap darurat. Dalam hal ini suatu perusahaan wajib memberikan prosedur tanggap darurat yang seperti apa untuk semua elemen karyawan perusahaan.

4.        Menjadwalkan pertemuan rutin atau non rutin atas semua tim.

5.        Menyusun rencana untuk memulihkan suatu keadaan darurat di dalam perusahaan.

 

Wakil

1.        Membuat laporan yang berkaitan dengan kinerja tim tanggap darurat.

2.        Melakukan pemantauan terhadap perawatan dan kebutuhan sarana prasarana tanggap darurat suatu perusahaan.

3.        Melaksanakan kerja sama dengan pihak terkait yang berkaitan dengan tanggap darurat suatu perusahaan.

4.        Membantu tugas – tugas ketua jika ketua berhalangan hadir atau mengalami halangan yang lainnya.

 

Regu Pemadam Kebakaran

memiliki tugas untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan menanggulangi dampak tidak diinginkan ketika kebakaran terjadi.

 

Regu Evakuasi

1.        Memimpin prosedur evakuasi secara selamat, cepat dan aman

2.        Melaporkan segala hal yang berkaitan dengan kekurangan atau kerusakan sarana serta prasarana evakuasi yang terjadi di lingkungan perusahaan kepada koordinator, wakil atau ketua unit tanggap darurat setempat.

3.        Melaporkan jika ada korban baik korban yang terluka, terjebak atau tertinggal kepada regu P3K, koordinator dan ketua serta wakilnya.

 

Regu P3K

1.        Melaksanakan tindakan P3K

2.        Melaporkan berbagai macam aspek yang berkaitan dengan kekurangan atau kerusakan sarana dan prasarana P3K di lingkungan perusahaan kepada koordinator, wakil ketua atau ketua unit tanggap darurat.

3.        Melaporkan kepada pihak koordinator atau wakil unit tanggap darurat jika terdapat korban yang perlu tindakan medis lebih lanjut kepada pihak di luar perusahaan (jika petugas P3K sudah tidak dapat menangani masalah medis yang ada).

 

Tim Logistik

Mengakomodasi berbagai kebutuhan umum tanggap darurat seperti makanan, minuman,

pakaian, selimut, dan sebagainya ketika hal tak diinginkan yang menyebabkan bahaya dan

kondisi darurat terjadi

 

Tim Transportasi

Mengakomodasi sarana transportasi darurat dari dalam atau luar lingkungan perusahaan.

 

Tim Komunikasi Internal

1.        Melakukan pemantauan terhadap perkembangan penanganan kondisi darurat dan menjembatani komunikasi antar regu didalam unit tanggap darurat.

2.        Memastikan alur komunikasi yang terjalin antar satu regu dengan unit regu tanggap darurat lainnya terlaksana secara teratur dan lancar.

 

Tim Komunikasi Eksternal

1.        Melakukan pemantauan terhadap seluruh informasi internal dan mengakomodasi informasi atau pemberitahuan untuk pihak luar.

2.        Menghubungi pihak eksternal terkait dengan kepentingan tanggap darurat.

 

Tim Keamanan

Melaksanakan berbagai tindakan keamanan internal atau eksternal selama.

berlangsungnya semua hal yang berkaitan dengan kegiatan tanggap darurat perusahaan.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Organisasi Tanggap Darurat di Perusahaan Beserta Tugas-tugasnya, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.