MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Budaya - (SMA/ MA/ SMK)

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Budaya - (SMA/ MA/ SMK)
Add Comments
12/01/2021

  

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Budaya - (SMA/ MA/ SMK). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Budaya - (SMA/ MA/ SMK)
All About Culture

 

1.        Petra adalah kota yang memiliki peradaban tua di dunia dibangun dengan cara memahat dinding-dinding batu sebagai symbol teknik dan perlindungan. Kota yang kini telah hilang itu terdapat di …

A.     Syria

B.     Irak

C.     Yordania

D.     Mesir

E.     India

 

Jawaban: C

Kota petra atau bakka adalah salah satu kota suci bagi umat islam yang dahulu bernama petra saat dikuasai oleh romawi yang terletak di yordania dan sekarang kembali menjadi kota bakka.

 

 

2.        Salah satu penemuan penting dalam fase peradaban umat manusia adalah telepon sebagai alat komunikasi yang mengubah wajah dunia seolah lebih dekat dan sempit. Pencipta pertama pesawat telepon adalah …

A.     Michael Faraday tahun 1870

B.     Andre Marie Ampere tahun 1850

C.     Alesandro Volta tahun 1643

D.     Antonio Meucci tahun 1849

E.     Graham Bell tahun 1871

 

Jawaban: D

Penemu pesawat telepon pertama adalah Antonio Meucci yang telah menciptakan sejak tahun 1849 dan mematenkannya pada tahun 1871, namun saat meucci ingin mendemonstrasikan “Telegram berbicara” wakil ketua perusahaan telegram saat itu (western Union) menolak dan meucci sudah terlanjur memasukan materi telepon ke perusahaan tersebut hingga materi telepon dikatakan telah menghilang dan dipatenkan oleh Graham Bell pada tahun 1876.

 

 

3.        Negara Eropa yang paling kecil kontribusinya dalam pembentukan penduduk di benua Amerika …

A.     Inggris

B.     Perancis

C.     Jerman

D.     Spanyol

E.     Portugal

 

Jawaban: C

Dalam sejarahnya Amerika mulai terbentuk ketika pertama kali perjalanan yang dilakukan Christopher Columbus tahun 1492, kemudian berlanjut pada pelaut dari Inggris pada tahun 1607 hingga beberapa orang dari Negara eropa lainnya seperti Perancis, Spanyol, Portugal, dan Belanda pada tahun 1770-an.

 

 

4.        Penduduk asli China adalah suku …

A.     Mongoloid

B.     Hans

C.     Uighur

D.     Tionghoa

E.     Ainu

 

Jawaban: B

Penduduk dan suku asli china masih terdapat di daerah Zhelaizhai di provinsi Gansu yang mana penduduk asli memiliki gen kaukasia yang mirip orang eropa dan merupakan suku Hans.

 

 

5.        Suku yang dikenal dengan hasil tenunan dengan cara Nyesek adalah suku …

A.     Sasak

B.     Badui

C.     Toraja

D.     Kubu

E.     Alas

 

Jawaban: A

Tenun nyesek adalah tenunan asli dari provinsi NTB yang merupakan buatan kerajinan tangan suku Sasak.

 

 

6.        Hanya ada satu negara di benua Amerika yang menggunakan Bahasa Portugis sebagai bahasa resminya, negara yang dimaksud adalah …

A.     Dominika

B.     Brazil

C.     Uruguay

D.     Puerto Rico

E.     Trinidad and Tobago

 

Jawaban: B

Republik Federal Brasil adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Bahasa resmi yang digunakan di Brazil adalah bahasa Portugis, karena dahulunya negara ini adalah jajahan dari negara portugis.

 

 

7.        Kura-kura Galapagos merupakan hewan endemik yang ada di kepulauan Galapagos, yang merupakan salah satu wilayah administratif negara X. Perlu diketahui bahwa negara X ini hanya memiliki perbatasan dengan dua negara, manakah salah satu negara yang berbatasan dengan negara X ini …

A.     Kolombia

B.     Chili

C.     Brazil

D.     Bolivia

E.     Venezuela

 

Jawaban: A

Kepulauan Galapagos masuk ke dalam wilayah negara Ecuador. Ekuador hanya memiliki perbatasan dengan 2 negara yaitu Kolombia di Utara, dan Peru di Timur dan Selatan.

 

 

8.        Dalam mitologi Yunani, pulau ini sangat terkenal dengan legenda Minotaur dan labirin raksasanya, nama pulau yang dimaksud adalah …

A.     Peloponnisos

B.     Euboea

C.     Cyclades

D.     Creta

E.     RhodeS

 

Jawaban: D

Kreta (bahasa Yunani: Κρήτη, Kriti) adalah pulau terbesar di wilayah Yunani dan merupakan terbesar kelima di Laut Tengah. Atraksi pariwisata di Kreta termasuk situs arkeologi di Knossos, Phaistos, Gortys dan banyak tempat lainnya, Istana Venesia di Rethimno, Jurang Samaria dan banyak jurang kecil lainnya (Agial Irini, Aradena, dll). Crete merupakan tempat dari kebudayaan Minoa (kira-kira 3000-1400 SM, salah satu kebudayaan pertama di Eropa.

 

 

9.        Kalalliit Nunaat adalah nama lokal untuk:

A.     Greenland

B.     Norwegia

C.     Eslandia

D.     Ellesmere

E.     Baffin

 

Jawaban: D

 

 

10.    Corsica merupakan nama sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Semenanjung Apennina. Dahulu pulau ini adalah milik Italia, namun akhirnya dijual kepada negara tetangganya yaitu:

A.     Perancis

B.     Jerman

C.     Spanyol

D.     Portugal

E.     Yunani

 

Jawaban: A

Korsika (bahasa Perancis: Corse; bahasa Korsika: Corsica) adalah pulau terbesar keempat di Laut Tengah. Korsika terletak di sebelah barat Italia, 160 km sebelah tenggara Perancis Daratan, dan sebelah utara Sardinia.

 

 

11.    Kepulauan Balearic merupakan suatu kepulauan yang terletak di Laut Mediteran, kepulauan tersebut adalah milik negara:

A.     Jerman

B.     Perancis

C.     Portugal

D.     Italia

E.     Spanyol

 

Jawaban: E

Kepulauan Balears atau Balearik adalah sebuah wilayah otonomi Spanyol yang terletak di Laut Tengah. Ibu kotanya ialah Palma de Mallorca. Pulau-pulau utama sekaligus tujuan wisata di wilayah ini ialah pulau Mallorca, Minorca, Ibiza, dan Formentera.

 

 

12.    Spratly adalah nama sebuah kepulauan di Laut China Selatan yang menjadi rebutan beberapa negara disekitarnya karena diduga memiliki banyak sumber daya alam. Akhir-akhir ini suasana politik di kepulauan ini mulai memanas karena diketahui salah satu negara yang memiliki klaim atas daerah kepulauan Spratly meletakkan tentaranya di kepulauan ini sehingga memancing berbagai reaksi dari negara disekitarnya, apakah nama negara tersebut ?

A.     Vietnam

B.     Filipina

C.     Indonesia

D.     Tiongkok

E.     Korea Selatan

 

Jawaban: D

 

 

13.    Lagu tradisional O Ina Ni Keke berasal dari provinsi ...

A.     Maluku

B.     Sulawesi Utara

C.     Sumatera Utara

D.     NTT

E.     Papua

 

Jawaban: B

 

 

14.    Rumah adat Lamin merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi ...

A.     Sumatera Selatan

B.     Kalimantan Timur

C.     Kalimantan Selatan

D.     Sulawesi Tengah

E.     Nusa Tenggara Barat

 

Jawaban: B

Rumah adat Lamin adalah salah satu rumah adat di Indonesia yang berasal dari kebudayaan suku Dayak yang berasal dari Kalimantan Timur.

 

 

15.    Negara dengan jumlah penduduk terbesar dan memiliki pertumbuhan penduduk tertinggi di Afrika adalah …

A.     Afrika Selatan

B.     Mesir

C.     Niger

D.     Nigeria

E.     Ethiopia

 

Jawaban: D

Republik Federal Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, Niger di sebelah utara dan Teluk Guinea di sebelah selatan. Kota-kota penting termasuk Abuja, bekas ibu kota Lagos, Abeokuta, Ibadan, Port Harcourt dan Jos. Dengan jumlah penduduk sekitar 180 juta jiwa dan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di Afrika.

 

 

16.    Bapak revolusi Afrika yang menentang politik apartheid dan memperjuangkan hak-hak ras kulit hitam adalah …

A.     Fidel Castro

B.     Che Guevara

C.     Nelson Mandela

D.     Mahatma Gandhi

E.     Adolf Hitler

 

Jawaban: C

Nelson Rolihlahla Mandela adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Lahir pada 18 Juli 1918, Mvezo, Afrika Selatan dan meninggal pada 5 Desember 2013, Houghton Estate, Johannesburg, Afrika Selatan.

 

 

17.     Rhodesia merupakan tempat awal kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Daerah ini menjadi daerah koloni Inggris dimana pada akhirnya Rhodesia dibagi menjadi dua wilayah yaitu Rhodesia Selatan dan Rhodesia Utara. Rhodesia Utara kini telah menjadi negara merdeka dan berganti nama menjadi:

A.     Zambia

B.     Zimbabwe

C.     Rwanda

D.     Burundi

E.     Botswana

 

Jawaban: A

Rhodesia adalah nama yang dahulu merujuk kepada sebuah koloni Britania Raya di Afrika yang dipimpin oleh minoritas kaum putih. Nama itu merujuk dari nama CecilRhodes sebagai bapak pendiri koloni itu. Nama "Rhodesia" secara geografis meliputi kawasan yang kini merupakan wilayah Zimbabwe (dahulu Rhodesia Selatan) dan Zambia (Rhodesia Utara, merdeka 24 Oktober 1964).

 

 

18.    Belgian Congo, adalah salah satu negara di Afrika yang merdeka pada tahun 1960. Negara ini kemudian berganti nama dan sekarang dikenal sebagai negara:

A.     Kamerun

B.     Republik Kongo

C.     Rwanda

D.     Burundi

E.     Demokratik Kongo

 

Jawaban: E

Kongo Belgia adalah nama resmi untuk Republik Demokratik Kongo antara periode Belgia menguasai wilayah ini pada tanggal 15 November 1908 sampai kemerdekaan Rep. Demokratik Kongo pada tanggal 30 Juni 1960. Beribukota di Kinshasa. Republik Demokratik Kongo berbeda dengan Republik Kongo.

 

 

19.    Bohemia, Silesia dan Moravia yang terletak di Eropa Tengah secara geopolitik masuk kedalam wilayah negara …

A.     Slovakia

B.     Republik Ceko

C.     Jerman

D.     Swiss

E.     Polandia

 

Jawaban: B

Bohemia, Silesia dan Moravia yang merupakan bagian dari Czech Republic.

 

 

20.    Suku Khmer secara dominan mendiami wilayah negara …

A.     Vietnam

B.     Thailand

C.     Nepal

D.     Bhutan

E.     Kamboja

 

Jawaban: E

Khmer merupakan suku mayoritas yang berada di negara Kamboja.

 

 

21.    Rumpun bahasa berikut yang tidak termasuk kedalam induk bahasa Ural-Altaic adalah …

A.     Fin-Ugris

B.     Korea

C.     Manchu

D.     Turki

E.     Semit

 

Jawaban: D

Rumpun bahasa Austronesia (atau kadang disebut "bahasa kepulauan") adalah sebuah rumpun bahasa yang sangat luas penyebarannya di dunia. Dari Taiwan dan Hawaii di ujung utara sampai Selandia Baru (Aotearoa) di ujung selatan dan dari Madagaskar di ujung barat sampai Pulau Paskah (Rapanui) di ujung timur.

 

 

22.    Sedangkan bahasa persatuan kita Bahasa Indonesia, termasuk kedalam induk bahasa …

A.     Cina-Tibet

B.     Cham

C.     Indo-Eropa

D.     Austronesia

E.     Ural-Altaic

 

Jawaban: D

Rumpun bahasa Austronesia (atau kadang disebut "bahasa kepulauan") adalah sebuah rumpun bahasa yang sangat luas penyebarannya di dunia. Dari Taiwan dan Hawaii di ujung utara sampai Selandia Baru (Aotearoa) di ujung selatan dan dari Madagaskar di ujung barat sampai Pulau Paskah (Rapanui) di ujung timur.

 

 

23.    Wilayah geografis yang membatasi antara wilayah kering Sahara di Afrika Utara dengan wilayah Teluk Guinea yang lebih basah di Afrika Barat adalah

A.     Nubia

B.     Sahel

C.     Atlas

D.     Kalahari

E.     Okavango

 

Jawaban: B

Sahel ialah zona perbatasan di Afrika antara Sahara ke utara dan daerah yang lebih subur di selatan, dikenal sebagai Sudan (jangan keliru dengan negara yang nama yang sama).

 

 

24.    Revolusi politik merupakan suatu bentuk suksesi yan berjalan sangat cepat, umumnya berupa perubahan dari suatu rezim atau sistem tertentu menjadi bentuk baru yang berbeda sama sekali. Revolusi politik berikut pernah terjadi pada negara yang pernah di pimpin oleh rezim pemerintahan komunis, kecuali …

A.     Velvet Revolution (Revolusi Beludru)

B.     Tulip Revolution (Revolusi Bunga Tulip)

C.     Orange Revolution (Revolusi Jingga)

D.     Bolshevik Revolution (Revolusi Merah)

E.     Carnation Revolution (Revolusi Bunga Anyelir)

 

Jawaban: E

Nama "Revolusi Anyelir" berasal dari fakta bahwa tidak ada tembakan yang diletuskan dan ketika orang-orang mulai turun ke jalanan untuk merayakan akhir kediktatoran dan perang di wilayah-wilayah jajahan, bunga anyelir diletakkan di moncong senjata dan juga di seragam. Peristiwa ini secara efektif mengubah rezim Portugis dari kediktatoran otoriter (Estado Novo) menjadi demokrasi, dan menghasilkan perubahan besar pada sendi-sendi sosial, ekonomi, kewilayahan, kependudukan, dan politik di negara ini, setelah dua tahun masa peralihan yang disebut sebagai PREC, Processo Revolucionário Em Curso, atau Proses Revolusioner yang Sedang Berjalan),

 

 

25.    Negara modern di bawah ini yang tidak pernah mengubah kedudukan ibukota negaranya adalah …

A.     Kazakhstan

B.     Brazil

C.     Myanmar

D.     Turki

E.     Filipina

 

Jawaban: E

Hingga kini ibukota filipina masihlah Manila dan tidak pernah berubah.

 

 

26.    Kepulauan Seychelles dan Aldabra, yang terkenal dengan spesies kura-kura darat raksasanya, terletak di wilayah …

A.     Samudera Pasifik

B.     Samudera Hindia

C.     Samudera Artik

D.     Laut Mediterania

E.     Laut Tiongkok Selatan

 

Jawaban: B

Kepulauan Seychelles dan Aldabra, merupakan kepulauan yang terdapat di Hindia.

 

 

27.    Negara ini merupakan negara Hispanik, yang mana adalah salah satu dari 5 negara yang masih menjadikan marxisme sebagai ideologi negaranya, dengan gula dan tembakau sebagai komoditas utamanya. Negara yang dimaksud adalah …

A.     Nikaragua

B.     Kuba

C.     Venezuela

D.     Bolivia

E.     El-Savador

 

Jawaban: B

Negara yang terkenal penghasil tembakau terbesar salah satunya adalah Kuba.

 

 

28.     Layaknya Alaska terhadap Amerika Serikat, Rusia juga memiliki wilayah territorial yang terpisah dari wilayah teritorial utamanya. Wilayah ini diapit oleh negaranegara kawasan Baltic. Wilayah yang dimaksud adalah …

A.     Tatarstan

B.     Far Eastern

C.     Kaliningrad

D.     Rostov On Don

E.     Crimea

 

Jawaban: C

Kaliningrad adalah ibu kota Oblast Kaliningradskaya, sebuah daerah administrative Federasi Rusia yang terletak di antara negara Lithuania dan Polandia. Sebelumnya daerah ini milik Uni Soviet, tetapi sudah selalu merupakan bagian daripada Republik Soviet Rusia (1945-1991). Sebelum tahun 1945, daerah ini selama ratusan tahun (1255—1945) didiami oleh orang keturunan Jerman dan Prusia dan bernama Königsberg.

 

 

Demikian Artikel mengenai Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Budaya - (SMA/ MA/ SMK), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.