MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Perkotaan - (SMA/ MA/ SMK)

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Perkotaan - (SMA/ MA/ SMK)
Add Comments
12/01/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Perkotaan - (SMA/ MA/ SMK). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Perkotaan - (SMA/ MA/ SMK)
Wilayah Perkotaan

 

1.        Kawasan kota besar yang memiliki fungsi sebagai daerah perbelanjaan, perkantoran, hotel, permukiman, dan pendidikan disebut dengan ...

A.     Hinterland

B.     Ekumenopolis

C.     Megalopolis

D.     Superblok

E.     Bidonvilles

 

Jawaban: D

Superblok merupakan salah satu konsep penataan ruang yang memaksimalkan fungsi lahan pada lahan yang terbatas. konsep ini disebut-sebut oleh para ahli tata ruang merupakan salah satu solusi dalam mengembangkan perkotaan dengan lebih efisien. Contohnya adalah superblok Agung Podomoro City di Jakarta.

 

 

2.        Berikut ini yang bukan dari karakteristik masyarakat perkotaan adalah ...

A.     Profesi heterogen

B.     Kebudayaan homogen

C.     Sosialisasi rendah

D.     Mudah mengikuti perkembangan dan perubahan

E.     Daya konsumsi ekonomi tinggi

 

Jawaban: B

Yang bukan dari karakteristik masyarakat perkotaan adalah kebudayaan yang bersifat homogen, karena masyarakat kota memiliki kebudayaan yang berseifat heterogen. Sedangkan kebudayaan homogen umumnya dimiliki oleh masyarakat pedesaan.

 

 

3.        Kota yang menyandang predikat sebagai kawasan metropolis terpadat di dunia saat ini adalah ...

A.     Jakarta

B.     New York

C.     Karachi

D.     Tokyo

E.     Shanghai

 

Jawaban: D

Ibukota negara pulau Jepang duduk di bagian atas sebagai daerah metropolitan terbesar di Bumi. Di kota metropolis ini berkembang mengambil tempat pertama dalam kategori lain juga rumah bagi jumlah tertinggi perusahaan Fortune 500 Global kota lain. Sebuah kandidat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020. Tokyo juga dianggap salah satu dari tiga ” command centers ” bag perekonomian dunia, bersama dengan New York City dan London, Inggris.

 

 

4.        Kota yang memiliki potensi perikanan yang cukup besar disebut dengan ...

A.     Agropolitan

B.     Maritim

C.     Minapolitan

D.     Seapolis

E.     Argopolis

 

Jawaban: C

Pengertian minapolitan terdiri dari dua kata mina artinya ikan dan politan artinya kota, jadi minapolitan adalah kota perikanan. Kawasan Minapolitan berdasarkan turunan kawasan Agropolitan: adalah kawasan yang terdiri atas satu atau lebih pusat kegiatan pada wilayah pedesaan sebagai sistem produksi perikanan dan pengeloaan sumberdaya alam tertentu yang ditunjukkan oleh adanya keterkaitan fungsional dan hierarki keruangan satuan sistem permukiman dan sistem minabisnis.

 

Minapolitan adalah konsepsi pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip terintegrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan. Kawasan Minapolitan adalah suatu bagian wilayah yang mempunyai fungsi utama ekonomi yang terdiri dari sentra produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan, pelayanan jasa, dan/atau kegiatan pendukung lainnya.

 

 

5.        Central park adalah salah satu landmark sekaligus sebagai kawasan hijau dari kota ...

A.     Curitiba

B.     Sydney

C.     London

D.     New York

E.     Los Angeles

 

Jawaban: D

Central Park adalah taman umum yang luas di Manhattan, New York City. Luasnya 3,41 km² dengan bentuk lahan persegi panjang (panjang 4 km, lebar 800 m). Setiap tahunnya, taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang, dan sekaligus taman yang paling banyak didatangi orang di Amerika Serikat.

 

 

6.        Proses penghidupan kembali kota atau objek kota yang telah ditinggalkan dengan membeli properti lama dan mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakat perkotaan tersebut disebut dengan ...

A.     Urbanisasi

B.     Re-urbanisasi

C.     Rerularisasi

D.     Gentrifikasi

E.     Remigrasi

 

Jawaban: D

Gentrifikasi dan gentrifikasi urban menandakan perubahan sosial budaya di wilayah yang tercipta akibat penduduk kaya membeli properti perumahan di permukiman yang kurang makmur. Akibat gentrifikasi, pendapatan rata-rata meningkat dan ukuran keluarga rata-rata berkurang di masyarakat yang dapat mengakibatkan pengusiran ekonomi secara tidak resmi terhadap penduduk berpendapatan rendah karena harga sewa, rumah, dan pajak property meningkat.

 

Jenis perubahan penduduk ini mengurangi penggunaan lahan industri karena dipakai untuk pembangunan komersial dan perumahan. Selain itu, bisnis baru yang melayani basis konsumen kaya akan pindah ke kawasan yang dulunya makmur, sehingga meningkatkan kemungkinan perpindahan penduduk.

 

 

7.        Pada dasarnya, persentase ideal Ruang Terbuka Hijau di daerah perkotaan adalah …

A.     50%

B.     40%

C.     30%

D.     20%

E.     10%

 

Jawaban: C

Dalam Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang mempersyaratkan bahwa ruang terbuka hijau yang ideal adalah 30 persen dari luas wilayah kota tersebut.

 

 

8.        Teori lokasi pertanian yang dasar asumsinya adalah perbandingan jarak ke pasar dan sifat bahan produk dikembangkan oleh …

A.     Weber

B.     Von Thunen

C.     Ullman

D.     Hommer Hoyt

E.     Walter Christaller

 

Jawaban: B

Von Thunen merupakan salah satu tokoh yang mengembangkan suatu teori keruangan yang mana asumsi dasarnya adalah jarak antara pasar dan lokasi pertanian yang dikaitkan dengan sifat bahan produk atau hasil pertanian tersebut.

 

 

9.        Daya tarik kota yang memicu terjadinya urbanisasi oleh penduduk pedesaan adalah …

A.     Kesempatan kerja terbatas

B.     Luas lahan yang lebih besar

C.     Kesempatan kerja di desa kurang

D.     Biaya hidup lebih murah

E.     Banyaknya pilihan lapangan pekerjaan

 

Jawaban: E

Dalam kasus urbanisasi, hal-hal yang biasanya menjadi faktor penarik utama terjadi perpindahan adalah ketersediaan lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan heterogen di perkotaan.

 

 

10.    Berikut merupakan ciri-ciri desa:

1)        Sudah mulai mendapat pengaruh dari luar

2)        Sudah menggunakan teknologi modern

3)        Produktivitas mulai meningkat

4)        Sarana dan prasaran masih kurang

5)        Adat istiadat mulai longgar

 

Desa Swakarya ditunjukkan oleh nomor …

A.     1, 2, 3

B.     1, 3, 5

C.     2, 3, 4

D.     2, 4, 5

E.     3, 4, 5

 

Jawaban: B

Desa memiliki beberapa tahapan dalam perkembangannya yaitu mulai dari yang paling sederhana swadaya hingga paling terbangun yaitu swasembada. Swakarya sendiri merupakan tahapan yang berada di antara swadaya dan swasembada dimana juga disebut dengan masa transisi.

 

 

11.    Pernyataan:

1)        Perluasan kearah wilayah kota

2)        Sebagai pemasok tenaga kerja bagi kota

3)        Mitra pembangunan wilayah kota

4)        Sebagai pemberi subsidi bagi kota

5)        Sebagai sumber bahan mentah bagi kota

6)        Pengembangan kawasan elit masyarakat kota

 

Nomor yang menunjukkan desa sebagai daerah penyangga kota adalah …

A.     1, 2, dan 3

B.     2, 3, dan 5

C.     3, 4, dan 5

D.     4, 5, dan 6

E.     5, 6, dan 1

 

Jawaban: B

Daerah penyangga atau yang disebut dengan hinterland memiliki fungsi untuk mendukung kegiatan daerah pusat dimana dalam kaitannya dengan hubungan desa-kota, desa akan mendukung pertumbuhan kotanya biasanya sebagai pemasok tenaga kerja, mitra pembanunan, dan sumber bahan mentah bagi kota.

 

 

12.    Pertunjukan tari, musik, upacara adat dan lain-lain sesuai dengan budaya setempat, disebut …

A.     Destinasi wisata

B.     Pariwisata

C.     Atraksi

D.     Akomodasi

E.     Aksesibilitas

 

Jawaban: C

Dalam pariwisata, atraksi wisata merupakan kegiatan atau suatu hal yang dipertunjukkan agar wisatawan dapat mencapai tujuan wisatanya yaitu leisure.

 

 

13.    Berikut ini merupakan berbagai macam masalah kependudukan yang terjadi di Indonesia, kecuali?

A.     Kualitas penduduk rendah

B.     Beban ketergantungan besar

C.     Tingkat pertumbuhan penduduk rendah

D.     Jumlah penduduk besar

E.     Penyebaran penduduk tidak merata

 

Jawaban: C

Tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia masih tergolong yang termasuk tinggi. Sehingga masalah Indonesia cenderung mengenai overcrowding dibanding aging population.

 

 

14.    Manfaat dari adanya komposisi penduduk yang disusun menurut umur adalah …

A.     Mengetahu tingkat pendidikan

B.     Mengetahui tingkat ekonomi

C.     Mengetahui kepadatan penduduk

D.     Mengetahui sex ratio

E.     Mengetahui rasio ketergantungan

 

Jawaban: E

Klasifikasi penduduk menurut kelompok umur bertujuan untuk mengetahui kelompok penduduk mana saja yang termasuk usia produktif dan non-produktif yang mana merupakan penentu dari tingkatan rasio ketergantungan penduduk di area tersebut.

 

 

15.    Perhatikan pernyataan di bawah ini:

1)        Tingkat Pendidikan

2)        Kesehatan

3)        Pendapatan per kapita

 

Pernyataan di atas merupakan faktor penting yang terdapat di dalam …

A.     Pertumbuhan penduduk

B.     Dinamika Penduduk

C.     Kualitas Penduduk

D.     Kuantitas Penduduk

E.     Pengembangan Penduduk

 

Jawaban: C

Kualitas penduduk yang direkam dalam nilai human development index meliputi beberapa hal diantaranya adalah tingkat pendidikan, kesehatan, dan pendapatan per kapita.

 

 

16.    Menurut Arthur B. Gallion dan Simon Eisner, Neighboard Centre adalah Pusat perbelanjaan yang memiliki kapasitas untuk melayani penduduk kota antara …

A.     7.500 sampai 20.000 orang

B.     20.000 sampai 50.000 orang

C.     50.000 sampai 80.000 orang

D.     80.000 sampai 110.000 orang

E.     110.000 sampai 250.000 orang

 

Jawaban: A

Pengklasifikasian pusat perbelanjaan menurut Arthur dan Simon adalah sebagai berikut:

1)        Neighborhood Centre, yaitu pusat perbelanjaan yang memiliki kapasitas untuk melayani penduduk kota sekitar 7.500 sampai 20.000 orang.

2)        Community Centre,yaitu pusat perbelanjaan yang mampu melayani penduduk kota sekitar 20.000 sampai 100.000 orang.

3)        Regional Centre, yaitu pusat perbelanjaan yang melayani penduduk kota sekitar 100.000 sampai 250.000 orang.

 

 

17.    Pola penggunaan lahan kota cenderung berkembang berdasarkan sektor-sektor daripada lingkaran-lingkaran konsentrik. Teori ini dikenal sebagai teori sektoral yang dikemukakan oleh …

A.     EW. Burgess

B.     CD. Harris

C.     EL. Ulman

D.     Homer Hoyt

E.     Max. Weber

 

Jawaban: D

Teori kerungan yang berbentuk konsentrik dan meletakan pusat bisnis atau CBD di tengah serta mengedepankan unsur jaringan antar sektor adalah bentuk dari teori sektoral yang disampaikan oleh Homer Hoyt.

 

 

18.     Kota-kota tua di dunia

1.     Lagash

2.     Uruk

3.     Cusco

4.     Memphis

5.     Cheng-chon

Kota yang telah ada sejak 3000 – 4500 tahun sebelum masehi adalah …

A.    1, 2, dan 4

B.    1, 3, dan 5

C.    1, 4, dan 5

D.    2, 3, dan 4

E.     2, 3, dan 5

 

Jawaban: A

Kota yang sudah ada sejak 3000-4500 tahun yang lalu adalah kota lagash, uruk, dan Memphis.

 

 

19.    Pusat kota yang merupakan tempat kegiatan bisnis adalah …

A.     Loop

B.     Grand mall

C.     Civic center

D.     CBD

E.     Outlying districk

 

Jawaban: D

Pusat kota yang merupakan pusat kegiatan atau perdagangan disebut juga dengan central business district (CBD).

 

 

20.    Kota Bangka dan Belitung terbentuk dari pusat pertambangan timah, sedangkan kotaAceh dan  Jambi terbentuk dari …

A.     Perkebunan tembakau

B.     Perkebunan karet

C.     Pertambangan minyak

D.     Pertambangan batubara

E.     Pusat administrasi pemerintahan

 

Jawaban: B

Kota Aceh dan Jambi merupakan kota dengan penghasil karet 10 besar di Indonesia yang mana, masing-masing menempati urutan 1 dan 6 sebagai penghasil karet terbanyak Indonesia.

 

 

21.    Cappadocia adalah suatu region yang terletak di tengah suatu negara yaitu …

A.     Nigeria

B.     Inggris

C.     Yunani

D.     Turki

E.     Slovenia

 

Jawaban: D

Cappadocia merupakan suatu region yang terdapat pada negara Turki.

 

 

22.    Selat Gibraltar secara administratif dikuasai oleh negara …

A.     Inggris

B.     Mesir

C.     Afrika Selatan

D.     Spanyol

E.     Italia

 

Jawaban: A

Selat Gibraltar merupakan selat yang saat ini secara administrative dikuasai oleh inggris.

 

 

23.    Manakah kelompok negara berikut ini yang memiliki zona waktu yang sama ?

A.     Brazil, Mexico, Greenland

B.     Finlandia, Mesir, Afrika Selatan

C.     Indonesia, Laos, Italia

D.     Amerika Serikat, Malaysia, Taiwan

E.     Jepang, Korea Selatan, Fiji

 

Jawaban: B

Negara dengan zona waktu yang sama yakni finlandia, mesir, afrika selatan. Karena ketiganya dalam

bujur yang sama.

 

 

24.    Charles Bridge, jembatan yang melewati sungai Vltava terletak di negara …

A.     Czech Republic

B.     Polandia

C.     Kerajaan Bersatu

D.     Greenland

E.     Spanyol

 

Jawaban: A

Charles Bridge merupakan sebuah jembatan diatas sungai vitara yang berada di negara Czech Republic.

 

 

25.    Danau Maracaibo terletak di negara …

A.     Australia

B.     Italia

C.     Finlandia

D.     Jerman

E.     Venezuela

 

Jawaban: E

Danau Maracaibo merupakan danau yang terletak di Venezuela.

 

 

Demikian Artikel mengenai Contoh Soal dan Pembahasan Materi Geografi Perkotaan - (SMA/ MA/ SMK), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.