MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Ilmu Penyuluhan Kedokteran Hewan tentang Identifikasi Masalah, Kebutuhan Materi dan Metode Penyuluhan yang Efektif Bagi Peternak Sapi Potong di Era Covid-19

Ilmu Penyuluhan Kedokteran Hewan tentang Identifikasi Masalah, Kebutuhan Materi dan Metode Penyuluhan yang Efektif Bagi Peternak Sapi Potong di Era Covid-19
Add Comments
12/14/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap Pembahasan Tugas Terstruktur 1 Ilmu Penyuluhan Kedokteran Hewan tentang Identifikasi Masalah, Kebutuhan Materi, dan Metode Penyuluhan yang Efektif bagi Peternak Sapi Potong di Era Covid 19. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Ilmu Penyuluhan Kedokteran Hewan tentang Identifikasi Masalah, Kebutuhan Materi dan Metode Penyuluhan yang Efektif Bagi Peternak Sapi Potong di Era Covid 19
Dokter Hewan, Memeriksa Kucing

1.        Kurang Pakan pada Musim Kemarau

Solusi pemecahan masalah:

Faktor penting untuk meningkatkan produktivitas ternak adalah penyediaan pakan hijauan sepanjang tahundengan kualitas dan kuanitas yang memadai.  Salah satu cara mengatasi kekurangan pakan ternak pada musim kemarau yaitu dengan melakukan pengawetan pada pakan ternak tersebut melalui metode pengeringan (hay) dan silase. Silase merupakan pakan ternak yang memiliki kadar air tinggi sebagai hasil pengawetan pakan ternak atau bahan-bahan lain dengan proses fermentasi aerob (tanpa oksigen baik dengan penambahan atau tanpa penambahan bahan pengawet.  Pembuatan pakan ternak dengan metode silase ini bertujuan untuk mengawetkan dan mengurangi kehilangan zat makanan suatu hijauan untuk dimanfaatkan pada masa mendatang.  Sedangkan metode hay dilakukan dengan cara mengeringkan hijuan, baik secara alami (menggunakan sinar matahari) maupun menggunakan mesin pengering (dryer).

Metode penyuluhan:

Membuat video cara pengolahan/pembuatan pakan ternak dengan metode silase dan metode hay.

 

2.        Persediaan Air Minum pada Musim Kemarau Terbatas

Solusi pemecahan masalah:  

Untuk mengatasi situasi kekurangan persediaan air minum  pada saat musim kemarau, alternative tepat yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat “teknologi permanen air hujan” (rain water harvesting), sebagai upaya  mengumpulkan air untuk disimpan dalam penampungan (storage) yang digunakan saat diperlukan. Air yang dipanen dapat bersumber dari air hujan maupun air limpasan permukaan yang mengalir diatas permukaan tanah pada saat hujan. Sistem penyimpanan air dapat dilakukan secara terbuka dalam bentuk kolam, atau secara tertutup dalam bentuk tangki air penampung air dalam tanah (groundwater storage).

Metode penyuluhan:

Video cara pembuatan instalansi teknologi permanen air hujan (rain water harvesting) dan penampung air dalam tanah (groundwater storage).

 

3.        Penyakit Sakit Mata pada Sapi

Solusi pemecahan masalah:

Langkah pengobatan sebaiknya segera dilakukan pemberian antibiotik untuk meawan infeksi, antibiotik yang diberikan harus sesuai dengan penyakit mata yang diderita oleh sapi. Kemudian menghindari mata sapi kontak dengan cahaya matahari langsung, debu, lalat, ataupun iritasi lain selama masa pengobatan dan penyembuhan. Pengobata topikal langsung pada mata dapat dberikan salep,atau  obat tetes mata.

Metode penyuluhan:

Praktik langsung pemberian antibiotic, obat tetes mata, dan salep mata pada sapi.

 

4.        Kandang Kotor

Solusi pemecahan masalah:

Kebersihan kandang sangat penting untuk dijaga. Salah satunya dapat dilakukan penyemprotan secara berkala, dengan obat-obatan pengusir lalat serta membuatkan perapian disekitar kandang pada waktu tertentuuntuk mengusir lalat muka/ face flies. Dengan demikian, penyakit pada hewan ternak dapat diminimalisir dan dapat segera dihindari.

Metode penyuluhan:

Pelatihan pengolahan kotoran ternak, dan memberikan edukasi tentang pentingnya pembersihan kandang bagi kesehatan hewan ternak.

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Pembahasan Tugas Terstruktur 1 Ilmu Penyuluhan Kedokteran Hewan tentang Identifikasi Masalah, Kebutuhan Materi, dan Metode Penyuluhan yang Efektif bagi Peternak Sapi Potong di Era Covid 19, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.