MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Menjadikan Adab sebagai Pondasi Gaya Hidup

Menjadikan Adab sebagai Pondasi Gaya Hidup
Add Comments
12/14/2021


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap Menjadikan Adab sebagai Pondasi Gaya Hidup. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Menjadikan Adab sebagai Pondasi Gaya Hidup
Bila Ilmu Tanpa Adab

Beberapa waktu lalu, ada yang bertanya beberapa hal mengenai hijrah. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah “kenapa kita harus berhijrah?”. Yang menarik daro pertanyaan itu adalah kita semua paham jawabannya yaitu untuk menjadi seorang muslim yang lebih baik.  Namun apa yang terlhat secara umum adalah sebatas mengubah cara berpakaian, postingan-postingan islami dari orang yang berhijrah, atau hal-hal yang tidak fundamental lainnya. Hal seperti itulah yang membuat banyak orang lain masih mempertanyakan pentingnya hijrah.

 

 

Mindset Hijrah dan Gaya Hidup

Tentu tidak ada yang salah dengan mengubah gaya berpakaian menjadi lebih tertutup. Dan sering berkumpul dengan orang yang sedang berhijrah adalah hal bagus. Tapi jika membahas soal hijrah, kita harus memiliki pandangan yang luar berdasarkan peristiwa hijrahnya Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wasallam sebagai awal kebangkitan ummat dan menjadi salah satu pilar peradaban.

 

Masing-masing orang tentu bebas memakni hal itu. Tapi hal itu bermakna memperbaiki secara total gaya hidup sesuai tuntunan islam dengan tujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepadabAllah subhanahu Wa Ta’ala. Tentu aka nada orang yang beranggapan bahwa mengubah total gaya hidup adalah hal yang luar biasa berat.

 

Tapi berdasarkan beberapa pengalaman, mengubah gaya hidup secara total tidaklah terlalu berat jika kita tahu caranya. Alhamdulillah Allah memberikan kita banyak cara untuk berubah menjadi lebih baik.Salah satu cara yang ampuh adalah dengan menerapkan adab dalam keseharian.

 

 

Adab Sebagai Pondasi Gaya Hidup

Dulu saat makan kita diajarkan untuk berdo’a terlebih dahulu. Tapi sekarang sebelum makan, makanannya di foto dan dikirim ke media sosial terlebih dahulu. Atau seorang musimah yang tanpa rasa malu memamerkan tubuhnya di aplikasi tertentu . Itu semua adalah indikasi pergeseran gaya hidup yang terjadi di tengah masyarakat. Dan banyak contoh lain yang dapat kita lihat. Fenomena pergeseran gaya hidup tentu tidak serta merta terjadi, melainkan karena adanya pergeseran adab yang merupakan pondasi gaya hidup yang mulai hilang dari pribadi seorang muslim membuatnya mudah terseret arus perkembangan teknologi.

 

Oleh karena itu, mengerjakan adab sesuai tuntunan islam adalah cara yang sangat efektif terutama bagi kita yang benar-benar ingin hijrah secara total meninggalkan gaya hidup lama.  Terlebih jika kita paham bahwa mengerjakan adab-adab terbilang sangat mudah.

 

Sebagai contoh, untuk mengerjakan adab tidur hanya butuh waktu 3 menit, dan begitu juga seperti adab makan, berpakaian, belajar, dan adab-adab lain yang juga tidak butuh waktu yang lama untuk dikerjakan.

 

Selain karena mudah, secara psikologis menerapkan adab sesuai tuntunan islam dalam keseharian juga melatih mental association yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan juga meningkatkan fokus saat mengerjakan tugas yang lebih berat.

 

Mental association dapat diibaratkan seperti seorang atlit yang sedang melakukan pemanasan agar tubuh dan pikiran menjadi siap. Jika pemanasan tidak dilakukan,  maka rawan terjadi cidera bagi sang atlit. Demikian juga dengan adab yaitu sebagai pemanasan sebelum mengerjakan sesuatu.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Menjadikan Adab sebagai Pondasi Gaya Hidup, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.