MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter

 Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter
Add Comments
2/02/2022

 

Gambar ilustrasi anak indonesia
Gambar ilustrasi anak indonesia

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan sumber daya manusia yang pintar dan cerdas. Dunia ini membutuhkan orang-orang yang berpendidikan untuk membangung negara agar lebih maju.

 

Tetapi di zaman ini, orang-orang tidak hanya melihat tingginya pendidikan ataupun gelar seseorang, melainkan karakter yang dimilikinya. Karakter adalah sifat atau watak seseorang yang dipelajari semasa hidup. Di dalam dunia pendidikan, karakter adalah modal pembentuk pribadi yang baik, jujur, bertanggung jawab, dan dapat menghargai satu sama lain. Pendidikan karakter dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Pendidikan karakter dilakukan untuk mendidik suatu individu agar menjadi individu yang bermanfaat dan bisa diandalkan.

 

Kita bisa menanamkan pendidikan karakter pada generasi penerus bangsa mulai sejak dini, dengan cara mengembangkan nilai etika dan nilai kinerja pendukungnya. Misalnya seperti kejujuran, Kujujuran ialah hal yang sangat penting dan perlu diterapkan pada diri kita sendiri maupun generasi selanjutnya.

Sudah banyak kasus ketidakadilan di Indonesia yang disebabkan karena tidak adanya kejujuran di dalam diri sesorang. Kita sebagai generasi penerus bangsa, perlu memperbaiki hal itu. Contoh lainnya yaitu rasa hormat dan saling menghargai dengan orang yang lebih tua , tentunya kita harus berbicara sopan dan santun, hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari pendidikan karakter.

 

Saat ini sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang megajarkan siswa-siswi nya untuk menerapkan pendidikan karakter. Para siswa telah diajarkan bagaimana cara berperilaku baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Siswa juga diajarkan bagaimana bersikap sopan dan santun kepada orang tau, para guru, warga sekolah, dan masyarakat di sekitar. Dalam hal ini tentunya para guru berperan penting, terutama guru Bimbingan Konseling atau yang biasa disebut guru BKK. Guru BK sering memberikan nasehat kepada siswa-siswinya agar siswa dapat berbudi pekerti luhur.

 

Pendidikan karakter bukanlah hanya sekedar kata-kata melainkan untuk membentuk manusia yang beradap dan memanusiakan manusia. Serta membangun peradaban bangsa Indonesia. Lalu, bagaiman cara kita menumbuhkan pendidikan karakter? Kita bisa melakukannya mulai dari hal terkecil, contohnya seperti jujur dan terbuka, menghormati orang yang lebih tua, menghargai satu sama lain, bersosialisasi tanpa membeda-bedakan suku, ras, maupun agama, selalu sopan dan santun, menolong sesame manusia, dan masih banyak lagi cara untuk menerapkan pendidikan karakter.


Semoga dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah maupun diluar sekolah, dapat terbentuklah suatu kepribadian atau karakter seseorang yang berprilaku baik, beradab, dan berakhlak mulia.

Serta kecerdasan anak-anak bangsa yang memiliki karakternya masing-masing akan membawa mereka menjadi seorang yang diharapkan menjadi penerus bangsa Indonesia yang lebih baik. Tidak ada lagi korupsi, ketidakadilan, kejahatan, dan sebagainya.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter , kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.