MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Gyratory Crusher yang digunakan dalam Industri (Cone, Roll, Smooth Roll, dan Tooth Roll Crusher)

Penjelasan Lengkap Gyratory Crusher yang digunakan dalam Industri (Cone, Roll, Smooth Roll, dan Tooth Roll Crusher)
Add Comments
2/12/2022

  

Penjelasan Lengkap Gyratory Crusher yang digunakan dalam Industri (Cone, Roll, Smooth Roll, dan Tooth Roll Crusher)
Gyratory Crusher

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Gyratory Crusher yang digunakan dalam Industri (Cone, Roll, Smooth Roll, dan Tooth Roll Crusher). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

CONE CRUSHER

Cone penghancur banyak diterapkan di metalurgi, konstruksi, pembangunan jalan, industri kimia dan phosphatic. Cone penghancur cocok untuk umpan keras dan pertengahan keras seperti batu, besi, tembaga, kapur, kuarsa, granit, gritstone, dll.

Fitur Cone Penghancur : Produktivitas tinggi, kualitas tinggi, Waktu berhenti mesin sedikit, Mudah pemeliharaan, dan biaya rendah.

 

Struktur & Prinsip Kerja Cone Crusher

Cone Crusher terdiri dari bingkai, perangkat transmisi, berongga rempang batang, mangkuk berbentuk peluru, penghancuran kerucut, mata air dan tekanan hidrolik untuk menyesuaikan stasiun pemberhentian tersebut. Cone Crusher atau Kerucut penghancur umumnya digunakan sebagai penghancur sekunder dalam penghancuran sirkuit.

 

Pra-digerus produk biasanya melalui bagian atas kerucut penghancur dan mengalir melalui mantel. Vertikal kerucut penghancur memutar mantel eksentrik di bawah langit-langit, atau mangkuk liner, tindihan produk dan penumpasan itu antara mantel dan langit-langit. Cone crushers biasanya berjalan di drive belt yang digerakkan oleh motor listrik atau mesin diesel. Cone crushers digunakan secara luas di seluruh agregat dan mineral industri. Contoh Cone Crusher dalam industri

 

 

ROLL CRUSHER

Roll Crusher adalah suatu alat penghancur benda yang besar yang mengubahnya menjadi bentuk yang lebih kecil. Roll Crusher merupakan pendamping dari alat Gyratory Crusher dan Jaw Crusher. Roll Crusher hanya bertugas memecah material yang berukuran besar sehingga menjadi berukuran kecil, bukan menghaluskan. Roll Crusher biasanya digunakan sebagai alat tambahan untuk menghancurkan bahan tambang, misalnya batu bara dan batuan lain yang lebih lunak seperti serpihan yang mengandung minyak (kacang, kedelai, jagung) dan fosfat

 

Roll Crusher terdiri dari 2 roll besi, pir, baja, dan roda penggerak sebagai elemen terpenting. Umpan yang jatuh akan mengalami kompresi oleh kedua roll yang berputar secara berlawanan, dengan adanya kompresi tersebut maka umpan akan pecah dan jatuh sebagai produk/hasil. Kecepatan roll berputar yaitu antara 50-300 putaran/min (rpm).

 

Feed dapat berukuran antara ½ (12-75 mm) dan produk yang dihasilkan dapat berukuran ½ m sampai lolos ayak 20 mesh. Pir yang terdapat pada alat ini berfungsi sebagai: Untuk menjaga supaya roda putar dapat kembali bila sewaktu- waktu mundur/ renggang dari roda putar/ roll yang lain, Letak dari salah satu roda putar/ roll adalah bersifat statis, sedangkan roda putar/ roll yang satunya lagi dapat bergerak maju mundur.

 

 

SMOOTH ROLL CRUSHERS

Pada Smooth Roll Crusher, mempunyai roll (gilingan) berbentuk lingkaran yang terdiri dari 2 buah gilingan berpermukaan rata yang berputar horizontal sejajar. 2 buah roda gilingan atau roll tersebut bagian yang berfungsi sebagai penghancur.

 

Smooth Roll Crusher bekerja berdasarkan prinsip penekanan dan gesekan. Umpan yang ditangkap atau dimasukkan diantara gilingan akan hancur karena tekanan yang diperoleh. Kedua gilingan tersebut berputar ke arah yang berlawan dengan kecepatan yang sama.

 

Kedua gilingan itu mempunyai jarak permukaan yang agak sempit tetapi mempunyai diameter yang besar, sehingga gilingan tersebut dapat melebar dan menyempit dengan elastis. Salah satu dari roda gilingan dibuat dalam keadaaan tetap, sedangkan yang lainnya dapat bergerak maju mundur karena terhubung dengan per yang berfungsi untuk mengatur jarak kedua permukaan roda gilingan sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran masukkan umpan.

 

Ukuran yang terbatas dari material yang akan dihancurkan dijepit dengan roda gilingan. Ukuran yang diinginkan dari produk tergantung jarak antara dua roda gilingan. Smooth Roll Crusher memberikan sedikit keuntungan, yaitu menjalankan sebagian besar pekerjaannya dengan tepat ketika kita menyetel untuk member reduksi perbandingan 3 atau 4 : 1. Untuk itu, diameter maksimum dari produk adalah 1 : 3 dan 1 : 4 dari umpan (material yang dimasukkan). Kekuatan yang digunakan roda penggiling dari smooth roll crushers sangat besar yaitu 5.500 sampai 40.000 lbf/ inchi dari luasnya.

 

Cara Kerja Smooth Roll Crusher

Smooth Roll Crushers ini bekerja berdasarkan penekanan dan gesekan. Material solid yang masuk dilewatkan diantara dua roda gilingan yang sedang berputar berlawanan. Roda-roda tersebut terbuat dari besi tuang yang dilapisi oleh baja, bila kedua roda gilingan tersebut aus atau rusak maka lapisan tersebut dapat diganti yang baru. Roda-roda tersebut dihubungkan dengan motor penggerak, sehingga dapat berputar. Salah satu roda dibuat dalam keadaan tetap sedangkan yang lain dapat bergerak maju mundur karena dihubungkan dengan per yang terbuat dari baja. Tujuan dari roda gilingan kedua dibuat sedemikian rupa, yaitu agar pada saat kita memasukkan umpan dengan ukuran yang besar roda gilingan tersebut dapat secara elastis melebar. Hal ini dibuat untuk meminimalkan terjadinya penyumbatan terhadap alat. Bila kecepatan putar dari kedua roda penggiling sama, maka material solid yang dimasukkan akan dilindas atau dipecah. Sedangkan apabila kecepatan material solid tersebut berbeda, maka material solid yang dimasukkan selain dipecahkan juga dipelintir.

 

 

TOOTH ROLL CRUSHER

Biasanya pada Tooth Roll Crusher yang digunakan untuk memecah umpan material kasar dan agak lunak seperti batu bara dan gips menggunakan gigi yang berbentuk piramida. Tooth Roll Crusher dapat bekerja lebih baik dibandingkan dengan Smooth Roll Crusher, tetapi Tooth Roll Crusher terbatas karena tidak dapat memecah padatan yang kasar. Alat ini bekerja berdasar pada prinsip penekanan, pukulan dan pemotongan, sedangkan pada Smooth Roll Crusher hanya dengan prinsip penekanan saja.

 

Tooth Roll Crusher tidak memiliki masalah dengan ukuran umpan masukkan karena dapat memecah material dengan ukuran sampai 20 inchi, sedangkan pada Smooth Roll Cushers hanya dapat memecah material dengan ukuran ½ sampai 3 inchi (12-75 mm) saja.

 

Cara Kerja Tooth Roll Crusher

Prinsip kerja alat ini hampir sama dengan Smooth Roll Crushers. Bedanya adalah, pada Smooth Roll Crusher memakai prinsip penekanan sedangkan pada Tooth Roll Crusher memakai prinsip penekanan, pemukulan dan pemotongan. Alat ini terdiri dari satu roda gilingan yang bererigi. Material solid dilewatkan dapat tereduksi sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

 

Roda penggiling dihubungkan dengan sebuah roda yang berukuran lebih besar dan digerakkan oleh motor sehingga pada berputar. Tooth Roll Crusher juga tidak mengalami masalah pada peletakkan umpan material, karena hanya memiliki satu roda penggiling. Alat ini dapat diaplikasikan secara kontinyu dan kapasitasnya mencapai 500 ton/jam.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Gyratory Crusher yang digunakan dalam Industri (Cone, Roll, Smooth Roll, dan Tooth Roll Crusher), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.