MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Penyakit, Gejala dan Tips Menjaga Kesehatan Bekerja di Depan Layar Komputer/Laptop

Penjelasan Lengkap Penyakit, Gejala dan Tips Menjaga Kesehatan Bekerja di Depan Layar Komputer/Laptop
Add Comments
2/24/2022

 

Penjelasan Lengkap Penyakit, Gejala dan Tips Menjaga Kesehatan Bekerja di Depan Layar Komputer/Laptop
Tips Menjaga Kesehatan Bekerja di Depan Layar Komputer/Laptop

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas secara lengkap mengenai Penyakit, Gejala dan Tips Menjaga Kesehatan Bekerja di Depan Layar Komputer/Laptop. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Penyakit yang Mengintai Jika Duduk Lama Depan Komputer/Laptop:

1. Computer Vision Syndrome (CVS)

Atau Sindrom Penglihatan Komputer (SPK) terjadi karena mata yang tegang lantaran terus-terusan menatap layar komputer secara satu arah.

 

2. Memengaruhi Bentuk Tulang Belakang

Jika Anda duduk terlalu lama di depan komputer dalam posisi yang tidak tepat, misalnya terlalu membungkuk atau miring, maka lama-kelamaan tulang belakang Anda akan berubah bentuknya. Tulang belakang bisa jadi terus membungkuk dan tak lagi tegak, atau bisa juga bengkok ke kiri maupun kanan. Selain memperburuk postur tubuh, hal ini dapat meningkatkan risiko terjepitnya saraf tulang belakang.

 

3. Serangan Jantung

Hal ini karena duduk terlalu lama memperlambat laju metabolisme tubuh dan aliran darah sehingga otot sulit membakar kalori dalam tubuh. Akibatnya, otot dan pembuluh darah akan tersumbat oleh lemak dan seiring waktu akan ada semakin banyak lemak yang menyumbat pembuluh darah sehingga berujung ke serangan jantung.

 

4. Kanker

Jenis kanker yang kerap muncul karena duduk lama ialah kanker usus, payudara, dan leher rahim. Risiko munculnya kanker ini dikarenakan tubuh tidak banyak bergerak sehingga berdampak buruk terhadap antioksidan dan produksi insulin dalam tubuh.

 

 

Gejala paling umum yang timbul setelah menatap layar computer/laptop terlalu lama, antara lain:

·      Mata tegang

·      Sakit kepala

·      Penglihatan kabur

·      Penglihatan ganda

·      Mata kering dan merah (iritasi mata)

·      Sakit/nyeri pada leher, bahu, punggung

·      Sensitif terhadap cahaya

·      Ketidakmampuan melihat fokus terhadap suatu benda yang jauh jaraknya

 

 

Tips Menjaga Kesehatan Bekerja di Depan Layar Komputer/Laptop

1. Atur Posisi Komputer/Laptop dengan Tepat

Dilansir dari Purewow, posisi komputer yang tidak pas dengan pandangan mata akan menimbulkan potensi gangguan seperti sakit punggung, leher, dan sebagainya. Apabila posisi komputer terlalu bawah dari pandangan mata, dapat menimbulkan gangguan seperti sakit leher dan punggung. Sementara itu, jika posisi komputer terlalu ke atas, kemungkinan akan mengalami mata kering.

 

2. Atur Kecerahan Layar Monitor

Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang paling nyaman untuk anda. Jangan mengatur tampilan layar menjadi terlalu cerah atau terlalu gelap agar anda tidak kesulitan dalam melihat monitor.

 

3. Gunakan Screen Protector

Usahakan untuk memasang screen protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata. Dengan memasang pelindung layar, mata Anda jadi tidak cepat lelah saat melihat layar monitor.

 

4. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Pancaran radiasi yang ditimbulkan layar komputer menyebabkan mata Anda menjadi merah dan sakit. Dengan penggunaan kacamata anti radiasi, maka akan membantu meminimalisir radiasi yang ditimbulkan oleh layar komputer.

 

5. Atur Jarak Pandang Mata

Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 - 100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

 

6. Duduklah dengan Tegak dan Senyaman Mungkin

Bekerja seharian di depan komputer jelas sangat melelahkan. Jika salah posisi ketika duduk, Anda bisa mengalami gangguan tulang dan otot. Untuk itu, cobalah mencari kursi yang nyaman untuk Anda. Paling tidak, tinggi kursi setinggi lutut sehingga ketika duduk, posisi paha Anda menjadi sejajar dengan lantai. Usahakan untuk duduk dengan tegap namun tetap santai. Manfaatkan sandaran kursi untuk membuat Anda lebih nyaman.

 

7. Duduk Dekat dengan Keyboard

Jika posisi keyboard terlalu jauh tentu kita akan sulit untuk mengetik, sehingga mau tidak mau kita tetap harus membungkuk. Dengan jarak keyboard yang mudah dijangkau, akan menjaga posisi tubuh tetap dalam keadaan tegak.

 

8. Atur Ketinggian dan Kemiringan Keyboard Senyaman Mungkin

Pastikan ketinggian keyboard yang dipilih tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah, sehingga membuat bahu anda tetap santai, sikut sedikit terbuka dan posisi tangan tetap lurus. Selain itu aturlah kemiringan keyboard menggunakan kaki keyboard (jika tersedia).

 

Jika anda duduk dalam posisi bersandar, aturlah kemiringannya agar sedikit mengarah ke anda. Ini akan menjaga posisi tangan anda tetap dalam keadaan lurus. Begitu juga sebaliknya, jika posisi duduk dalam keadaan tegak atau sedikit membungkuk, pastikan kemiringannya mengarah agak ke depan.

 

9. Letakkan Mouse Dekat dengan Keyboard

Untuk menjaga posisi punggung tetap dalam keadaan tegak, letakkanlah mouse pada tempat yang mudah dijangkau, salah satunya yaitu di samping keyboard.

 

10. Gunakan Tempat Keyboard dan Mouse

Tempat keyboard dan mouse tidak hanya berfungsi untuk meletakkan keyboard dan mouse pada posisi terbaik, tetapi bisa juga berfungsi sebagai sandaran lengan bawah. Sandaran ini berfungsi untuk membantali permukaan yang keras, sehingga lengan bawah akan terasa nyaman.

 

11. Atur Posisi Monitor Secara Tepat

Posisikan monitor sejajar dengan tinggi mata anda, atau bisa juga 4-5 cm lebih tinggi dari ketinggian mata anda. Ini akan menjaga posisi leher anda tetap dalam keadaan tegak. Selain itu, aturlah jarak antara mata dengan layar monitor senyaman mungkin atau sekitar 50-60 cm.

 

12. Gunakan Kursi Lipat dengan Sandaran saat Lesehan di Lantai

Ini dia salah satu tempat favorit untuk kerja atau nonton di laptop yaitu lesehan di lantai. Tapi kalau berlama-lama duduk di lantai apa lagi tanpa meja atau penopang laptop yang pas, dijamin punggung hingga tulang ekor akan terasa sakit. Solusinya, gunakan kursi lipat lesehan lantai yang empuk. Tidak hanya nyaman, namun penggunaan kursi lantai juga sangat dianjurkan untuk melindungi postur tubuh.

 

13. Gunakan Meja Lipat Khusus Laptop

Daripada tengkurap atau meletakkan laptop di pangkuan, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan meja khusus laptop seperti ini. Punggung tetap berada di posisi bersandar, sementara Anda bisa menikmati waktu kerja dengan nyaman di balik selimut.

 

14. Luangkan Waktu Sejenak untuk Beristirahat

Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang duduk terlalu lama tanpa banyak bergerak dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk itu luangkanlah waktu anda selama 5 – 10 menit setiap 1 jam sekali untuk beristirahat. Lakukanlah peregangan, berjalan, berdiri, atau kegiatan apapun untuk menjauh sejenak dari layar komputer.

 

15. Istirahatkan Mata

Selain beristirahat dengan melakukan kegiatan fisik, sesekali anda perlu untuk mengistirahatkan mata bila terasa cukup lelah. Anda bisa melakukannya dengan cara mengalihkan pandangan anda ke objek yang jauh selama beberapa menit. Selain itu anda juga bisa membuat mata lebih rileks dengan cara menutup mata dengan telapak tangan selama 10 – 15 detik.

 

16. Alihkan Pandangan (Gunakan Teknik 20-20-20)

Teknik 20-20-20 adalah teknik di mana saat kamu sudah menatap layar selama 20 menit, maka kamu harus mengalihkan perhatian kamu ke benda yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

 

Dilansir dari Healthline, menggunakan teknik 20-20-20 dapat mengurangi gejala eye strain seperti mata kering, iritasi, dan lelah. Selama bekerja, kamu bisa menerapkan teknik ini dengan mengatur alarm selama 20 menit saat menatap layar komputer, lalu lihat benda-benda di sekitarmu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

 

17. Berkedip

Hal ini terkesan sederhana, namun sangat membantu Anda mengurangi resiko gangguan pada mata. Apalagi untuk Anda yang sering bekerja di depan komputer, selain berkedip menutup mata untuk beberapa saat juga bermanfaat untuk mengistirahatkannya.

 

18. Meregangkan Badan

Sisihkan waktu untuk meregangkan badan sejenak. Sebab, hal ini dapat membantu kamu untuk tetap menjaga kesehatan walaupun seharian duduk di depan komputer.

 

Dilansir dari Life Hack, peregangan badan di meja kerja kamu dapat menghilangkan stres dan memberikan kesehatan yang banyak pada tubuh. Kamu bisa menggantinya dengan meregangkan badan di samping meja kerja atau di daerah sekitar rumah.

 

19. Minum Air Putih Secukupnya

Penting untuk memperhatikan kondisi tubuh kamu dengan sering minum air putih saat bekerja. Selain menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, minum air putih juga dapat menghilangkan rasa kantuk karena terlalu lama duduk di depan komputer.

 

Dilansir dari India Times, dengan minum otomatis kamu akan berdiri dari meja kerja karena harus mengisi air untuk diminum. Secara tidak langsung, dengan minum air kamu juga memperbanyak gerak agar tetap sehat.

 

20. Lakukan Latihan Pergelangan Tangan

lakukanlah latihan sederhana pada pergelangan tangan anda dengan cara menggerakkan pergelangan tangan atau jari ke atas dan ke bawah. Lakukanlah setidaknya selama enam kali dalam sehari. Gerakan ini dapat mencegah pengguna komputer dari risiko Carpal Tunnel Syndrome di masa yang akan datang.

 

21. Sirkulasi Udara Cahaya yang Baik pada Ruangan

Jika mata terasa nyeri saat melihat ke luar ruangan, waspadalah terhadap kesehatan mata Anda. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat untuk bekerja di depan komputer. Usahakan ruangan mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup, jangan pula bermain komputer alam keadaan gelap/kurang cahaya (mematikan lampu pada malam hari) karena akan merusak mata Anda.

 

22. Periksa Mata Rutin

Lakukan pengecekan mata (check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis mata untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda yang paling akurat. Usahakan periksa setiap 3 bulan sekali supaya jika suatu saat ada keluhan, Anda bisa segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

 

23. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata Anda. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin A sebagai investasi untuk kesehatan mata di masa depan.

 

24. Olahraga Teratur

Sebaiknya gunakanlah akhir pekan atau libur untuk berolahraga rutin agar kesehatan tubuh dan kebugaran jasmani terjaga. Tidak hanya itu, males gerak atau yang biasa disebut mager dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti gangguan fungsi kognitif, menyebabkan resistensi insulin, dan memicu osteoporosis.

 

Sebaiknya gunakanlah akhir pekan atau libur untuk berolahraga rutin agar kesehatan tubuh dan kebugaran jasmani terjaga.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Penyakit, Gejala dan Tips Menjaga Kesehatan Bekerja di Depan Layar Komputer/Laptop, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.