MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Tips Mengedan Saat Melahirkan untuk Menghindari Robekan

Tips Mengedan Saat Melahirkan untuk Menghindari Robekan
Add Comments
2/12/2022

  

Tips Mengedan Saat Melahirkan untuk Menghindari Robekan
Gambar Kartun Melahirkan

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang “Tips Mengedan Saat Melahirkan untuk Menghindari Robekan”. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

1.    Mengedan dilakukan saat pembukaan servik lengkap (10 cm). Jangan mengedan sebelum pembukaan lengkap karena ini akan membuat tenaga ibu terkuras dan beresiko membuat jalan lahir bengkak sehingga ibu tidak bisa melahirkan normal.

2.    Ambil posisi yang tepat dan nyaman. Posisi yang dianjurkan saat mengedan adalah posisi setengah duduk, miring ke kiri atau jongkok (seperti BAB), posisi jongkok cepat membantu turunnya  kepala bayi. Jika ibu mengambil posisi setengah duduk, masukkan kedua tangan ke paha, tarik dan buka kedua kaki, buka jalan lahir selebar mungkin, lenturkan badan, jangan kaku, jangan malu.

3.    Atur nafas secara teratur, rileks dan perlahan (hindari bernafas cepat). Sejak hamil belajarlah cara mengatur pola nafas, agar saat persalinan ibu sudah biasa mengolah nafas. Cara bernafas yang bagus: menghirup nafas panjang dan dalam dari hidung serta membuang nafas dari mulut secara perlahan. Percayalah jika kalian belajar pola nafas saat sedang melahirkan kalian akan blank alias susah menerima arahan. Jadi, belajarnya harus pada saat hamil.

4.    Mengedan saat kontraksi muncul dan ada dorongan yang kuat. Jika tidak ada dorongan yang kuat, sebaiknya jangan mengedan karena itu akan membuang tenaga ibu.

5.    Saat mengedan, kepala ditundukkan, dagu ditempelkan ke dada, mata terbuka dan ibu melihat kearah perut. Jangan mengangkat kepala saat mengedan.

6.    Istirahat jika kontraksi tidak muncul. Ketika kontraksi hilang silahkan ibu istrahat untuk mengumpulkan tenaga, atur nafas dan minum yang manis-manis supaya tenaga ibu kuat.

7.    Hindari mengangkat bokong saat mengedan untuk meminimalisir robekan. Biasanya ini dilakukan karena ibu panik, tidak bisa berkoordinasi.

8.    Jangan bersuara apalagi berteriak saat mengedan. Teriak-teriak saat proses mengedan. Teriak-teriak saat proses persalinan apa lagi saat mengedan hanya akan membuat banyak energi dan menyulitkan persalinan. Kembali lagi ke point sebelumnya “belajarlah bersikap tenang, jangan panik”.

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap tentang Tips Mengedan Saat Melahirkan untuk Menghindari Robekan, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.