MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Berita

Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Berita
Add Comments
3/19/2022


Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Berita


Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Berita

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Berita. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

A.       Pengertian Berita

Berita adalah laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan. Sebuah berita memberikan informasi yang bersifat aktual (baru) dan disajikan dalam pembacaan atau penulisan yang jelas serta menarik. Dengan kata lain, berita adalah sebuah laporan fakta. • Berita dapat dijumpai di berbagai media cetak (seperti koran, majalah, dan tabloid) maupun elektronik (seperti televisi dan radio).

B.       Unsur-unsur Berita

Unsur-unsur sebuah berita yang baik terdiri atas jawaban dari enam pertanyaan, yakni “5 W + 1 H” (What, Who, Whom, Where, Why, How) yang terangkum dalam kepala berita, badan, dan ekor berita.

·      What (apa) Apa peristiwanya atau apa yang terjadi?

·      Who (siapa) Siapa pelaku dalam persitiwa itu?

·      When (kapan) Kapan peristiwa itu terjadi?

·      Where (di mana) Di mana peristiwa itu terjadi?

·      Why (mengapa) Mengapa peristiwa itu terjadi?

·      How (bagaimana) Bagaimana peristiwa itu terjadi?

C.       Syarat Berita

1.     Berdasarkan fakta Artinya, berita yang ditulis berdasarkan kejadian atau peristiwa yang merupakan kenyataan di lapangan, seperti:

• Kejadian yang benar-benar ada atau terjadi.

• Pendapat (opini) narasumber.

• Pernyataan sumber berita.

2.     Aktual (terkini) Jarak antara waktu kejadian atau peristiwa, berdekatan dengan waktu penyiaran berita.

3.     Objektif dan berimbang Berita harus ditulis berdasarkan keadaan sebenarnya dan tidak memihak/berat sebelah. Berita tidak boleh dibumbui dengan opini sehingga merugikan pihak yang diberitakan dan harus disampaikan tanpa usaha untuk memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

4.     Lengkap Kelengkapan berita terkait dengan unsur-unsur berita yang terdiri atas pertanyaan apa, siapa, di mana, kapan, kenapa, dan bagaimana (5W + 1H) dari suatu peristiwa yang terjadi harus lengkap agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi.

5.     Akurat Isi sebuah berita harus tepat, benar, dan tidak terdapat kesalahan. Karena itu, dalam menulis berita harus didukung dengan langkah konfirmasi dari pihakpihak yang terkait dalam pemberitaan.

6.     Sistematis Berita disusun secara urut, dimana isi berita yang penting dan jangkauan informasinya luas diletakkan pada bagian awal. Sedangkan, bagian yang kurang penting, bersifat khusus, dan sempit jangkauan informasinya diletakkan pada bagian akhir berita.

 

7.     Menarik Suatu berita dikatakan menarik jika:

• Berguna bagi pembaca.

• Isi berita hubungannya dekat dengan kehidupan atau lingkungan pembaca/pendengar.

• Bersifat konflik.

• Memiliki daya pengaruh yang kuat.

• Berkaitan dengan tokoh-tokoh terkenal atau penting.

• Isi berupa berita bencana, kemajuan, aneh (luar biasa), dan humor.

 

8.     Mudah dipahami Berita ditulissecara ringkasmenggunakan bahasa yang baik dan benar serta tidak rancu.

 

D.       Menyusun Naskah Berita

ü Menggunakan struktur bahasa yang benar.

ü Menggunakan pilihan kata yang tepat.

ü Tidak menggunakan makna ganda.

ü Logis (menggunakan penalaran logika yang benar).

 

E.        Fakta dan Opini dalam Berita

Fakta Fakta adalah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi dan terbukti kebenarannya

Ciri-ciri fakta:

·       Objektif

·       Datanya bisa dibuktikan

·       Sudah atau sedang terjadi

·       Berupa informasi

 

1.       Opini atau pendapat adalah suatu pernyataan yang belumterjadi, belumtentu kebenarannya, dan baru sebatas dalam angan-angan.

2.       Laporan

Laporan adalah bentuk penyajian informasi atau fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan oleh seseorang atau suatu badan hukum sehubungan dengan tugas yang dibebankan kepadanya.

Fakta yang disajikan ini berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada penulis. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan objektif yang dialami (dilihat, didengar, atau dirasakan) sendiri oleh penulis.

Isi laporan ditulis dengan lengkap dan sistematis menggunakan bahasa yang jelas, singkat, dan benar.

a.    Fungsi Laporan

·         Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijakan, keputusan, atau pemecahan masalah

·         Memberitahukan atau menjelaskan pertanggungjawaban tugas atau kegiatan yang telah dilakukan.

·         Sebagai bahan untuk pendokumentasian dari suatu tugas atau kegiatan.

·         Sebagai sumber informasi.

b.    Tujuan Laporan

·         Mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.

·         Mengadakan pengawasan dan perbaikan.

·         Untuk mengambil suatu keputusan yang lebih efektif.

c.     Bentuk-bentuk Laporan

·         Laporan berbentuk formulir isian Laporan jenis ini biasanya sudah disiapkan blangko isian yang isinya mengenai tujuan yang hendak dicapai dari suatu kegiatan atau peristiwa. Laporan jenis ini biasanya digunakan untuk laporan suatu kegiatan atau peristiwa yang sifatnya rutin

·         Laporan berbentuk surat Laporan jenis ini biasanya digunakan untuk mengemukakan suatu subjek atau topik agar diketahui oleh penerima laporan. Laporan ini tidak banyak menggunakan tabel dan angka, tetapi bentuknya lebih panjang dari surat biasa.

·         Laporan berbentuk memorandum atau nota Memorandum adalah salah satu bentuk laporan yang berisi saran, nota, atau catatan pendek yang biasanya digunakan dalam bagian-bagian organisasi, antara atasan dengan bawahan dalam hubungan kerja.

·         Laporan laboratoris Tujuan laporan laboratoris adalah untuk menyampaikan hasil percobaan atau kegiatan yang dilakukan di dalam laboratorium. Laporan ini biasanya ditulis dengan mengisi daftar isian yang telah distandarisasi. e. Sistematika Laporan Untuk membuat sebuah laporan yang bersifat formal maka unsur-unsur di bawah ini harus terdapat dalam sebuah laporan, yaitu:

ü Judul

ü Kata pengantar

ü Abstrak

ü Daftar isi

ü Bab pendahuluan

ü Bab telaah kepustakaan/dasar teori

ü Bab metode penelitian

ü Bab pembahasan hasil penelitian

ü Bab kesimpulan dan rekomendasi

ü Daftar pustaka

ü Lampiran-lampiran

ü Penutup

 

F.        Surat

Surat adalah sebuah media komunikasi tulis antara seseorang dengan sesamanya atau instansi, dan sebaliknya.

Secara umum surat terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

·         Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang ditulis atau dikirim atas nama personal (individu) kepada orang lain atau instansi yang bersifat pribadi. Surat yang bersifat pribadi berisi tentang perkenalan, persahabatan, ataupun kekeluargaan. Sementara itu,surat pribadi yang bersifat resmi adalah surat lamaran pekerjaan atau surat izin kepada instansi.

·         Surat Dinas

Surat dinas adalah surat yang ditulis atau dikirim oleh suatu instansi, baik pemerintah maupun swasta kepada instansi lain atau seseorang. Surat dinas menyangkut persoalan kedinasan, seperti surat keterangan, surat tugas, surat pengantar, surat keputusan, atau surat permohonan.

·         Surat Niaga

Surat niaga adalah surat yang ditulis atau dikirim oleh perusahaan untuk kepentingan perdagangan atau perniagaan, misalnya: surat tagihan, surat pengiriman barang, surat penawaran, atau surat permintaan.

 

G.      Memo dan Pengumuman

·       Memo

Memorandum atau lebih sering disebut sebagai memo merupakan bentuk media komunikasi tertulis dalam suatu lingkup kecil dan bersifat informal.

Memo berisi perintah, permohonan, pemberitahuan, harapan, atau petunjuk yang biasanya disampaikan dari atasan kepada bawahan dalam sebuah badan hukum atau kantor.

 

Contoh:

SMA Negeri 100 Bandung Jalan Cahaya Bulan 1 No. 51, Bandung

MEMO Hal : Membuat Laporan Perpisahan

Dari : Pembina OSIS

Kepada : Ketua OSIS Panitia perpisahan kelas XII agar segera membuat laporan perpisahan 2011/2012, laporan disampaikan kepada pembina OSIS.

5 Juni 2012 Pembina Osis, Jono, S. Pd

·       Pengumuman

Pengumuman merupakan suatu bentuk penyampaian informasi secara tebuka yang ditujukan kepada khalayak ramai (masyarakat).

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Berita, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.