MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Konsep 5R (5S) di Dalam Area Kerja

Penjelasan Lengkap Konsep 5R (5S) di Dalam Area Kerja
Add Comments
4/05/2022

Konsep 5R (5S) di Dalam Area Kerja
Penjelasan Lengkap Konsep 5R (5S) di Dalam Area Kerja


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap Konsep 5R di Dalam Area Kerja. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

      Semua tempat kerja dan proyek harus menerapkan konsep 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin).

      5R adalah langkah awal untuk pencegahan kecelakaan kerja.

      Seluruh personel harus berkomitmen untuk menerapkan konsep 5R.

 

RINGKAS

Pilah dan pisahkan barang yang tidak perlu.

Ringkas adalah memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana yang akan disimpan, serta bagaimana cara menyimpan supaya dapat mudah diakses terbukti sangat berguna bagi sebuah perusahaan. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendata berbagai jenis barang yang dimiliki, menggolongkan sesuai dengan jenis dan kegunaannya, memberi tanda untuk barang-barang tertentu, kemudian menempatkan barang pada tempat yang semestinya.

 

 

RAPI

Lakukan penataan di tempat kerja.

Rapi adalah menempatkan barang pada tempatnya sehingga tidak terlihat berserakan pada tempat kerja yang mampu membahayakan keamanan pekerjanya. Rapi adalah menerapkan prinsip kaizen yang merupakan perbaikan yang berkelanjutan.

 

 

RESIK

Jaga kebersihan di tempat kerja.

Resik adalah melakukan pembersihan tempat, peralatan maupun pakaian kerja yang digunakan. Dengan prinsip ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan nyaman.

 

 

RAWAT

Pelihara kondisi ringkas rapi resik di tempat kerja.

Rawat adalah melakukan perawatan agar apa yang diperoleh pada tiga tahapan sebelumnya dicapai dapat dipertahankan. Perawatan tidak terbatas pada produk yang dihasilkan melainkan perawatan pada peralatan yang digunakan dalam menjalankan proses produksi.

 

 

RAJIN

Biasakan ringkas rapi resik setiap saat.

Rajin adalah terciptanya kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai. Rajin adalah terkait dengan ketepatan waktu kerja, ketepatan memenuhi permintaan pelanggan, ketepatan mencapai target yang hendak dicapai. Setelah tercapai kemudian dipertahankan agar kondisi kerja yang kondusif dapat dipertahankan.

 


PENJELASAN 5R (5S)

      Jangan bawa peralatan dan material yang tidak dipakai di area kerja. Bawa material dan peralatan yang hanya dibutuhkan.

      Pastikan akses kerja dan jalan keluar bebas dari material dan alat. Akses lalu-lalang, tangga, pintu keluar masuk, pintu keadaan darurat, dll.

      Jangan meletakkan material di depan panel listrik, panel distribusi listrik, APAR, P3K, dan kotak hidran. Buat marka di depan alat-alat tersebut.

      Cek rencana lokasi penempatan material, metode penempatan, dan ketinggian penumpukan material.

      Stabilitas, ketinggian, kemungkinan runtuh, rambu yang diperlukan, penguatan yang dibutuhkan, dll.

      Buang sampah domestik di dalam kantong plastik, kepingan, dan sampah kayu sesuai tempatnya. Pisahkan sesuai jenis sampah, sampah domestik harus dikeluarkan dari area kerja setiap hari.

      Jangan tinggalkan material B3. Tempat penyimpanan B3 sementara (jeriken, botol, dll.) harus diberi label nama material dan Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB).

      Dilarang merokok pada seluruh lingkungan kerja. Merokok di lingkungan kerja akan dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan yang disepakati.

 

Baca Juga:

Penjelasan Lengkap Papan Informasi K3 di Lokasi Proyek 



Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Konsep 5R di Dalam Area Kerja, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.