MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Program Pencegahan dan Proteksi Kebakaran Industri Kimia

Penjelasan Lengkap Program Pencegahan dan Proteksi Kebakaran Industri Kimia
Add Comments
4/07/2022

Program Pencegahan dan Proteksi Kebakaran Industri Kimia
Penjelasan Lengkap Program Pencegahan dan Proteksi Kebakaran Industri Kimia


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Program Pencegahan dan Proteksi Kebakaran Industri Kimia. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Pencegahan dan proteksi kebakaran (fire prevention and protection) pada industri kimia merupakan aspek paling utama dalam program perlindungan kebakaran. Perencanaan yang baik dalam aktivitas pencegahan kebakaran akan dapat menyelamatkan miliaran rupiah dan juga nyawa manusia akibat kebakaran. Salah satu penyebab utama terjadinya kebakaran pada berbagai industri kimia adalah tindakan tidak aman atau kondisi lingkungan yang kurang baik. Dengan memperbaiki tindakan tidak aman (unsafe act) dan kondisi lingkungan kerja, penyebab terjadinya kebakaran dapat dikurangi.

 

Program proteksi kebakaran membutuhkan investasi baik personel kebakaran, peralatan kebakaran, waktu, dan biaya-biaya lain yang cukup besar bagi perusahaan, namun hal ini dapat dijustifikasi dengan menperlihatkan bukti-bukti kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran. Investasi yang ditanamkan untuk program pencegahan kebakaran sangatlah jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kerugian yang dapat terjadi akibat kebakaran.

 

Program pencegahan kebakaran pada industri kimia dapat kelompokkan dalam empat program utama, yaitu:

1.        Program rekayasa (engineering), yaitu program yang meliputi perencanaan bangunan yang aman dari kebakaran dan perencanaan proses yang aman dari kebakaran, misalnya instalasi sistem deteksi kebakaran aktif dan instalasi sistem proteksi kebakaran pasif.

2.        Program edukasi, yaitu program untuk meningkatkan kesadaran pekerja terhadap kebakaran, yaitu dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan tentang kebakaran, identifikasi penyebab kebakaran, bahaya kebakaran, pencegahan kebakaran, dan evakuasi jika terjadi kebakaran.

3.        Pogram penegakan sistem, yaitu program untuk memastikan bahwa semua sistem pencegahan kebakaran sesuai (comply) dengan standar kebakaran (fire code) yang ada. Maka, harus dilakukan inspeksi terhadap semua fasilitas pencegahan kebakaran secara berkala.

4.        Program manajemen bahan kimia dan proses kimia, yaitu program untuk mengendalikan semua potensi bahaya kebakaran yang disebabkan oleh bahan kimia dapat terbakar atau proses kimia yang dapat menimbulkan kebakaran.

 

Program rekayasa (engineering) memegang peranan yang sangat penting dalam pencegahan kebakaran. Tanpa didasari oleh prinsip teknis yang baik, program edukasi dan penegakan sistem tidak akan optimal dalam mencegah terjadinya kebakaran. Prinsip rekayasa dalam pencegahan kebakaran yang harus diperhatikan adalah desain dan konstruksi bangunan, bahan bangunan, pemasangan sistem perlindungan kebakaran, pasokan air untuk pemadam, desain dan rencana pengembangan bangunan, sistem pemadam, dan jaringan pasokan air pemadam.

 

Masukan dari inspektor kebakaran atau ahli kebakaran akan sangat berharga bagi insinyur perancang bangunan karena mereka memiliki pengetahuan yang baik tentang kebakaran dan regulasi tentang kebakaran. Oleh karena itu, perancangan suatu bangunan dan proses industri hendaklah melibatkan ahli kebakaran sehingga sistem pencegahan kebakaran dapat didesain sesuai dengan standar baku nasional atau internasional. Misalnya seberapa banyak titik deteksi kebakaran, sprinkler, dan pemadam kebakaran (fire extiguisher) yang diperlukan dalam suatu area bangunan atau proses, dan di mana saja titik penempatannya yang paling tepat sesuai standar kebakaran atau fire code.

 

Hal lain yang sangat penting dalam program pencegahan kebakaran adalah pemahaman terhadap standar kebakaran (fire code). Personel pencegah kebakaran harus mengetahui dan memahami standar kebakaran dan regulasi yang harus diterapkan untuk jenis industri mereka. Standar kebakaran dan regulasi yang harus dipahami misalnya adalah NFPA, OSHA, regulasi pemerintah, kebijakan perusahaan, perusahaan asuransi yang digunakan, dan regulasi yang spesifik terhadap proses atau bahan kimia tertentu.

 

Industri yang menggunakan teknologi modern memasukkan sistem pencegahan kebakaran sebagai bagian dari sistem keselamatan secara keseluruhan. Namun, jika sistem pencegahan kebakaran tidak merupakan bagian dari teknologi yang digunakan seperti industri modern, komite keselamatan kebakaran harus dibentuk untuk membantu pengembangan dan penerapan program pencegahan kebakaran, seperti identifikasi bahaya kebakaran, inspeksi proses tertentu, perencanaan kegiatan pencegahan kebakaran, pelaksaan pelatihan bagi pekerja, serta komunikasi program pencegahan kebakaran kepada pekerja dan komunitas di sekitar pabrik atau perusahaan.

 

Penegakan sistem merupakan program penting lainnya dalam mencegah terjadi kebakaran. Untuk menjamin bahwa sistem kebakaran yang sudah dibuat berjalan dan alat-alat pemadam selalu dalam kondisi baik, perlu dilakukan inspeksi secara rutin. Setiap temuan dalam inspeksi sistem kebakaran harus dilaporkan kepada pihak manajemen untuk ditindaklanjuti agar tidak terjadi kebakaran.

 

Baca Juga:

Penjelasan Lengkap Konsep Kimiawi Dalam Kebakaran

Penjelasan Lengkap Tipe Kebakaran; Jet fire, Flash fire, Pool fire, Running liquid fire, Fire Ball, dan Vapor cloud explosions

Penjelasan Lengkap Sistem Manajemen Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Management System)

Penjelasan Lengkap Kajian Risiko Kebakaran (Fire Risk Assessment)



Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Program Pencegahan dan Proteksi Kebakaran Industri Kimia, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.