MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Prosedur Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)

Penjelasan Lengkap Prosedur Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)
Add Comments
4/07/2022

Prosedur Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)
Penjelasan Lengkap Prosedur Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai Prosedur Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Penguncian-Pelabelan berfungsi sebagai panduan dalam melakukan isolasi energi terhadap sumber-sumber energi yang berbahaya dan peralatan atau mesin yang sedang dalam perbaikan atau sedang tidak aman dipergunakan atau yang sedang dipergunakan untuk kegiatan yang khusus oleh orang yang berwenang.

 

 

PERSYARATAN DAN OPERASI

1.        Definisi

a.    Peralatan Penguncian yang bersifat positif seperti gembok, kunci atau kombinasi keduanya untuk menjaga alat isolasi energi dalam posisi yang aman dan mencegah pelepasan energi dari mesin atau peralatan.

b.    Peralatan Pelabelan adalah alat peringatan yang menonjol, seperti label yang dipasang sebagai pengaman pada alat isolasi energi untuk menunjukkan bahwa alat telah diisolasi energinya dan peralatan sedang dalam pengawasan tidak boleh dioperasikan sampai dengan peralatan pelabelan dilepas.

 

2.        Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)

a.    Peralatan penguncian/pelabelan dipergunakan pada sumber energi yang berbahaya atau pada peralatan/mesin yang sedang dalam perbaikan atau perawatan dan ada kemungkinan peralatan/mesin tersebut dapat diaktifkan atau dioperasikan oleh personel baik secara langsung ataupun dari tempat lain.

b.    Kunci, label, rantai, penjepit, atau peralatan lainnya dapat dipergunakan sebagai peralatan penguncian/pelabelan.

c.     Peralatan penguncian/pelabelan harus baku paling tidak memenuhi salah satu kriteria berikut, misalnya mengenai warna, bentuk dan ukurannya, sedangkan untuk label format, cetakannya harus standar dan tulisan yang dipergunakan harus menggunakan Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris.

d.    Peralatan penguncian/pelabelan harus dipergunakan dalam waktu yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

e.    Peralatan penguncian/pelabelan harus dibuat tahan terhadap kondisi cuaca dan bilamana ditempatkan pada daerah yang basah tidak menyebabkan tulisan pada peralatan pelabelan tersebut menjadi tidak terbaca.

f.     Peralatan pelabelan juga harus tahan ditempatkan pada lokasi yang lingkungannya bersifat korosif, misalnya di lokasi penanganan atau penyimpanan bahan kimia alkali dan asam.

 

3.        Pemasangan Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)

a.    Pemasangan peralatan penguncian/pelabelan hanya boleh dilakukan oleh personel yang telah mendapatkan pelatihan penguncian/ pelabelan dan prosedur isolasi energi serta personel yang berwenang melakukan pemasangan dan/atau personel yang sedang melakukan perbaikan atau perawatan sumber energi, peralatan atau mesin.

b.    Sebelum personel yang berwenang memasang peralatan penguncian/pelabelan, maka personel tersebut harus mengetahui jenis dan besarnya energi, bahaya-bahaya dari energi yang akan dikontrol dan metode atau cara untuk mengontrol energi tersebut.

c.     Dalam mematikan mesin atau peralatan yang akan dipasang peralatan penguncian/pelabelan harus sesuai prosedur yang telah ditetapkan pada masing-masing jenis mesin.

d.    Bilamana label dipasang pada alat isolasi energi yang juga dikunci, maka label harus dipasang pada bagian yang sama dengan penempatan kunci tersebut.

e.    Jika peralatan pelabelan tidak dapat langsung dipasang pada alat isolasi energi maka peralatan pelabelan harus dipasang sedekat mungkin dengan alat tersebut dan dalam posisi yang mudah terlihat bagi personel yang berusaha mengoperasikan peralatan tersebut.

 

4.        Pelepasan Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)

a.    Pelepasan peralatan penguncian/pelabelan hanya boleh dilakukan oleh personel yang memasang peralatan tersebut.

b.    Jika personel tersebut tidak ada maka dapat dilakukan oleh personel yang ditunjuk atau diberi wewenang oleh urusan peralatan atau pelaksana. Dan hal ini harus diinformasikan kepada personel yang memasang peralatan penguncian/pelabelan.

c.     Sebelum melepas peralatan penguncian/pelabelan maka personel yang berwenang harus memeriksa lokasi kerja untuk memastikan bahwa hal-hal yang tidak perlu telah dipindahkan dan bagian-bagian mesin atau peralatan telah lengkap untuk dioperasikan serta seluruh pekerja pada posisi yang aman atau sudah pergi.

d.    Setelah peralatan penguncian/pelabelan dilepas dan sebelum peralatan atau mesin dihidupkan, maka personel yang terkait harus diberitahukan bahwa peralatan penguncian/pelabelan tersebut harus dilepas.

 

Baca Juga:

Penjelasan Lengkap Keselamatan Kerja Listrik

Penjelasan Lengkap Persyaratan Alat Pelindung Diri (APD)

Penjelasan Lengkap Aspek K3L (HSE) Bekerja di Ketinggian



Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Prosedur Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.