MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Soal dan Pembahasan Pengayaan UN Mata Pelajaran IPA-Biologi SMP/MTs Tahun 2014/2015

Soal dan Pembahasan Pengayaan UN Mata Pelajaran IPA-Biologi SMP/MTs Tahun 2014/2015
Add Comments
4/10/2022

 

Soal dan Pembahasan Pengayaan UN Mata Pelajaran IPA-Biologi SMP/MTs Tahun 2014/2015
Biologi

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang  Soal dan Pembahasan Pengayaan UN Mata Pelajaran IPA-Biologi SMP/MTs Tahun 2014/2015. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

1.        Pak Arta selama beberapa minggu ini sering sekali berobat ke dokter. Diketahui oleh dokter bahwa ia menderita athero.erosis. Penyakit ditandai dengan ...

A.       Peningkatan kadar gula dalam pembuluh darah

B.        Menurunnya kadar lemak dalam pembuluh darah

C.        Menyempitnya pembuluh darah karena proses penuaan

D.       Penimbunan lemak pada pembuluh darah

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Athero.erosis adalah proses penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang berlangsung secara berangsur-angsur (Ramali dan Pamoentjak, 1966). Penyakit tersebut disebabkan oleh terjadinya perbanyakan sel otot polos dinding pembuluh darah dan atau karena penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah bagian dalam. Keadaan tersebut menyebabkan pembuluh darah tidak elastis dan lubang pembuluh darah menyempit sehingga aliran darah menjadi terganggu.

 

2.        Saat ganggang Spyrogira mendapatkan rangsang cahaya maka respon yang dilakukan adalah ...

A.       Spirogyra menjauhi rangsang cahaya

B.        Kloroplas bergerak menuju ke arah sumber cahaya

C.        Spirogyra bergerak menuju ke arah cahaya

D.       Memutuskan tunas untuk melakukan perkembangbiakan

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Ganggang Spirogyra merupakan kelompok dari alga hijau. tubuhnya berbentuk seperti benang. Ganggang spirogyra mampu melakukan fotosintesis untuk mendapakan makanan. Untuk melakukan fotosintesis kloroplas akan bergerak menuju ke arah yang banyak mengandung cahaya.

 

3.        Dalam melakukan percobaan fotosintesis, Irma memasukkan daun yang digunakan untuk percobaan ke dalam air mendidih. Setelah layu, daun tersebut di masukan ke dalam larutan alkohol, kemudian di panaskan dalam air panas. Beberapa saat kemudian ditiriskan, selanjutnya di beri larutan lugol beberapa tetes. Tujuan Irma memanaskan daun di dalam larutan alkohol panas tersebut adalah …

A.       Menguji adanya amilum

B.        Melarutkan klorofil

C.        Mematikan sel-sel daun

D.       Melunakkan daun 21

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Tahap I daun yang ditutup dan yang tidak ditutup dengan aluminium foil atau kertas karbon Tahap II daun dipanaskan/direbus dengan air bertujuan untuk mematikan sel-sel pada daun Tahap III daun dipanaskan/direbus dengan alkohol bertujuan agar klorofil pada daun larut. Tahap IV adalah pengujian dengan larutan lugol sebagai larutan indikator. Bagian daun yang ditetesi larutan lugol menjadi berwarna biru tua berarti mengandung amilum sebagai hasil fotosintesis. Selain itu berwarna pucat.

 

4.        Pada kondisi yang kurang menguntungkan seperti musim kemarau yang panjang tumbuhan jati mengugurkan daunya, tujuanya adalah …

A.       Mengurangi terjadinya pengupan melalui daun

B.        Menghemat persediaan air dalam batang

C.        Agar tumbuhan tidak cepat mati

D.       Mengurangi proses fotosintesis melalui daun

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Tumbuhan meranggas seperti pohon jati dan beberapa tumbuhan lain seperti randu, kedondong flamboyant pada musim kemarau panjang dan kekurangan air dalam tanah maka, akan mengugurkan daunya, hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya penguapan yang berlebuhan melalui daun yang berakibat pada kematian. Ketika musin semi atau penghujan datang maka daun akan tumbuh dan bersemi kembali.

·      Selain jati juga terjadi pada tanamaan Kaktus memiliki daun yang berbentuk duri; dan Teratai memiliki daun tipis dan lebar;

·      Mengapung di perairan, teratai dan eceng gondok memiliki batang berongga agar dapat mengapung di air.

·      Menyimpan air, kaktus memiliki batang berdaging dan berkulit tebal untuk menyimpan air.

·      Menjaga keseimbangan agar tidak terbalik. Eceng gondok memiliki kar serabut yang sangat lebat berguna untuk menjaga keseimbangan agar tidak terbalik.

·      Mengambil oksigen saat terjadi pasang surut. Bakau memiliki akar napas yang memanjang dan menjulang di permukaan. Dengan bentuk akar ini tanaman bakau tetap dapat mengambil oksigen dari udara saat terjadi pasang surut dan bertahan dari terpaan ombak.

 

5.        Populasi badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon saat ini semakin menurun, kalau tidak kita lestarikan keberadaanya akan punah. Faktor yang mempengaruhi punahnya hewan tersebut adalah ...

A.       Ekosistemnya tidak seimbang

B.        Adanya predator yang mengancam

C.        Adanya suaka margasatwa

D.       Tingkat reproduksinya rendah

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Beberapa hewan yang di lindungi oleh pemerintan keberadaan populasinya saat ini semakin sedikit bahkan hampir punah. Kondisi tersebut diakibatkan karena tingkat reproduksi hewan tersebut sangat rendah, selain itu juga adanya perburuan oleh manusia.

 

6.        Manfaat produk bioteknologi dalam bidang kesehatan diantaranya adalah ...

A.       Ditemukannya vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu

B.        Antibodi monoclonal yang dimanfaatkan untuk menjaga serangan bakteri dan jamur

C.        Insulin dimanfaatkan untuk menyerang dan membunuh sel tumor atau kanker

D.       Antibiotik mengontrol kadar gula darah bagi penderita kencing manis (diabetes mellitus)

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Vaksin salah satu produk bioteknologi modern yang dimanfaatkan sabagai zat imunitas (kekebalan) Antibodi monoklonal: Menyerang dan membunuh sel tumor atau kanker insulin: Mengontrol kadar gula darah, mengobati penderita kencing manis (diabetes mellitus). Antibiotik : menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

 

7.        Berikut ini adalah bahan kimia yang terdapat pada makanan …

·      Asam askorbat

·      Oktil asetat

·      Natrium benzoate

·      Natrium siklamat

·      Monosodium glutamate

 

Bahan kimia yang berfungsi sebagai pengawet dan penyedap adalah …

A.       1 dan 4

B.        2 dan 3

C.        3 dan 5

D.       4 dan 5

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Bahan aditif makanan dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok tertentu tergantung kegunaanya, diantaranya:

·      Penguat rasa: Monosodium Glutamat (MSG) sering digunakan sebagai penguat rasa makanan buatan dan juga untuk melezatkan makanan. Adapun penguat rasa alami diantaranya adalah bunga cengkeh, pala, merica, cabai, laos, kunyit, ketumbar. Contoh penguat rasa buatan adalah monosodium glutamat/vetsin, asam cuka, benzaldehida, amil asetat.

·      Pemanis: Zat pemanis buatan biasanya digunakan untuk membantu mempertajam rasa manis. Beberapa jenis pemanis buatan yang digunakan adalah sakarin, siklamat, dulsin, sorbitol dan aspartam. Pemanis buatan ini juga dapat menurunkan risiko diabetes, namun siklamat merupakan zat yang bersifat karsinogen.

·      Pengawet: Bahan pengawet adalah zat kimia yang dapat menghambat kerusakan pada makanan, karena serangan bakteri, ragi, cendawan. Reaksi-reaksi kimia yang sering harus dikendalikan adalah reaksi oksidasi, pencoklatan (browning) dan reaksi enzimatis lainnya. Pengawetan makanan sangat menguntungkan produsen karena dapat menyimpan kelebihan bahan makanan yang ada dan dapat digunakan kembali saat musim paceklik tiba. Contoh bahan pengawet adalah natrium benzoat, natrium nitrat, asam sitrat, dan asam sorbat.

·      Pewarna: Warna dapat memperbaiki dan memberikan daya tarik pada makanan.

 

8.        Putaw, heroin, alkohol, diazepam, morfin termasuk contoh zat psikotropika yang mempunyai jenis efek depresan, gejala yang tampak pada pemakainya adalah …

A.       Berperilaku agresif

B.        Berperilaku hiperaktif

C.        Berhalusinasi

D.       Tidak sadarkan diri

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Efek negatif dari pemakaian zat psikotropika adalah pemakai akan mengalami kondisi tidak sadarkan diri atau pingsan.

 

 

Demikian Artikel mengenai Soal dan Pembahasan Pengayaan UN Mata Pelajaran IPA-Biologi SMP/MTs Tahun 2014/2015, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.