MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Arabika Wamena, Kopi Papua Yang Paling Diburu

Arabika Wamena, Kopi Papua Yang Paling Diburu
Add Comments
5/08/2022

 

Kopi Arabika Wamena
Arabika Wamena, Kopi Papua Yang Paling Diburu

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas tentang Arabika Wamena, Kopi Papua Yang Paling Diburu. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 


Tahukah Kamu? Kopi Papua Wamena berasal dari Lembah Baliem dengan ketinggian 1.200 hingga 1.600 MDPL. Wamena merupakan salah satu penghasil kopi Arabika di Indonesia yang banyak digemari dunia. Wamena ini memiliki banyak lahan pertanian, perkebunan kopi Papua di Wamena terletak di sepanjang lembah yang letaknya mengelilingi Kota Wamena, Lembah Baliem. Lembah tersebut letaknya ada di sisi timur Gunung Jayawijaya. Hal ini membuat Wamena memiliki potensi untuk menjadi salah satu produsen kopi arabika di Indonesia.


Kopi Arabika Wamena ini memiliki cita rasa yang sangat khas di banding dengan cita rasa Arabika lainnya, kopinya memiliki rasa yang balance dan smooth. Kopi Arabika Papua Wamena juga memiliki kadar asam yang tergolong rendah sehingga bisa dikonsumsi oleh semua orang. Arabika Wamena tergolong sangat unik karena memiliki sensasi floral yang jarang sekali ada pada kopi Indonesia.



Arabika Khas Papua

Di Papua ada dua daerah penghasil kopi arabika yaitu Lembah Baliem dan Lembah Kamu di daerah Nabire. Kedua Daerah tersebut berada di ketinggian antara 1400-2.000 MDPL, sehingga kopi Arabika ini memiliki kualitas yang sangat baik. Kopi Arabika Papua Wamena tumbuh tanpa menggunakan pupuk kimia.


Petani Kopi Papua menggunakan proses unik untuk mengolah biji kopi yang disebut sebagai pengupasan basah atau wet-hulling (semi washed). Para petani mengupas kulit luar buah kopi dengan menggunakan mesin pengupas yang disebut "luwak".


Kopi Arabika Papua Wamena digolongkan Kopi Organik berdasarkan proses pertumbuhan secara alami. Kopi Arabika ini memiliki cita rasa yang khas, aroma kopinya harum halus dan memiliki rasa yang sangat manis.


 

Demikian Artikel mengenai Arabika Wamena, Kopi Papua Yang Paling Diburu, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.