MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Mengenal Suku Asmat Papua dan Keunikannya

Mengenal Suku Asmat Papua dan Keunikannya
Add Comments
5/08/2022

 

Suku Asmat Papua dan Keunikannya
Mengenal Suku Asmat Papua dan Keunikannya

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas Suku Asmat Papua dan Keunikannya. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 


Suku Asmat merupakan penduduk asli Papua yang mendiami daerah pegunungan atau dataran tinggi. Suku Asmat dikenal dengan ukiran kayunya yang unik. Untuk menghormati para leluhur, dilakukan tarian dan nyayian yang ditampilkan ketika menyambut para tamu, menghadapi masa panen, termasuk ritual penghormatan kepada roh para leluhur.


Meskipun tinggal di pedalaman, Suku Asmat memiliki populasi yang tinggi karena tersebar di wilayah pegunungan dan pesisir pantai. Mata pencaharian Suku Asmat antara lain berburu, bercocok tanam dan sebagai nelayan.


Rumah yang mereka tempati pun terbilang unik, karena memiliki 7-10 pintu dengan satu wair (tungku utama), rumah tersebut terbuat dari kayu lokal, rotan, serta daun nipah sebagai atap. Rumah ini hanya boleh ditinggali oleh para pria yang belum menikah sedangkan wanita hanya boleh masuk ketika ada pesta atau ritual adat.


Suku Asmat adalah suku yang berasal dari Papua. Suku Asmat dikenal dengan hasil ukiran kayunya yang unik. Mereka juga memang dikenal sebagai suku yang sangat menghormati leluhur, terlihat dari tradisi yang mereka miliki.


Populasi suku Asmat terbagi dua yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai dan mereka yang tinggal di pedalaman. Suku Asmat tersebar mulai dari pesisir pantai Laut Arafuru, hingga Pegunungan Jayawijaya. Secara keseluruhan, mereka menempati wilayah Kabupaten Asmat membawahi 7 kecamatan.



MATA PENCAHARIAN

·      Berburu dan bercocok tanam (Pedalaman)

·      Nelayan (Pesisir Pantai)


Suku Asmat menyenangi tari dan nyanyian yang biasa ditampilkan ketika menyambuat para tetamu, menghadapi masa panen, atau melakukan ritual kepada roh para leluhur. 



RUMAH BUJANG

Rumah Bujang
Rumah Bujang

·      Rumah Bujang atau biasa disebut dengan Jew.

·      Memiliki 7-10 pintu dengan satu wair (tungku utama),

·      Jew merupakan rumah utama, tempat segala aktivitas suku Asmat dilakukan.

·      Terbuat dari kayu lokal. dan rotan serta daun nipah sebagai atap.

·      Tidak memiliki sekat yang memisahkan antara tungku dan air.

·      Kulit kayu dimanfaatkan sebagai lantai atau alas rumah.

·      Tiang rumah dilengkapi ukiran kepala masing masing kelompok yang telah meninggal

·      Wanita hanya boleh masuk ketika ada pesta atau ritual adat.

·      HANYA PARA PRIA YANG BELUM MENIKAH YANG BOLEH TINGGAL.



BAHASA

Ada beberapa bahasa yang digunakan oleh suku Asmat, seperti bahasa Asmat Sawa, Asmat Bets Mbup, Asmat Safan (Asmat Pantai), Asmat Sirat, dan Asmat Unir Sirau.



SENJATA

Kapak Batu adalah senjata tradisional, yang terbuat dari batu hijau. Kapak ini memiliki panjang sekitar 45 cm dengan panjang bilah batu kira-kira 20 cm, dan memiliki berat 1 kg.



PAKAIAN ADAT

Laki-Laki

Dibuat menyerupal burung atau binatang lainnya karena dianggap sebagai lambang kejantanan 


Perempuan

Rok dan penutup dada dibuat dengan daun sagu, sehingga sekilas mirip keindahan bulu burung kasuari



SENI UKIR

Ukiran merupakan kesenian yang paling terkenal dari suku Asmat. Ukiran-ukiran suku Asmat tidak hanya terkenal di Indonesia namun juga di kalangan turis turis asing.



Demikian Artikel mengenai Mengenal Suku Asmat Papua dan Keunikannya, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.