MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Ekspor

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Ekspor
Add Comments
6/08/2022

 

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Ekspor
Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Ekspor

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Ekspor. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...



Memiliki Izin Usaha

Eksportir harus memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Pengajuan NIB dapat diproses di laman oss.go.id.


Menggunakan Fasilitas Ekspor

Eksportir dapat mengakses layanan kepabeanan dan cukai melalui aplikasi pemberitahuan pabean.


Mengetahui Jenis Barang Ekspor

Eksportir harus mengetahui pengelompokan barang ekspor, yaitu barang bebas tata niaga ekspornya, diatur tata niaga ekspornya, atau dilarang tata niaga ekspornya.


Memahami Kode Klasifikasi Barang (Kode HS)

Eksportir harus mengetahui kode HS (Harmonized System/HS Code) dari barang yang akan diekspor.


Memiliki Perizinan Barang untuk Ekspor

Eksportir harus memiliki perizinan barang sebelum melakukan kegiatan ekspor apabila barang ekspor termasuk yang diatur tata niaga ekspornya.

 


Demikian Artikel mengenai Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Ekspor, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.