MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Ulasan Buku (Book Review); "The Life-Changing Magic of Tidying Up" by Marie Kondo

Ulasan Buku (Book Review); "The Life-Changing Magic of Tidying Up" by Marie Kondo
Add Comments
9/27/2022

Ulasan Buku (Book Review); "The Life-Changing Magic of Tidying Up" by Marie Kondo
Buku "The Life-Changing Magic of Tidying Up" by Marie Kondo


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Ulasan Buku (Book Review); "The Life-Changing Magic of Tidying Up" by Marie Kondo, ulasan ini ditulis oleh @nrlhkmtlmwrdh. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...



Untuk kesempatan kali ini aku ingin membagikan review buku yang cukup terkenal dari negeri Sakura. Buku ini pernah terjual lebih dari 5 juta copy di seluruh dunia, lho. Nah terbayangkan buku dengan penjualan sebanyak itu maka kekuatan power of change nya sedahsyat apa. Yup, langsung aja nih, aku kasih tau, buku ini berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up.  


The Life-Changing Magic of Tidying Up adalah buku  dari Marie Kondo yang berisi kumpulan tips dan tik seni beres-beres dan metode merapikan rumah ala Jepang.


Buku ini mengajarkan pada kita bagaimana merapikan rumah dengan benar. Sebuah keterampilan yang sering kita lakukan, namun sedari kecil kita tidak pernah tau dan tidak penah diajarkan bagaimana merapikan rumah dengan benar itu sendiri. Terbayang gak sih, sob. Kita sering banget kan beberes rumah, tiap hari tapi kita tau kegiatan itu seperti melekat terus dalam keseharian kita, namun kenyataannya rumah khusunya ruang kita tak pernah benar-benar rapih. Nah, Marie Kondo dengan seni beberesnya dalam buku ini seolah membisikan pada kita, apa saja yang perlu kita lakukan pertama kali sebelum memulai beberes, bagaimana kita harus memperlakukan barang dan bagaimana barang-barang itu akan berakhir dengan seharusnya. Buku ini tak hanya mengajarkan pada kita bagaimana seni beberes yang benar, tetapi juga mengubah pola pikir kita dalam memandang sesuatu.


Selain penulis buku, Marie Kondo adalah seorang konsultan kerapian dan penulis buku. Ini menjadikannya sebagai salah satu orang dari 100 Most Influential People of 2015 versi majalah Time. Buku ini juga berisi cerita Marie dengan beberapa client nya yang membuatnya menarik untuk dibaca. Siapa tau, pengalaman client Marie Kondo sama dengan kita kan? Hehehe.


Berikut sedikit kutipan-kutipan dari buku ini.


“Dengan berbenah sekaligus alih-alih sedikit demi sedikit, Anda bisa mengubah pola pikir secara drastis.”


“Sebelum mulai, Visualisasikan Tujuan Anda. Berpikirlah secara konkret agar Anda bisa membayangkan secara gamblang bagaimana rasanya menghuni tempat yang tidak berantakan.” 


“Mengambil dan memegangi tiap benda, lantas bertanya, ‘apakah ini membangkitkan kegembiraan?’ jika ya, simpanlah. Jika tidak, buang saja.”


”Jangan pernah mengikat stoking. Jangan pernah menggumpalkan kaus kaki. Lihat dengan seksama. Kaus-kaus kaki itu semestinya beristirahat. Apakah mereka bisa beristirahat kalau digumpalkan seperti itu? Padahal tugas mereka sehari-hari cukup berat.”


Nah, mungkin singkatnya seperti ini dulu, ya. Sampai ketemu lagi di ulasan buku selanjutnya.



Demikian Artikel mengenai Ulasan Buku (Book Review); "The Life-Changing Magic of Tidying Up" by Marie Kondo, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.