MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Mengenal Sejarah dan Peran DPRD dalam Sistem Pemerintahan Indonesia

Mengenal Sejarah dan Peran DPRD dalam Sistem Pemerintahan Indonesia
Add Comments
2/21/2023

 

Penjelasan Lengkap Sejarah dan Peran DPRD dalam Sistem Pemerintahan Indonesia
Mengenal Sejarah dan Peran DPRD dalam Sistem Pemerintahan Indonesia

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas Mengenal Sejarah dan Peran DPRD dalam Sistem Pemerintahan Indonesia. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) merupakan lembaga legislatif di tingkat daerah yang bertugas untuk membuat peraturan daerah dan mengawasi jalannya pemerintahan di daerah tersebut. DPRD memiliki peran penting dalam sistem pemerintahan Indonesia dan berada di bawah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai lembaga legislatif di tingkat nasional.

 

 

SEJARAH DPRD DI INDONESIA

DPRD memiliki sejarah panjang di Indonesia yang dimulai sejak masa kolonial Belanda. Pada masa itu, lembaga legislatif di Indonesia disebut Volksraad atau Dewan Rakyat. Setelah Indonesia merdeka pada 1945, Volksraad digantikan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang terdiri dari anggota Dewan Konstituante, anggota DPR, dan tokoh-tokoh nasional. Pada masa Orde Baru, DPRD baru dibentuk pada tahun 1974 sebagai lembaga legislatif di tingkat daerah yang diawasi langsung oleh pemerintah pusat.

 

 

PERAN DPRD DALAM SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA

DPRD memiliki beberapa peran penting dalam sistem pemerintahan Indonesia, di antaranya:

1)       Menetapkan peraturan daerah (perda) yang berisi tentang tata cara pelaksanaan pemerintahan daerah, pengelolaan keuangan daerah, serta penyelenggaraan pelayanan publik di daerah.

2)       Mengawasi jalannya pemerintahan daerah dan memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran.

3)       Melakukan pembahasan dan pengambilan keputusan terkait anggaran daerah yang meliputi pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), penetapan pajak daerah, dan penggunaan dana alokasi umum (DAU).

4)       Memberikan pendapat dan usul terkait kebijakan pemerintah daerah dalam hal pembangunan dan pelayanan publik.

 

DPRD juga berfungsi sebagai penghubung antara masyarakat dengan pemerintah daerah. DPRD memiliki hak untuk menerima aspirasi dan pengaduan masyarakat, dan kemudian memperjuangkan hak-hak masyarakat tersebut di dalam sidang DPRD.

 

 

Referensi:

·      Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

·      Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD

·      Situs resmi DPRD Provinsi DKI Jakarta (dprd-dkijakarta.go.id)

 


Demikian Artikel mengenai Mengenal Sejarah dan Peran DPRD dalam Sistem Pemerintahan Indonesia, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.