MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia

KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia
Add Comments
12/27/2023

Artikel - KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia
KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 

“Bismillahirraahmanirrahiim ...”

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini. Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam.


Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. KBBI merupakan acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku, karena merupakan kamus bahasa Indonesia terlengkap dan paling akurat yang pernah diterbitkan oleh Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.


KBBI memiliki sejarah yang panjang, dimulai dari Kamus Indonesia yang disusun oleh E. St. Harahap pada tahun 1942. Selanjutnya, pada tahun 1954, Kamus Moderen Bahasa Indonesia yang disusun oleh Sutan Mohammad Zain, seorang guru besar dari Universitas Nasional Jakarta, dengan tebal 896 halaman ini, diterbitkan oleh Penerbit Grafika Jakarta. Selanjutnya, pada tahun 1972, Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


KBBI Edisi keenam diluncurkan pada 28 Oktober 2023 bertepatan dengan Kongres Bahasa Indonesia (KBI) Edisi ini menyajikan beberapa pembaharuan meliputi:

  1. Pencantuman informasi etimologi kosakata dari Jawa Kuno, Cina, dan Arab.
  2. Penyesuaian pelafalan dan penulisan dengan kaidah terbaru, yakni Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) V.
  3. Penambahan entri menjadi 120.465 kosakata.
  4. Perbaikan definisi.


KBBI Daring dan KBBI Luring merupakan versi cetak, sedangkan KBBI Daring (online) merupakan kamus-kamus versi elektronik yang merupakan turunan dari KBBI Daring. Aplikasi KBBI Daring (online) di Google Play juga tersedia untuk memudahkan pencarian, penggunaan, dan pembacaan arti kata (lema/sub lema).


Fitur-fitur utama dari KBBI Daring (online) meliputi:

  • Kecepatan akses
  • Tampilan dengan berbagai warna pembeda untuk jenis kata
  • Tampilan yang pas untuk segala perambah web baik komputer desktop, laptop maupun telepon pintar dan sebagainya


KBBI ini merupakan sumber daya pribadi dalam membantu pemahaman dan penggunaan bahasa Indonesia yang akurat dan mendalam.


(Sumber: kbbi.kemdikbud.go.id, kbbi.web.id, id.wikipedia.org)


Demikian artikel dari kami semoga bermanfaat, الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.