MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Asam Dwifungsi (Asam Dikarboksilat)

Asam Dwifungsi (Asam Dikarboksilat)
Add Comments
4/06/2016

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas Asam Dwifungsi (Asam Dikarboksilat). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...



Asam-asam Dwifungsi yaitu Asam-asam Dikarboksilat, Contoh: Asam Oksalat, Asam Malonat, Asam Suksinat, Asam Glutarat, Asam Adipat, Asam Pimelat, Asam Suberat, Asam Azelaat, AsamSebakat, Asam Undecanadioat, Asam Dodekanadioat, Asam Tridekanadioat, Asam Tetradecanedioat, Asam Maleat, Asam Fumarat, Asam Tartarat, Asam Ftalat, Asam Isoftalat, Asam Tereftalat.
1.       Asam Oksalat adalah senyawa organik dengan rumus H2C2O4.
Asam Oksalat   Asam Oksalat

2.       Asam Malonat (tatanama IUPAC: asam propanadioat), adalah sebuah senyawa asam dikarboksilat dengan struktur CH2(COOH)2.
Asam Malonat   Asam Malonat

3.       Asam Suksinat (IUPAC: asam butanedioic; historis dikenal sebagai ambar) adalah asam dikarboksilat.
Asam Suksinat   Asam Suksinat

4.       Asam Glutarat (Asam Pentanedioic) adalah asam dikarboksilat dengan lima atom karbon, yang terjadi dalam jaringan tanaman dan hewan. Asam Glutaric ditemukan dalam darah dan urin.
Asam Glutarat   Asam Glutarat

5.       Asam Adipat (tata nama IUPAC: asam heksanadioat) adalah sejenis asam dikarboksilat. Ia berupa bubuk kristal putih. Oleh karena rantai alifatik yang panjang, ia tidaklah sangat larut dalam air.
Asam Adipat   Asam Adipat

6.       Asam Pimelat (Asam Heptanadioat) adalah senyawa organik dengan rumus HO2C (CH2) 5CO2H.
Asam Pimelat   Asam Pimelat

7.       Asam Suberat (Asam Octanadioat) C-8 asam dikarboksilat, adalah serpihan putih atau kristal bubuk. Hal ini diselesaikan dalam etanol, eter dan sedikit larut dalam air. Asam dikarboksilat dapat menghasilkan dua jenis garam, karena mengandung dua gugus karboksil dalam molekul.


Asam Suberat

8.       Asam Azelaat (1,9-Asam Nonanadioat) merupakan senyawa organik dengan rumus (CH2) 7 (CO2H) 2. Asam dikarboksilat jenuh ada sebagai bubuk putih.
Asam Azelaat   Asam Azelaat

9.       Asam Sebakat (1,8-Asam Oktanadikarboksilat / Decanedioic Acid) adalah serpihan putih atau kristal bubuk. Hal ini diselesaikan dalam etanol, eter dan sedikit larut dalam air.


Asam Sebakat

10.   Asam Undecanadioat juga disebut 1,9-Nonanedicarboxylic acid, n-Nonane-omega, omega'-dicarboxylic acid dengan rumus struktur HOOC(CH2)9COOH.


Asam Undecanadioat

11.   Asam Dodekanadioat juga disebut 1,10-Decanedicarboxylic acid, 1,12-Dodecanedioic acid, Dodecane-1,12-dicarboxylic acid, n-Decane-omega,omega'-dicarboxylic acid.


Asam Dodekanadioat

12.   Brassylic Asam adalah asam dikarboksilat dengan 13 atom karbon, yang terjadi dalam jaringan tanaman dan hewan.


Brassylic Asam

13.   Asam Tetradecanedioat Disebut juga dengan nama 1,12-Dodecanedicarboxylic Acid dengan rumus struktur HOOC(CH2)12COOH.


Asam Tetradecanedioat

14.   Asam Maleat atau Asam (Z)-butenadioat atau asam toksilat adalah senyawa organik yang merupakan asam dikarboksilat. Molekul ini terdiri dari gugus etilena yang berikatan dengan dua gugus asam karboksilat. Asam maleat adalah isomer cis dari asam butenadioat,
Asam Maleat   Asam Maleat

15.   Asam Fumarat merupakan senyawa kimia yang memiliki rumus kimia HO2CCH=CHCO2H. Ia adalah senyawa kristal dan merupakan isomer asam dikarboksilat takjenuh asam maleat.
Asam Fumarat   Asam Fumarat

16.   Asam Tartarat (bahasa Inggris: tartaric acid, Racemic acid, (R,R)-Tartaric acid, DL-Tartaric acid, 2,3-Dihydroxybutanedioic acid, tartrate, Traubensaure, 2,3-Dihydroxysuccinic acid, Uvic acid, DL-Tartrate) merupakan senyawa organik turunan asam askorbat, seperti asam oksalat dan asam treonat.
Asam Tartarat   Asam Tartarat

17.   Asam Ftalat adalah asam dikarboksilat aromatik, dengan rumus C6H4 (CO2H) 2. Ini adalah isomer dari asam isoftalat dan asam tereftalat.
Asam Ftalat   Asam Ftalat

18.   Asam Isoftalat (Benzene-1,3-dicarboxylic acid, meta-Phthalic acid) merupakan senyawa organik dengan rumus C6H4 (CO2H) 2. Ini padat berwarna merupakan isomer dari asam ftalat dan asam tereftalat.
Asam Isoftalat   Asam Isoftalat

19.   Asam Tereftalat (Benzene-1,4-dicarboxylic acid, para-Phthalic acid)adalah senyawa organik dengan rumus C6H4 (COOH) 2. Ini padat berwarna merupakan bahan kimia komoditas, terutama digunakan sebagai prekursor untuk PET poliester, digunakan untuk membuat botol pakaian dan plastik. Beberapa miliar kilogram yang diproduksi setiap tahunnya. Ini adalah salah satu dari tiga asam ftalat isomerik.
Asam Tereftalat   Asam Tereftalat

Asam-asam dikarboksilat mempunyai harga tetapan keasaman (k) yang lebih tinggi dari asam asetat, karena gugus karboksil  : sebagai gugus penarik elektron membantu pemantapan muatan negatif pada ion mono karboksilat. 

            HOOC  -------------  CO2-

Makin dekat jarak dua gugus fungsi, makin kuat pengaruhnya.
Contoh :
Asam oksalat :  terdapat pada cairan sel tanaman bayam
Asam adipat :
HOOC – (CH2)4 -  COOH terdapat pada gula bit, ®  asam adipat diproduksi besar-besaran untuk bahan pembuatan NILON.   

Pengaruh panas pada macam-macam asam dikarboksilat bergantung pada strukturnya.
        200°C                                                            200°C
--------->--------->HOOC – COOH                   CO2  +  HCOOH                  CO  +  H2O
   Asam Oksalat                               Asam Format

       135°C
--------->HOOC – CH2 – COOH                  CO2  +  CH3 COOH 
       Asam Malonat                                       Asam Asetat

Berlangsung melalui keadaan transisi siklik, menghasilkan enol asam asetat yang kemudian berfaufomeri.


Baca Juga:


Demikian Artikel mengenai Asam Dwifungsi (Asam Dikarboksilat), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.