MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Furqaan dan Hubungannya dengan Surah Asy Syu’araa’

Penjelasan Lengkap Surah Al Furqaan dan Hubungannya dengan Surah Asy Syu’araa’
Add Comments
3/21/2017

Surah Al Furqaan Ayat 1-2


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan RahmatTaufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Furqaan secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Asy Syu’araa’. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Furqaan terdiri atas 77 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah MakkiyahSurah Al Furqaan Merupakan Surah Ke-25 didalam Al-Qur’an Setelah Surah An NuurDinamai Al Furqaan yang artinya Pembeda, diambil dari kata Al Furqaan yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini. Yang dimaksud dengan Al Furqaan dalam Ayat ini ialah Al-Qur’an.
Al-Qur’an dinamakan Al Furqaan karena dia Membedakan antara yang Haq dengan yang Batil. Maka pada Surah ini pun terdapat Ayat-ayat yang Membedakan antara Kebenaran Ke-esaan Allah Swt, dengan Kebatilan Kepercayaan Syirik.

Pokok-pokok isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Allah Swt, Maha Besar Berkah dan Kebaikan-Nya, Hanya Allah Swt, saja yang Menguasai Langit dan Bumi, Allah Swt, Tidak Punya Anak dan Sekutu, Al-Qur’an Benar-benar diturunkan dari Allah Swt, Ilmu Allah Swt, Meliputi Segala Sesuatu, Allah Swt, Bersemayam di Atas Arsy, Nabi Muhammad Saw, adalah Hamba Allah Swt, yang diutus ke Seluruh Alam, Rasul-rasul itu adalah Manusia Biasa yang Mendapat Wahyu dari Allah Swt, Pada Hari Kiamat akan terjadi Peristiwa-peristiwa Luar Biasa seperti Belahnya Langit, Turunnya Malaikat ke Bumi, dan Orang-orang Berdosa dihalau ke Neraka dengan Berjalan atas Muka Mereka.

2.       Hukum-hukum:
Tidak Boleh Mengabaikan Al-Qur’an, Larangan Menafkahkan Harta secara Boros atau Kikir, Larangan Membunuh atau Berzina, Kewajiban Memberantas Kekafiran dengan Mempergunakan Alasan Al-Qur’an, serta Larangan Memberikan Saksi Palsu.

3.       Kisah-Kisah:
Kisah-Kisah Nabi Musa a.s., Nabi Nuh a.s., serta Kaum Tsamud dan Kaum Syu'aib.

4.       Dan lain-lain:
Celaan-celaan Orang-orang Kafir terhadap Al-Qur’an, Kejadian-kejadian Alamiyah sebagai Bukti ke-Esaan dan Kekuasaan Allah Swt, Hikmah Al-Qur’an diturunkan secara Berangsur-angsur, Sifat-sifat Orang Musyrik antara lain Mempertuhankan Hawa Nafsu, dan Tidak Mempergunakan Akal, serta Sifat-sifat Hamba Allah Swt, yang Sebenarnya.

Surah Al Furqaan

Surah Al Furqaan Mengandung Penjelasan tentang Kebenaraan ke Esaan Allah Swt, kenabian Muhammad Saw, serta Peristiwa-peristiwa yang Terjadi pada Hari Kiamat dan Mengemukakan pula Kebatalan Kemusyrikan dan Kekafiran. Kejadian Alamiyah seperti Pergantian Siang dan Malam, Bertiupnya Angin, Turunnya Hujan dan lain-lain diterangkan Allah Swt, dalam Surah ini sebagai Bukti dari ke-Esaan dan Kekuasaan-Nya. Akibat Umat-umat yang Dahulu yang Ingkar dan Menentang Nabi-nabi dikisahkan pula secara Ringkas. Pada Bagian Terakhir, Allah Swt, Menerangkan Sifat-sifat yang terpuji dari hamba-Nya yang Beriman.

Hubungan Surah Al Furqaan Dengan Surah Asy Syu'araa'
1.   Beberapa Persoalan dalam Surah Al Furqaan diuraikan lagi secara Luas di dalam Surah Asy Syu'araa' yang antara lain beberapa Kisah Nabi-nabi.
2.   Masing-masing dari kedua Surah itu dimulai dengan Keterangan dari Allah Swt, Bahwa Al-Qur’an adalah Petunjuk Bagi Alam Semesta dan Membedakan Barang yang Hak dengan yang Batil, dan ditutup dengan Ancaman kepada Orang-orang yang Mendustakan.