MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah An Nuur dan Hubungannya dengan Surah Al Furqaan

Penjelasan Lengkap Surah An Nuur dan Hubungannya dengan Surah Al Furqaan
Add Comments
3/21/2017

 Surah An Nuur Ayat 1-2


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salamkepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Surah An Nuur - The Light

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah An Nuur secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Furqaan. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah An Nuur terdiri atas 64 Ayat, dan termasuk Golongan Surah-surah Madaniyah. Surah An Nuur Merupakan Surah Ke-24 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Mu’minuun. Dinamai An Nuur yang berarti Cahaya, diambil dari kata An Nuur yang terdapat pada Ayat ke 35. Dalam Ayat ini, Allah Swt, Menjelaskan tentang Nuur Ilahi, yakni Al-Qur’an yang Mengandung Petunjuk-petunjuk. Petunjuk-petunjuk Allah Swt, itu Merupakan Cahaya yang Terang Benderang Menerangi Alam Semesta. Surah ini sebagian Besar Isinya Memuat Petunjuk- petunjuk Allah Swt, yang Berhubungan dengan Soal Kemasyarakatan dan Rumah Tangga.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Kesaksian Lidah dan Anggota-anggota atas Segala Perbuatan Manusia pada Hari Kiamat, Hanya Allah Swt, yang Menguasai Langit dan Bumi, Kewajiban Rasul, Hanyalah Menyampaikan Agama Allah Swt, serta Iman Merupakan Dasar daripada diterimanya Amal Ibadah.

2.       Hukum-hukum:
Hukum-hukum sekitar Masalah Zina, Li'an dan Adab-adab Pergaulan di Luar dan di dalam Rumah Tangga.

3.       Kisah-Kisah:
Cerita tentang Berita Bohong terhadap Ummul Mu'minin 'Aisyah r.a.(Qishshatul Ifki).

4.       Dan lain-lain:
Semua Jenis Hewan diciptakan Allah Swt, dari Air, serta Janji Allah Swt, kepada Kaum Muslimin yang Beramal Saleh.

Surah An Nuur

Dalam Surah An Nuur terdapat Ayat-ayat Hukum dan Petunjuk-petunjuk Allah Swt, Bagi Manusia, baik yang Berhubungan dengan Hidup Kemasyarakatan Maupun dengan Hidup Berumah Tangga. Kesemuanya itu Merupakan Cahaya yang Menyinari Kehidupan Manusia dalam Menempuh Jalan yang Menuju kepada Kebahagiaan Dunia dan Akhirat.

Hubungan Surah An Nuur Dengan Surah Al Furqaan
1.   Surah An Nuur ini, ditutup oleh Allah Swt, dengan keterangan Bahwa Dialah yang Memiliki Langit dan Bumi serta Segala Isinya dan yang Mengaturnya Berdasarkan Hikmah dan Kemaslahatan yang dikehendaki-Nya. Dan Dia pulalah yang Berbuat Perhitungan terhadap Segala Amal Perbuatan Hamba-hamba-Nya pada Hari Kiamat. Maka dalam Surah Al Furqaan Allah Swt, Memulai dengan Menunjukkan Ketinggian-Nya baik pada Zat, Sifat-sifat, dan Perbuatan-Nya, dan Menunjukkan Pula Kecintaan-Nya kepada Hamba- hamba-Nya dengan dengan Menurunkan Al-Qur’ansebagai Pedoman Hidup bagi Mereka.
2.      Pada Akhir Surah An Nuur Allah Swt, Mewajibkan Kaum Muslimin Mengikuti Rasul-Nya, Nabi Muhammad Saw; serta Mengancam dengan Azab bagi Mereka yang Menentangnya, Maka pada Permulaan Surah Al Furqaan, Allah Swt, Menyebutkan Bahwa kepada Nabi Muhammad Saw, diberikan Al-Qur’anyang Membimbing Umat Manusia.
3.       Pada Masing-masing Umat digambarkan Keadaan Awan, Turunnya Hujan dan Penghijauan Bumi sebagai Bukti Kekuasaan Allah Swt,.
4.       Dalam Kedua Surah ini Allah Swt, Menjelaskan Bahwa Amal usaha Orang-orang Kafir pada Hari Kiamat Tidak diberi Pahala Barang Sedikitpun, dan Keduanya Menerangkan pula Asal Mula Kejadian Manusia.