MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Asy Syuura dan Hubungannya dengan Surah Az Zukhruf

Penjelasan Lengkap Surah Asy Syuura dan Hubungannya dengan Surah Az Zukhruf
Add Comments
7/19/2017

Surah Asy Syuura Ayat 1-6 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Asy Syuura secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Az Zukhruf. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Asy Syuura terdiri atas 53 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Fushshilat. Surah Asy Syuura Merupakan Surah Ke-42 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Fushshilat. Dinamai dengan Asy Syuura (Musyawarat) diambil dari perkataan Syuura yang terdapat pada Ayat 38 Surah ini. Dalam Ayat tersebut diletakkan salah satu dari Dasar-dasar Pemerintahan Islam ialah Musyawarat. Dinamai juga Haa Miim 'Ain Siin Qaaf  karena Surah ini dimulai dengan Huruf-huruf Hijaiyah itu.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Dalil-dalil tentang Allah Swt, Yang Maha Esa dengan menerangkan Kejadian Langit dan Bumi, Turunnya hujan, Berlayarnya kapal di Lautan dengan Aman dan sebagainya, Allah Swt, Memberi Rezki kepada Hamba-Nya dengan Ukuran tertentu sesuai dengan Kemaslahatan Mereka dan sesuai pula dengan Hikmah dan Ilmu-Nya, Allah Swt, Memberikan Anak Laki-laki dan P{erempuan kepada siapa yang dikehendaki-Nya, atau tidak memberi anak seorangpun, cara-cara Allah Swt, menyampaikan Perkataan-Nya kepada Manusia serta Pokok-pokok Agama yang dibawa para Rasul adalah sama.

2.       Hukum:
Tidak ada dasar untuk menuntut Orang yang mempertahankan diri.

3.       Dan lain-lain:
Keterangan bagaimana keadaan Orang-orang Kafir dan keadaan Orang-orang Mukmin nanti di Akhirat, memberi ampun lebih baik dari pada membalas dan membalas jangan sampai melampaui batas, Orang-orang Kafir mendesak Nabi Muhammad Saw, supaya Hari Kiamat disegerakan Datangnya serta Kewajiban Rasul hanya Menyampaikan Risalahnya.

Surah Asy Syuura - Musyawarah

Surah Asy Syuura dimulai dengan Menerangkan hal-hal yang Berhubungan dengan Wahyu, Keimanan, Al-Qur’anyang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, Benar-benar berasal dari Allah Swt, Agama yang dibawa Nabi Muhammad Saw, sama P{okok-pokoknya dengan Agama yang dibawa para Rasul yang dahulu, janji kepada Orang-orang Mukmin dan ancaman kepada Orang-orang Kafir. Surah ini ditutup dengan menerangkan bagaimana caranya Allah Swt, Berhubungan dengan Manusia.

Hubungan Surah Asy Syuura Dengan Surah Az Zukhruf
1.     Kedua Surah ini sama-sama dimulai dengan Pembicaraan mengenai Al-Qur’anyang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
2.   Kedua Surah ini sama-sama mengutarakan bagaimana Sikap Orang-orang Kafir terhadap Al-Qur’an dan Mengemukakan Dalil-dalil atas Keesaan dan Kekuasaan Allah Swt,.