MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Mulk dan Hubungannya dengan Surah Al Qalam

Penjelasan Lengkap Surah Al Mulk dan Hubungannya dengan Surah Al Qalam
Add Comments
8/02/2017



Surah Al Mulk Ayat 1-12

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Mulk secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Qalam. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Mulk terdiri atas 30 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Ath Thuur. Surah Al Mulk Merupakan Surah Ke-67 didalam Al-Qur’an Setelah Surah At Tahrim. Nama Al Mulk diambil dari kata Al Mulk yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini yang artinya Kerajaan atau Kekuasaan. Dinamai pula Surah ini dengan At Tabaarak (Maha Suci).

Pokok-pokok isinya, ialah:
Hidup dan Mati Ujian bagi Manusia, Allah Swt, Menciptakan Langit Berlapis-lapis dan semua Ciptaan-Nya mempunyai Keseimbangan, Perintah Allah Swt, untuk memperhatikan isi Alam Semesta, Azab yang diancamkan terhadap Orang-orang Kafir, dan Janji Allah Swt, kepada Orang-orang Mukmin, Allah Swt, menjadikan Bumi sedemikian rupa hingga mudah bagi manusia untuk mencari Rezki, Peringatan Allah Swt, kepada Manusia tentang sedikitnya Mereka yang Bersyukur kepada Nikmat Allah Swt,.

Surah Al Mulk

Surah Al Mulk Menunjukkan Bukti-bukti Kebesaran dan Kekuasaan Allah Swt, yang terdapat di Alam Semesta dan Menganjurkannya agar Manusia Memperhatikannya dengan Seksama sehingga Mereka Beriman kepada-Nya. Bilamana Manusia itu tetap Mengingkari, Allah Swt, akan Menjatuhkan Azab kepada Mereka. 

Hubungan Surah Al Mulk Dengan Surah Al Qalam
1.     Pada Akhir Surah Al Mulk, Allah Swt, Mengancam Orang yang Tidak Bersyukur kepada Nikmat Allah Swt, dengan Mengeringkan Bumi atas Mereka, sedang dalam Surah Al Qalam diberikan contoh tentang Azab terhadap Orang-orang yang tidak Bersyukur terhadap Nikmat Allah Swt,.
2.      Kedua Surah ini sama-sama memberikan Ancaman kepada Orang-orang Kafir.