MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Qaaf dan Hubungannya dengan Surah Adz Dzaariyaat

Penjelasan Lengkap Surah Qaaf dan Hubungannya dengan Surah Adz Dzaariyaat
Add Comments
7/28/2017

Surah Qaaf Ayat 1-15

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Qaaf secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahAdz Dzaariyaat. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Qaaf terdiri atas 45 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyahditurunkan sesudah Surah Al Murssalaat. Surah Qaaf Merupakan Surah Ke-50 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Hujuraat. Dinamai Qaaf karena Surah ini dimulai dengan huruf Qaaf. Menurut Hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, Bahwa Rasulullah Saw, senang membaca Surah ini pada Rakaat Pertama Sholat Subuh dan pada Shalat Hari Raya. Sedang menurut Riwayat Abu Daud, Al Baihaqy dan Ibnu Majah Bahwa Rasulullah Saw, membaca Surah ini pada tiap-tiap membaca Khutbah pada Hari Jum'at. Kedua Riwayat ini menunjukkan Bahwa Surah Qaaf sering dibaca Nabi Muhammad Saw, di tempat-tempat umum, untuk memperingatkan Manusia tentang kejadian Mereka dan Nikmat-nikmat yang diberikan kepadanya, begitu pula tentang Hari Berbangkit, Hari Berhisab, Syurga, Neraka, Pahala, Dosa, dsb. Surah ini dinamai juga Al Baasiqaat, diambil dari perkataan Al-Baasiqaat yang terdapat pada Ayat 10 Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Setiap Manusia pada Hari Kiamat akan hadir di padang Mahsyar diiring-kan oleh dua OrangMalaikat, yang Seorang sebagai pengiringnya, dan yang Seorang lagi sebagai saksi atas segala perbuatannya di Dunia. Kebangkitan Manusia dari Kubur digambarkan sebagai Tanah yang Kering, setelah disirami Hujan Hidup kembali, Allah Swt, lebih dekat kepada Manusia dari Urat Lehernya sendiri,Tiap-tiap Manusia didampingi oleh Malaikat yang selalu mencatat segala perbuatannya,serta Allah Swt,Menciptakan Langit dan Bumi dan apa yang ada antara Keduanya dalam Enam Masa.

2.       Hukum-hukum:
Anjuran Bertasbih dan Bertahmid kepada Tuhan pada Waktu-waktu Malam sebelum Terbit dan Terbenam Matahari dan Sesudah Mengerjakan Shalat. Perintah Allah Swt, kepada Rasul-Nya agar memberi peringatan dengan Ayat-ayatAl-Qur’ankepada Orang yang Beriman, serta anjuran memperhatikan kejadian Langit dan Bumi.

3.       Dan lain-lain:
Keingkaran Orang-orangMusyrik terhadap Kenabian dan Hari Berbangkit,Hiburan kepada Nabi Muhammad Saw, agar jangan berputus asa dalam menghadapi keingkaran Orang-orangKafir Mekkah, karena Rasul-rasul dahulu juga menghadapi keingkaran Kaumnya masing-masing,Al-Qur’an adalah sebagai Peringatan kepada Orang-orang yang takut kepada ancaman Allah Swt,.

Surah Qaaf

Sebagaimana halnya Surah-surahMakkiyah pada umumnya, maka SurahQaaf mengemukakan hal-hal yang berhubungan dengan Kebangkitan, Syurga dan Neraka, mengemukakan Bahwa keingkaran Orang-orangKafir kepada Nabi itu adalah wajar, karena Rasul-rasul dahulu juga diingkari dan didustakan oleh Umat-umatnya.

Hubungan SurahQaafDengan SurahAdz Dzaariyaat
1.     Pada SurahQaafdisebutkan hal-hal mengenai Hari Berbangkit, Pembalasan, Syurga dan Neraka, sedang SurahAdz Dzaariyaat dimulai dengan menerangkan Bahwa semua itu adalah Benar dan Pembalasan pada Hari Kiamat itu Benar akan Terlaksana.
2.    Pada SurahQaafdisebutkan secara sepintas lalu pembinasaan umat-umat dahulu yang mendustakan Rasul-rasul sedang pada SurahAdz Dzaariyaatditerangkan keadaan Mereka dengan agak terperinci.