MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al A’laq dan Hubungannya dengan Surah Al Qadr

Penjelasan Lengkap Surah Al A’laq dan Hubungannya dengan Surah Al Qadr
Add Comments
8/04/2017



Surah Al A’laq Ayat 1-19

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al A’laq secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Qadr. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al 'Alaq terdiri atas 19 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah. Ayat 1 sampai dengan 5 dari Surah ini adalah Ayat-ayat Al-Qur’an yang pertama sekali diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad Saw, Berkhalwat di Gua Hira'. Surah Al 'Alaq Merupakan Surah Ke-96 didalam Al-Qur’an Setelah Surah At Tiin. Surah ini dinamai Al 'Alaq (Segumpal Darah), diambil dari Perkataan Alaqyang terdapat pada Ayat 2 Surah ini. Surah ini dinamai juga dengan Iqraatau Al Qalam.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Perintah Membaca Al-Qur’an, Manusia dijadikan dari Segumpal Darah, Allah Swt, menjadikan Kalam sebagai alat mengembangkan Pengetahuan, Manusia bertindak melampaui batas karena merasa dirinya serba cukup, serta Ancaman Allah Swt, terhadap Orang-orang Kafir yang menghalang-halangi Kaum Muslimin melaksanakan Perintah-Nya.

Surah Al 'Alaq menerangkan bahwa Allah Swt, menciptakan Manusia dari benda yang Hina kemudian memuliakannya dengan mengajar Membaca, Menulis dan memberinya Pengetahuan. Tetapi Manusia tidak ingat lagi akan asalnya, karena itu dia tidak Mensyukuri Nikmat Allah Swt, itu bahkan dia bertindak melampaui batas karena melihat dirinya telah merasa serba cukup.

Hubungan Surah Al 'Alaq Denga Surah Al Qadr
Pada Surah Al 'Alaq Allah Swt, memerintahkan agar Rasulullah Saw, Membaca Al-Qur’an, sedangkan pada Surah Al Qadr Allah Swt, menerangkan tentang Permulaan turunnya Al-Qur’an.