MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Fajr dan Hubungannya dengan Surah Al Balad

Penjelasan Lengkap Surah Al Fajr dan Hubungannya dengan Surah Al Balad
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Fajr Ayat 1-22

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Fajr secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Balad. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Fajr terdiri atas 30 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al Lail. Surah Al Fajr Merupakan Surah Ke-89 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Ghaasyiyah. Nama Al Fajr diambil dari kata Al Fajr yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini yang artinya Fajar.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Allah Swt, Bersumpah Bahwa Azab terhadap Orang-orang Kafir tidak akan dapat dielakkan, beberapa contoh dari Umat-umat yang sudah dibinasakan, Kenikmatan Hidup atau Bencana yang dialami oleh seseorang bukanlah tanda Penghormatan atau Penghinaan Allah Swt, kepadanya, melainkan Cobaan Belaka, Celaan terhadap Orang-orang yang tidak mau memelihara Anak Yatim dan tidak memberi makan Orang Miskin, Kecaman terhadap Orang yang memakan Harta Warisan dengan Campur Aduk dan Orang yang amat mencintai Harta, Malapetaka yang dihadapi Orang-orang Kafir di Hari Kiamat, serta Orang-orang yang Berjiwa Muthmainnah (Tenang) mendapat kemuliaan di sisi Allah Swt,.

Surah Al Fajr

Surah Al Fajr mengemukakan contoh Umat yang ditimpa Azab dan beberapa Sifat-sifat Manusia yang tercela, serta menegaskan kemuliaan yang diberikan Allah Swt, kepada Orang yang Berjiwa tenang.

Hubungan Surah Al Fajr Dengan Surah Al Balad
1.     Dalam Surah Al Fajr terdapat celaan kepada Orang yang amat mencintai Harta Warisan dengan Campur Aduk dan tidak membantu Orang-orang Miskin, sedangkan pada Surah Al Balad dijelaskan penggunaan Harta yang terpuji di sisi Allah Swt, yaitu Memerdekakan Hamba Sahaya, Memberi makan Anak Yatim dan Anak-anak Miskin.
2.      Pada Akhir Surah Al Fajr Manusia dibagi kepada Ahli Neraka dan Ahli Syurga. Sedangkan pada Surah Al Balad disebutkan Bahwa Manusia dibagi kepada Golongan Kanan dan Golongan Kiri.