MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Kautsar dan Hubungannya dengan Surah Al Kaafiruun

Penjelasan Lengkap Surah Al Kautsar dan Hubungannya dengan Surah Al Kaafiruun
Add Comments
8/08/2017

Surah Al Kautsar Ayat 1-3

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Kautsar secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahAl Kaafiruun. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Kautsar terdiri atas 3 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah diturunkan sesudah Surah Al 'Aadiyaat. Surah Al Kautsar Merupakan Surah Ke-108 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Maa’uun. Dinamai Al Kautsar (Nikmat yang Banyak) diambil dari perkataan Al Kautsar yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini.Surah ini sebagai Penghibur Hati Nabi Muhammad Saw,.

Pokok-pokok isinya:
Allah Swt, telah melimpahkan Nikmat yang Banyak karena itu Bersembahyang dan Berkorbanlah, Nabi Muhammad Saw, akan mempunyai Pengikut yang yang banyak sampai Hari Kiamat dan akan mempunyai Nama yang baik di Dunia dan di Akhirat, tidak sebagai yang dituduhkan pembenci-pembencinya.

Surah Al Kautsar menganjurkan agar Orang selalu Beribadah kepada Allah Swt, dan Berkorban sebagai tanda Bersyukur atas Nikmat yang telah dilimpahkan-Nya.

Hubungan Surah Al Kautsar Dengan Surah Al Kaafiruun
Dalam Surah Al Kautsar Allah Swt, memerintahkan agar memperhambakan diri kepada Allah Swt, sedangkan dalam SurahAl Kaafiruun Perintah tersebut ditandaskan lagi.