MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Muddatstsir dan Hubungannya dengan Surah Al Qiyaamah

Penjelasan Lengkap Surah Al Muddatstsir dan Hubungannya dengan Surah Al Qiyaamah
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Muddatstsir Ayat 1-10

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Muddatstsir secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Qiyaamah. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Muddatstsir terdiri atas 56 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al Muzzammil. Surah Al Muddatstsir Merupakan Surah Ke-74 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Muzzammil. Dinamai Al Muddatstsir (Orang yang Berkemul) diambil dari perkataan Al Muddatstsir yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Perintah untuk mulai Berda´wah Mengagungkan Allah Swt, Membersihkan Pakaian, Menjauhi Maksiat, memberikan sesuatu dengan Ikhlas dan Bersabar dalam menjalankan Perintah dan menjauhi Larangan Allah Swt, Allah Swt, akan mengazab Orang-orang yang menentang Nabi Muhammad Saw, dan mendustakan Al-Qur’an, serta tiap-tiap Manusia terikat dengan apa yang ia usahakan.

Surah Al Muddatstsir mengandung Perintah Allah Swt, kepada Nabi Muhammad Saw, untuk melakukan Da´wah, disertai ancaman bagi orang yang menghalang-halangi Da´wah.

Hubungan Surah Al Muddatstsir Dengan Surah Al Qiyaamah
1.       Surah Al Muddatstsir menerangkan Bahwa walaupun keterangan apa saja yang dikemukakan kepada orang Kafir Mereka tidak percaya kepada adanya Hari Akhirat dan tidak takut kepadanya, sedangkan pada Surah Al Qiyaamah, Allah Swt, menegaskan Bahwa Hari Kiamat itu pasti terjadi disertai dengan Bukti-buktinya.
2.       Dalam Surah Al Muddatstsir diterangkan Bahwa Orang-orang Kafir mendustakan Al-Qur’an, sedangkan dalam Surah Al Qiyaamah Allah Swt, menjamin tetapnya Al-Qur’an dalam Ingatan Nabi dan mengajarkan Bacaannya.