MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Mujaadilah dan Hubungannya dengan Surah Al Hasyr

Penjelasan Lengkap Surah Al Mujaadilah dan Hubungannya dengan Surah Al Hasyr
Add Comments
8/02/2017



Surah Al Mujaadilah Ayat 1-6

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Mujaadilah secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Hasyr. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surat Al Mujaadilah terdiri atas 22 Ayat, termasuk Golongan Surat Madaniyyah, diturunkan sesudah Surat Al Munaafiquun. Surah Al Mujaadilah Merupakan Surah Ke-58 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Hadiid. Surat ini dinamai dengan Al Mujaadilah (Wanita yang Mengajukan Gugatan) karena pada Awal Surat ini disebutkan Bantahan Seorang Perempuan, menurut Riwayat bernama Khaulah binti Tsa'labah terhadap sikap Suaminya yang telah Menzhiharnya. Hal ini diadukan kepada Rasulullah Saw, dan ia menuntut supaya Beliau memberikan Putusan yang Adil dalam Persoalan itu. Dinamai juga Al Mujaadalahyang berarti Perbantahan.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Hukum-hukum:
Hukum Zhihar dan Sangsi-sangsi bagi Orang yang melakukannya bila ia menarik kembali Perkataannya, serta Larangan menjadikan musuh Allah Swt, sebagai teman.

2.       Dan lain-lain:
Menjaga adab Sopan Santun dalam suatu Majlis Pertemuan, dan Adab Sopan Santun terhadap Rasulullah Saw,.

Surah Al Mujaadilah - The Women Who Disputes

Surat ini menerangkan tentang Zhihar dan Hukumnya, Larangan mengambil Orang Kafir sebagai Teman Akrab serta beberapa hal yang Berhubungan dengan Adab Sopan Santun.

Hubungan Surat Al Mujaadilah Dengan Surat Al Hasyr
1.     Pada akhir Surat Al Mujaadilah Allah Swt, menyatakan Bahwa Agama Allah Swt, akan Menang, yaitu Pengusiran Bani Nadhir dari Madinah.
2.     Dalam Surat Al Mujaadilah Allah Swt, menyebutkan Bahwa Orang-orang yang menentang Allah Swt, dan Rasul-Nya akan mendapat Kebinasaan, sedang pada Surat Al Hasyr Allah Swt, menyebutkan Bahwa Orang-orang yang Menentang Allah Swt, dan Rasul-Nya akan mendapat Azab yang Sangat.
3.    Dalam Surat Al Mujaadilah Allah Swt, menyebutkan Hal-hal Orang-orang Munafik dan Orang-orang Yahudi dan bagaimana Mereka bantu membantu dalam Memusuhi Kaum Muslim, sedang dalam Surat Al Hasyr disebutkan Kekalahan yang menimpa Mereka dan Persatuan Mereka tidak dapat menolong Mereka sedikitpun.