MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Mursalaat dan Hubungannya dengan Surah An Naba’

Penjelasan Lengkap Surah Al Mursalaat dan Hubungannya dengan Surah An Naba’
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Mursalaat Ayat 1-25

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Mursalaat secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah An Naba’. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Mursalaat terdiri atas 50 ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al Humazah. Surah Al Mursalaat Merupakan Surah Ke-77 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Insaan. Dinamai Al Mursalaat (Malaikat-Malaikat yang diutus), diambil dari perkataan Al Mursalaat yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini. Dinamai juga Amma Yatasaa Aluun diambil dari perkataan Amma Yatasaa Aluunyang terdapat pada Ayat ke-1 Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Penegasan Allah Swt, Bahwa semua yang diancamkan-Nya pasti terjadi, Peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum Hari Berbangkit, Peringatan Allah Swt, akan Kehancuran Umat-umat yang dahulu yang mendustakan Nabi-nabi dan Asal kejadian Manusia dari Air yang Hina, serta keadaan Orang-orang Kafir dan Orang Mukmin di Hari Kiamat.

Surah Al Mursalaat

Surah Al Mursalaat menerangkan Azab yang akan diderita oleh Orang-orang yang menolak Kebenaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw, sebagaimana azab yang diderita Umat-umat yang dahulu yang menolak Kebenaran yang dibawa Rasul-rasul mereka.

Hubungan Surah Al Mursalaat Dengan Surah An Naba´
1.     Kedua Surah ini sama-sama menerangkan keadaan Neraka tempat Orang-orang Kafir menerima Azab, dan keadaan Syurga tempat Orang-orang yang Bertakwa merasakan Nikmat Allah Swt,.
2.      Dalam Surah Al Mursalaat diterangkan tentang Yauml Fashl (Hari Keputusan) secara umum sedangkan Surah An Naba´ menjelaskannya.