MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Qadr dan Hubungannya dengan Surah Al Bayyinah

Penjelasan Lengkap Surah Al Qadr dan Hubungannya dengan Surah Al Bayyinah
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Qadr Ayat 1-5

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Qadr secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Bayyinah. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Qadr terdiri atas 5 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah 'Abasa. Surah Al QadrMerupakan Surah Ke-97 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al 'Alaq. Surah ini dinamai Al Qadr (Kemuliaan), diambil dari perkataan Al Qadr yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Al-Qur’an dimulai diturunkan pada Malam Lailatul Qadr, yang nilainya lebih dari Seribu Bulan, para Malaikat dan Jibril turun ke Dunia pada Malam Lailatul Qadr untuk mengatur segala urusan.

Pada Surah Al Qadr ini diterangkan bahwa Permulaan Al-Qur’an diturunkan ialah pada Malam Lailatul Qadr dan diterangkan juga Ketinggian Malam Lailatul Qadr itu.

Hubungan Surah Al Qadr Dengan Surah Al Bayyinah
Surah Al Qadr menerangkan tentang permulaan Al-Qur’an diturunkan, sedang Surah Al Bayyinah menerangkan salah satu sebab Allah Swt, menurunkan Al-Qur’an.