MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Muthaffifiin dan Hubungannya dengan Surah Al Insyiqaaq

Penjelasan Lengkap Surah Al Muthaffifiin dan Hubungannya dengan Surah Al Insyiqaaq
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Muthaffifiin Ayat 1-11

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Muthaffifiin secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Insyiqaaq. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Muthaffifiin terdiri atas 36 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al 'Ankabuutdan merupakan Surah yang Terakhir di Mekkah sebelum Hijrah. Surah Al Muthaffifiin Merupakan Surah Ke-83 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Infithaar. Al Muthaffifiin yang dijadikan nama bagi Surah ini diambil dari kata Al Muthaffifiin yang terdapat pada Ayat Pertama.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Ancaman Allah Swt, terhadap Orang-orang yang mengurangi Hak Orang lain dalam Timbangan, Ukuran dan Takaran, Catatan Kejahatan Manusia dicantumkan dalam Sijjiin sedang catatan Kebajikan Manusia dicantumkan dalam 'Illiyyiin, Balasan dan Macam-macam Kenikmatan bagi Orang yang Berbuat Kebajikan, Sikap dan Pandangan Orang-orang Kafir di Dunia terhadap Orang-orang yang Beriman, serta sikap Orang-orang yang Beriman di Akhirat terhadap Orang-orang Kafir.

Surah Al Muthaffifiin

Surah Al Muthaffifiinmengandung Ancaman-ancaman terhadap Orang-orang Kafir dan Orang-orang yang melakukan Kecurangan, di samping itu memberikan Janji yang Baik kepada Mereka yang Beriman dan melakukan Kebajikan.

Hubungan Surah Al Muthaffiffiin Dengan Surah Al Insyiqaaq
1.     Dalam Surah Al Muthaffiffiin Allah Swt, menerangkan Bahwa segala Amal Perbuatan Manusia, yang Baik maupun yang Buruk tercatat dalam suatu Buku yang Terpelihara. Dalam Surah Al Insyiqaaq Allah Swt, menjelaskan Bahwa Buku-buku catatan itu akan diberikan kepada Manusia pada Hari Kiamat dan cara bagaimana Pemberiannya.
2.     Dalam kedua Surah ini Allah Swt, juga menggambarkan Ancaman bagi Orang yang Kafir dan Ganjaran yang tak terhingga bagi Orang-orang yang Beriman.