MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Ash Shaff dan Hubungannya dengan Surah Al Jumu’ah

Penjelasan Lengkap Surah Ash Shaff dan Hubungannya dengan Surah Al Jumu’ah
Add Comments
8/02/2017



Surah Ash Shaff Ayat 1-4

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Ash Shaff secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Jumu’ah. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Ash Shaff terdiri atas 14 Ayat termasuk Golongan Surah-surah Madaniyyah. Surah Ash Shaff Merupakan Surah Ke-61 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Mumtahanah. Dinamai dengan Ash Shaff, karena pada Ayat 4 Surah ini terdapat kata Shaffanyang berarti Satu Barisan. Ayat ini menerangkan apa yang Diridhai Allah Swt, sesudah menerangkan apa yang Dimurkai-Nya. Pada Ayat 3 diterangkan Bahwa Allah Swt, Murka kepada Orang yang hanya Pandai Berkata saja tetapi tidak melaksanakan apa yang diucapkannya. Dan pada Ayat 4 diterangkan Bahwa Allah Swt, Menyukai Orang yang Mempraktekkan apa yang diucapkannya yaitu Orang-orang yang Berperang pada jalan Allah Swt, dalam Satu Barisan.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Semua yang Ada di Langit dan di Bumi Bertasbih kepada-Nya, Anjuran Berjihad pada Jalan Allah Swt,. Pengikut-pengikut Nabi Musa dan Nabi Isa a.s. Pernah mengingkari Ajaran-ajaran Nabi Mereka. Demikian pula Kaum Musyrikin Mekah ingin hendak memadamkan Cahaya Allah Swt, (Agama Islam). Ampunan Allah Swt, dan Syurga tak dapat dicapai dengan Iman dan Berjuang Menegakkan Kalimah Allah Swt, dengan Harta dan Jiwa.

Surah Ash Shaff

Surah ini menganjurkan supaya Orang-orang Mukmin selalu menyesuaikan Ucapan dengan Perbuatan, dan Menerima Tawaran Allah Swt, yaitu Ampunannya dan Syurga dapat dicapai dengan Iman dan Berjihad di Jalan Allah Swt, dengan Harta dan Jiwa.

Hubungan Surah Ash Shaff Dengan Surah Al Jumu'ah
1.     Sama-sama dimulai dengan Sabbaha Lillahi Bertasbih kepada Allah Swt, dan Bahwa Allah Swt, Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
2.     Pada Surah Ash Shaff diterangkan Bahwa Orang-orang Yahudi itu adalah Kaum yang Sesat dan Fasik, sedang pada Surah Al Jumu'ahditerangkan lagi Bahwa Mereka adalah Orang yang Bodoh seperti Keledai yang membawa Buku-buku yang banyak, tetapi tidak dapat memahaminya.