MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Asy Syams dan Hubungannya dengan Surah Al Lail

Penjelasan Lengkap Surah Asy Syams dan Hubungannya dengan Surah Al Lail
Add Comments
8/04/2017



Surah Asy Syams Ayat 1-12

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Asy Syams secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Lail. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Asy Syams terdiri atas 15 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al Qadar. Surah Asy Syams Merupakan Surah Ke-91 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Balad. Dinamai Asy Syams (Matahari) diambil dari Perkataan Asy Syams yang terdapat pada Ayat Permulaan Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Kaum Tsamud telah dihancurkan Allah Swt, karena Kedurhakaannya. Allah Swt, Membayangkan Bahwa Hal ini adalah mudah Bagi-Nya, sebagaimana mudahnya menciptakan Benda-benda Alam, Siang dan Malam, dan Menciptakan Jiwa yang tersebut dalam Sumpah-Nya, Allah Swt, Memberitahukan kepada Manusia Jalan Ketakwaan dan Jalan Kekafiran, serta Manusia mempunyai Kebebasan memilih antara Kedua Jalan itu.

Surah Asy Syams berisi Dorongan kepada Manusia untuk Membersihkan Jiwanya agar mendapat Keberuntungan di Dunia dan di Akhirat dan menyatakan bahwa Allah Swt, akan menimpakan Azab kepada Orang-orang yang mengotori Jiwanya seperti halnya Kaum Tsamud.

Hubungan Surah Asy Syams Dengan Surah Al Lail
Surah Asy Syams menerangkan bahwa Orang yang Mensucikan Jiwanya akan Memperoleh Keberuntungan dan Orang yang mengotori Jiwanya akan diazab Allah Swt, sedangkan Surah Al Lail menerangkan Perbuatan yang Mensucikan Jiwa itu sehingga menghasilkan Keuntungan dan Kerbuatan yang Mengotorkan Jiwa sehingga menghasilkan Kerugian.