MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Ath Thaariq dan Hubungannya dengan Surah Al A’laa

Penjelasan Lengkap Surah Ath Thaariq dan Hubungannya dengan Surah Al A’laa
Add Comments
8/04/2017



Surah Ath Thaariq

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Ath Thaariq secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al A’laa. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Ath Thaariq terdiri atas 17 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al Balad. Surah Ath Thaariq Merupakan Surah Ke-86 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Buruuj. Dinamai Ath Thaariq (yang Datang di Malam Hari) diambil dari Perkataan Ath Thaariq yang terdapat pada Ayat ke-1 Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Tiap-tiap Jiwa selalu dipelihara dan diawasi Allah Swt, merenungkan Asal Kejadian Diri sendiri yaitu dari Air Mani akan Menghilangkan Sifat Sombong dan Takabur, Allah Swt, Kuasa menghidupkan Manusia kembali pada Hari Kiamat, pada Hari itu tidak ada Kekuatan yang dapat menolong selain Allah Swt, serta Al-Qur’an adalah Pemisah antara yang Hak dan yang Batil.

Surah Ath Thaariq menerangkan Bahwa tiap-tiap Diri tidak luput dari Pengawasan Allah Swt, Sebagaimana Allah Swt, Menciptakan Manusia, maka Allah Swt, dapat pula menghidupkan kembali bila ia telah Mati, keterangan tentang Al-Qur’an, serta Bujukan kepada Nabi Muhammad Saw, terhadap tipu daya Orang-orang Kafir.

Hubungan Surah Ath Thaariq Dengan Surah Al A'laa
Pada Surah Ath Thaariq diterangkan tentang Penciptaan Manusia dan diisyaratkan pula Penciptaan Tumbuh-tumbuhan, sedangkan pada Surah Al A'laa diterangkan Bahwa Allah Swt, Menciptakan Alam dengan sempurna dan dengan ukuran-ukuran tertentu.