MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah An Najm dan Hubungannya dengan Surah Al Qamar

Penjelasan Lengkap Surah An Najm dan Hubungannya dengan Surah Al Qamar
Add Comments
8/02/2017



Surah An Najm Ayat 1-25

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah An Najm secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Qamar. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah An Najm terdiri atas 62 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al Ikhlash. Surah An Najm Merupakan Surah Ke-53 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Ath Thuur. Nama An Najm(Bintang), diambil dari Perkataan An Najm yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini. Allah Swt, Bersumpah dengan An Najm (Bintang) adalah karena Bintang-bintang yang Timbul dan Tenggelam, amat besar manfaatnya bagi Manusia, sebagai pedoman bagi Manusia dalam melakukan pelayaran di Lautan, dalam perjalanan di padang pasir, untuk menentukan peredaran musim dan sebagainya.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Al-Qur’an adalah Wahyu Allah Swt, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, dengan Perantaraan Malaikat Jibril a.s., Kebatilan penyembah Berhala, Tak ada Seseorangpun Memberi Syafa'at tanpa izin Allah Swt, serta Tiap-tiap Orang hanya memikul Dosanya Sendiri.

2.       Hukum-hukum:
Kewajiban menjauhi dosa-dosa besar; kewajiban bersujud dan menyembah Allah saja;

3.       Dan lain-lain:
Nabi Muhammmad Saw, melihat Malaikat Jibril 2 kali dalam bentuk Aslinya, yaitu sekali waktu menerima Wahyu Pertama dan sekali lagi di Sidratul Muntaha, Anjuran supaya Manusia jangan mengatakan dirinya Suci karena Allah Swt, sendirilah yang mengetahui siapa yang Takwa kepada-Nya, Orang-orang musyrik selalu Memperolok-olok- kan Al-Qur’an.

Surah Najm

Surah An Najm Mengandung Hal-hal yang Berhubungan dengan Penegasan Risalah Nabi Muhammad Saw, dan Al-Qur’anadalah Wahyu dari Allah Swt, menerangkan kebatalan berhala-berhala yang disembah Orang-orang Musyrik yang tidak dapat memberi manfaat dan mudharat, menerangkan sifat Orang-orang yang Muhsin. Dan Surah ini juga menyebutkan sebahagian Hakekat Islam yang tersebut pada Suhuf-suhuf Nabi Musa a.s dan Suhuf-suhuf Nabi Ibrahim a.s.

Hubungan Surah An Najm Dan Surah Al Qamar
1.       Pada akhir Surah An Najm disebutkan hal yang mngenai Hari Kiamat, sedang pada awal Surah Al Qamar disebutkan pula hal itu.
2.      Dalam Surah An Najmdisinggung secara sepintas lalu keadaan Umat-umat yang terdahulu, sedang pada Surah Al Qamar disebutkan pula keadaan Umat-umat yang terdahulu yang mendustakan Rasul-rasul Mereka.