MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Pengertian, Syarat Pemilihan Pompa ESP Serta Keuntungan & Kerugian

Pengertian, Syarat Pemilihan Pompa ESP Serta Keuntungan & Kerugian
Add Comments
6/25/2019


Pompa ESP

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Pompa ESP apa saja Syarat-syarat Pemilihan Pompa ESP serta Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Pompa ESP. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Pengertian Umum Pompa ESP
Electrical Submersible Pump adalah pompa yang dibuat atas dasar pompa sentrifugal bertingkat (stage) banyak dimana setiap tingkat mempunyai impeller, bagian berputaryang fungsinya memberikan kecepatan terhadap cairan yang dipompakan dan diffuser adalah bagian yang diam berfungsi mengubah tenaga yang berupa kecepatan tinggi menjadi kecepatan rendah tetapi memiliki tenaga tinggi. Pompa ESP secara keseluruhan dari pompa dan motornya ditenggelamkan kedalam cairan,pompa ini digerakkan dengan motor listrik melalui suatu poros motor (shaf) yang memutar sudu-sudu impeller pompa. Peraturan ini menimbulkan gaya sentrifugal yang digunakan untuk mendorong pompa ke permukaan.

Syarat-syarat Pemilihan Pompa ESP
1.        Tekanan formasi sudah mulai mengecil atau tidak ekonomis
2.        Laju produksi antara 200 -  60.000 STB/day
3.        Produktivity index masih tinggi
4.        Sumur tidak mempunyai problem kepasiran
5.        Tersedia peralatan ESP

Keuntungan dan Kerugian penggunaan pompa ESP
Keuntungan
1.        Dapat beroperasi pada kecepatan tinggi
2.        Ruangan untuk penempatan pompa kecil
3.        Mampu memompa fluida dengan capasitas besar dan aliran kontnyu
4.        Dapat memisahkan gas yang mungkin mengganggu proses pengisapan.
  
Kerugian
1.        Menghasilkan head yang rendah
2.        Pompa sentrifugal didesain beroperasi pada putaran yang tetap
3.        Kurang baik pada sumur yang memiliki problem kepasiran
4.        Dilakukan priming.


Demikian Artikel mengenai Pompa ESP apa saja Syarat-syarat Pemilihan Pompa ESP serta Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Pompa ESP, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.