MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Contoh Soal dan Jawaban - Kimia Organik

Contoh Soal dan Jawaban - Kimia Organik
Add Comments
7/17/2019


Kimia Organik

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan berbagi Contoh Soal dan Jawaban Materi Kimia Organik. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Kali ini kami akan berbagi Contoh Soal dan Jawaban Materi Kimia Organik, langsung saja berikut Contoh Soal dan Jawabannya.

Soal Pilihan Ganda:
1.        Gugus fungsi Aldehid dan Keton secara berurut, yaitu:
A.   -CO dan -CO-
B.    -CO- dan -CHO
C.    -CHO dan -CO-
D.   -C- dan -CO-

2.        Sifat Asam Karboksilat yaitu:
A.   Asam Kuat
B.    Asam Lemah
C.    Basa Lemah
D.   Basa Lemah

3.        Asam karboksilat atau asam alkanoat adalah senyawa karbon turunan alkana yang mengandung:
A.   Gugus fungsi karboksil -COOH yang terikat ke suatu gugus alkil R
B.    Gugus fungsi karboksil -CHO yang terikat ke suatu gugus alkil R
C.    Gugus fungsi karboksil –CO yang terikat ke suatu gugus alkil R
D.   Gugus fungsi karboksil -CO- yang terikat ke suatu gugus alkil R

4.        Apa Rumus Umum dari Senyawa Amina:
A.   RNH4 R2NH R3N
B.    RNH3 R2NH R3N
C.    RNH2 R3NH R3N
D.   RNH2 R2NH R3N

5.        Amina tersusun dalam empat kategori secara berurut, yaitu:
A.   Amina Siklik, Primer, Sekunder, dan Tersier
B.    Amina Primer, Tersier, Sekunder dan Siklik
C.    Amina Primer, Sekunder, Tersier dan Siklik
D.   Amina Tersier , Primer, Sekunder dan Siklik

6.        Karbohidrat tersusun dari unsur-unsur:
A.   Carbon (C), Hidrogen(H), dan Oksigen (O)
B.    Carbondioksida (CO), Hidrogen(H) dan Oksigen (O)
C.    Carbon (C), Nitrogen(N), dan Oksigen (O)
D.   Carbon (C), Hidrogen(H), dan Oksigen (O)

7.        Berdasarkan jumlah sakarida penyusunnya, karbohidrat dibedakan menjadi:
A.   2 Golongan
B.    3 Golongan
C.    4 Golongan
D.   5 Golongan

8.        Senyawa biokimia yang tersusun dari satu atau lebih Polipeptida dan memiliki bentukglobular atau fibrous disebut:
A.   Asam Dwifungsi
B.    Karbohidrat
C.    Protein
D.   Senyawa Amina

9.        Asam Oksalat merupakan Contoh Asam Dwifungsi dengan Rumus Struktur:
A.   CH2(COOH)2
B.    HOOC(CH2)9COOH
C.    H2C2O4
D.   HOOC(CH212COOH

10.    Komponen Penting dalam deterjen yaitu:
A.   Asam Sitrum
B.    Asam Amino
C.    Busa (Foam)
D.   Surfaktan


Soal Essay:
1.        Jelaskan Perbedaan antara Aldehid dan Keton ?
Jawaban:
Perbedaan antara aldehid dan keton adalah penempatan gugus karbonil dalam molekul. Aldehida merupakan senyawa organik di mana gugus karbonil melekat ke atom karbon di ujung rantai karbon. Sedangkan keton merupakan senyawa organik di mana gugus karbonil terikat pada atom karbon dalam rantai karbon. Dalam nomenklatur, aldehid memiliki akhiran -al dan keton akhiran adalah -on. Dalam molekul dimana aldehid adalah gugus fungsional, karbon karbonil diberikan nomor satu pada nomenklatur. Dalam keton, rantai diberi nomor dengan cara memberikan nomor serendah mungkin pada karbon karbonil (tidak akan mendapatkan nomor satu di setiap kesempatan).

2.        Reaksi – reaksi Enolat dan Karbanion dalam retrosintesis dapat digolongkan menjadi reaksi 1,3-diCO dan 1,5-diCO. Sebutkan Apa saja reaksi – reaksi pada Enolat dan Karbanion  dalam retrosintesis tersebut ?
Jawaban:
Berikut adalah reaksi – reaksi yang perlu diketahui: Kondensasi Aldol, Kondensasi Claisen, Adisi Michael , Kondensasi Dieckmann , Anelasi Robinson, dan Kondensasi Knoevenagel.

3.        Jelaskan yang anda ketahui tentang Senyawa Amina !
Jawaban:
Amina adalah senyawa organic yang mengandung atom nitrogen trivalent yang mengandung atom nitrogen trivalen yang berkaitan dengan satu atau dua atau tiga atom karbon, dimana amina juga merupakan suatu senyawa yang mengandung gugusan amino (-NH2, - NHR, atau – NH2).

Amina merupakan senyawa organik dan gugus fungsional yang isinya terdiri dari senyawa nitrogen atom dengan pasangan sendiri. Amino merupakan derivatif amoniak. Biasanya dipanggil amida dan memiliki berbagai kimia yang berbeda. Yang termasuk amino ialah asam amino, amino biogenik, trimetilamina, dan anilina.

4.        Apa perbedaan antara Peptida dan Protein?
Jawaban:
·      Peptida adalah rantai linear pendek asam amino, sedangkan protein adalah rantai yang sangat panjang asam amino.
·      Beberapa asam amino yang dihubungkan bersama untuk membentuk peptida oleh ikatan peptida, sedangkan beberapa peptida yang dihubungkan bersama untuk membentuk molekul protein.
·      Biasanya, protein memiliki struktur tiga dimensi stabil. Sebaliknya, peptida tidak diatur dalam struktur tiga dimensi yang stabil.
·      Panjang peptida adalah kurang dari sekitar 100 asam amino, sedangkan protein lebih dari 100 asam amino. (Ada pengecualian, perbedaan lebih mengandalkan fungsi molekul, daripada ukuran mereka)
·      Tidak seperti peptida, protein dianggap sebagai makromolekul.
·      Dalam peptida, hanya rantai samping asam amino membentuk ikatan hidrogen. Padahal, protein, tidak hanya rantai samping, tetapi juga gugus peptida, membentuk ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen ini bisa dengan air atau dengan gugus peptida lainnya.
·      Semua peptida ada dalam rantai linier sedangkan protein bisa eksis sebagai primer, sekunder, tersier, dan kuarterner.

5.        Sebutkan Contoh Asam Dwifungsi atau Asam Dikarboksilat ?
Jawaban:
Contoh Asam Dwifungsi atau Asam Dikarboksilat: Asam Oksalat, Asam Malonat, Asam Suksinat, Asam Glutarat, Asam Adipat, Asam Pimelat, Asam Suberat, Asam Azelaat, Asam Sebakat, Asam Undecanadioat, Asam Dodekanadioat, Asam Tridekanadioat, Asam Tetradecanedioat, Asam Maleat, Asam Fumarat, Asam Tartarat, Asam Ftalat, Asam Isoftalat, Asam Tereftalat.



Demikian Artikel mengenai Contoh Soal dan Jawaban (Kimia Organik), kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.