MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Pengertian dan Jenis-jenis Detergent

Pengertian dan Jenis-jenis Detergent
Add Comments
7/25/2019



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Protein dan Uji Protein dengan 5 Reaksi. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Pengertian Detergent
Detergent adalah Campuran berbagai Bahan, yang digunakan untuk membantu pembersihan dan   terbuat dari Bahan-Bahan turunan Minyak Bumi. Dibanding dengan Sabun, Detergent mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh Kesadahan Air. Detergen merupakan Garam Natrium dari Asam Sulfonat.


 Mekanisme Reaksi Pembuatan Detergent
Gambar 1. Reaksi Pembuatan Detergent

Detergent sering kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti mencuci pakaian. Bahan utama Detergent ialah Garam Natrium yaitu Asam Organi yang dinamakan Asam Sulfonik. Asam Sulfonik yang digunakan dalam Pembuatan Detergent merupakan molekul berantai panjang yang mengandungi 12 hingga 18 atom Karbon per Molekul. Detergent pertama disintesis pada tahun 1940-an, yaitu Garam Natrium dari Alkylhydrogen Sulfat. Alkohol berantai panjang dibuat dengan cara Penghidrogenan Lemak dan Minyak. Alkohol berantai panjang ini direaksikan dengan Asam Sulfat menghasilkan Alkilhydrogen Sulfat yang kemudian dinetralkan dengan Basa. Natrium lauril Sulfat adalah Detergent yang baik. Karena Garamnya berasal dari Asam Kuat, larutannya hamper Netral. Garam Kalsium dan Magnesiumnya tidak mengendap dalam larutannya, sehingga dapat dipakai dengan Air Lunak atau Air Sadah.

Pada masa kini, Detergent yang umum digunakan adalah Alkil Benzenesulfonat berantai lurus. Pembuatannya melalu Tiga tahap. Alkena Rantai Lurus dengan jumlah Karbon 14-14   direaksikan dengan Benzene dan Katalis Friedel-Craft (AlCl3 atau HF) membentuk Alkil Benzena. Sulfonasi dan Penetralan dengan Basa melengkapi Proses ini. Rantai Alkil sebaiknya tidak bercabang. Alkil Benzene Sulfonat yang bercabang bersifat tidak dapat didegradasi oleh Jasad Renik (Biodegradable). Detergent ini mengakibatkan masalah polusi berat pada tahun 1950-an, yaitu berupa buih pada unit-unit penjernihan serta disungai dan danau-danau. Sejak tahun 1965, digunakan Alkil Benzene Sulfonat yang tidak bercabang. Detergent jenis ini mudah didegradasi secara Biologis oleh Mikroorganisme dan tidak Berakumulasi dilingkungan kita.

Jenis-jenis Detergent
Berdasarkan bentuk fisiknya Detergent dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :
1.        Detergent Cair

 Detergent Cair

Secara umum Detergent Cair hampir sama dengan Detergent Bubuk. Yang membedakan cuma bentuk Fisik. Di indonesia setahu saya Detergent Cair ini belum dikomersilkan, biasanya digunakan untuk Laundry Modern menggunakan mesin cuci yang kapasitasnya   besar dengan teknologi canggih.

2.        Detergent Krim

 Detergent Krim

Bentuk Detergent Krim dengan Sabun Colek hampir sama tetapi kandungan Formula Bahan Baku keduanya berbeda.

3.        Detergent Bubuk

 Detergent Bubuk

Jenis Detergent Bubuk ini yang beredar dimasyarakat atau dipakai sewaktu mencuci pakaian. Berdasarkan keadaan butirannya, detergent bubuk dapat  dibedakan menjadi dua yaitu Detergent Bubuk Berongga dan Detergent Bubuk Padat. Perbedaan bentuk butiran kedua Kelompok tersebut disebabkan oleh Perbedaan Proses pembuatannya.


Demikian Artikel mengenai Pengertian dan Jenis-jenis Detergent, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.