MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Pengertian dan Klasifikasi Membran Berdasarkan Material Membran dan Morfologi Membran

Pengertian dan Klasifikasi Membran Berdasarkan Material Membran dan Morfologi Membran
Add Comments
7/20/2019



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel sebelumnya telah dibahas mengenai Teknik Pembuatan Membran (Sintering, Stretching, Track-etching, Template Leaching, Coating dan Inversi Fasa), Teknologi Membran dalam Pengolahan Air dan Limbah Industri, dan Modifikasi Membran (Pencampuran Membran, Komposit Film Tipis TFC, dan Pembuatan Nanokomposit), maka pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Membran, Apa itu Membran dan Klasifikasi Membran Berdasarkan Material Membran dan Morfologi Membran. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Pengertian Membran

Fasa Membran

Secara umum, Membran didefinisikan sebagai suatu lapisan tipis selektif dan Semi Permeabel yang berada diantara dua fasa, yaitu fasa umpan dan fasa permeat. Fasa umpan atau konsentrat mengandung komponen yang tertahan sedangkan fasa permeat mengandung komponen yang lolos melalui Membran. Pemisahan dicapai karena Membran mempunyai kemampuan untuk melewatkan suatu komponen, yang ukurannya lebih kecil dari pori Membran pada fasa umpan lebih baik daripada komponen lain yang ukurannya lebih besar dari pori Membran. Membran bersifat Semi Permeabel, berarti Membran dapat menahan spesi-spesi tertentu yang lebih besar dari ukuran pori Membran, dan melewatkan spesi-spesi lain dengan ukuran yang lebih kecil. Sifat selektif dari Membran ini dapat digunakan dalam proses pemisahan. Membran merupakan suatu pemisah selektif dan memiliki kemampuan menghambat laju perpindahan massa yang bersifat spesifik untuk tiap-tiap komponen kimia.


Klasifikasi Membran
Membran dapat diklasifikasikan berdasarkan:
1.        Material Membran
a.    Membran Alam
b.    Membran Sintetik

2.        Morfologi Membran
a.    Membran Berpori
Membran ini biasa digunakan untuk mikrofiltrasi dan ultrafiltrasi. Untuk mikrofiltrasi, ukuran pori berkisar antara 0,1-10 !m. Sedangkan untuk ultrafiltrasi berkisar antaar 2-100 nm. Prinsip pemisahan Membran ini didasarkan atas perbedaan ukuran partikel.

Membran simetris merupakan Membran yang memiliki struktur dan ukuran pori yang seragam dengan ketebalan 10-200 !m. Membran ini terdiri atas Membran berpori dan Membran rapat. Membran asimetris merupakan Membran yang memiliki struktur dan ukuran pori tidak seragam.

b.    Membran Tak Berpori
Membran ini berpotensi untuk memisahkan molekul dengan ukuran yang hampir sama satu sama lain. Pemisahan terjadi melalui perbedaan kelarutan dan perbedaan difusifitas. Membran ini digunakan untuk pemisahan gas.

c.     Membran Komposit
Bagian atas Membran ini memiliki pori berukuran kecil dan rapat, dengan ketebalan lapisan 0,1-1 !m. Sedangkan bagian bawah Membran (lapisan penyangga/pendukung) memiliki pori berukuran besar, dengan ketebalan 1-150 m. Membran ini mengkombinasikan selektifitas yang tinggi dari Membran rapat dan laju permeasi yang tinggi dari Membran yang sangat tipis. Ketahanan terhadap transfer massa sebagian besar ditentukan oleh lapisan atas yang tipis.


Demikian Artikel mengenai Pengertian dan Klasifikasi Membran berdasarkan Material Membran dan Morfologi Membran, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.