MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Pemanfaatan Energi Air (Energi Pasang-Surut, Gelombang Laut, Panas Laut dan Hidroelektrik)

Pemanfaatan Energi Air (Energi Pasang-Surut, Gelombang Laut, Panas Laut dan Hidroelektrik)
Add Comments
8/30/2019



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan sedikit mengenai Energi Air. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Energi air (Hydropower) adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Energi air dapat digunakan dalam bentuk gerak atau perbedaan suhu. Karena air ribuan kali lebih berat dari udara, maka aliran air yang pelan-pun dapat menghasilkan sejumlah energi yang besar. Pada dasarnya, air di seluruh permukaan bumi ini bergerak (mengalir). Di alam sekitar, kita mengetahui bahwa air memiliki siklus. Dimana air menguap, kemudian terkondensasi menjadi awan. Air akan jatuh sebagai hujan setelah ia memiliki massa yang cukup. Air yang jatuh di dataran tinggi akan terakumulasi menjadi aliran sungai. Aliran sungai ini menuju ke laut. Energi air dikatagerikan menjadi 4 energi yaitu:

1.        Energi Pasang-surut, adalah energi yang timbul dari pemanfaatan beda ketinggian permukaan air laut pada saat pasang dan surut.

 Energi Pasang-Surut

2.        Energi Gelombang Laut, adalah gerakan naik turun permukaan air laut yang secara teratur memperlihatkan bagian-bagian yang tinggi sebagai puncak dan yang rendah sebagai lembah yang bergerak pada arah tertentu.

 Energi Gelombang Laut

3.        Energi Panas Laut, adalah energi yang didapat dari beda temperatur permukaan laut dan dasar laut.

 Energi Panas Laut

4.        Energi Hidroelektrik, adalah energi yang didapat dari beda ketinggian air di dataran (sungai).

 Energi Hidroelektrik

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) adalah pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dam kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Diperlukan ide kreatif, pengetahuan yang luas dan pengembangan yang lebih untuk menciptakan teknologi energi air yang lebih maju.


Demikian Artikel mengenai Pemanfaatan Energi Air (Energi Pasang-Surut, Gelombang Laut, Panas Laut dan Hidroelektrik), kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.